Program Studi Administrasi Perkantoran (Kesekretariatan), Mulai Dari Mata Kuliah yang Diajarkan Hingga Prospek Kerjanya

Administrasi Perkantoran (Kesekretariatan) adalah salah satu jurusan kuliah atau program studi favorit versi Youthmanual dari kelompok sosial humaniora (soshum). Dikatakan favorit karena program studi yang satu ini paling banyak dilihat dan dicari sepanjang tahun.

Nah, kalau kamu penasaran dengan mata kuliah yang diajarkan di Administrasi Perkantoran (Kesekretariatan) beserta prospek kerjanya. Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Mengenai program studi Administrasi Perkantoran (Kesekretariatan)

Program studi Administrasi Perkantoran atau disebut juga Kesekretariatan adalah program studi yang berfokus pada perencanaan anggaran keuangan, pembayaran dan pendataan suatu oranisasi atau perkantoran atau perusahaan.

Di program studi ini kamu akan dibekali dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap dalam menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan organisasi, membantu dan menangani pekerjaan dan tugas-tugas pimpinan.

Selain itu, kamu juga akan dituntut untuk bisa menguasai segala aspek yang berhubungan dengan pekerjaan Administrasi Perkantoran. Mulai dari mempelajari pengetahuan dan keterampilan dalam bidang korespondensi, manajemen kearsipan, mengetik 10 jari manual dan elektrik, manajemen perkantoran, teknologi infornasi (komputer) dan internet, bahasa Inggris, dan lain-lain.

Melakukan perencanaan, pendataan, pendistribusian informasi, data-data, dan surat-menyurat perkantoran, dan menyediakan peralatan perkantoran juga merupakan bagian dari pekerjaan Administrasi Perkantoran.

Mata Kuliah Jurusan Administrasi Perkantoran (Kesekretariatan)

Sebagai gambaran, berikut adalah beberapa mata kuliah yang akan kamu dapatkan jika kamu berkuliah di program studi Administrasi Perkantoran:

1. Azas Manajemen

Di mata kuliah ini, kamu akan mempelajari keseluruhan kegiatan penataan yang berhubungan dengan pelaksanaan tatausaha sebuah organisasi atau perusahaan atau perkantoran. Mulai dari kegiatan merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, mengendalikan, mengoordinasikan, hingga menertibkan ketatausahaan.

2. Mengetik Elektronik

Dalam mata kuliah ini terdapat banyak sub materi yang akan kamu pelajari. Di antaranya adalah short key dengan tepat sesuai fungsinya, autocorrect naskah tanpa kesalahan, dan mengetik naskah tanpa melakukan editing

3. Manajemen Perkantoran

Mata kuliah ini memberikan wawasan dan pengetahuan tentang fasilitas atau perlengkapan kantor, tata ruang kantor, hingga mempelajari bagaimana penentuan lokasi gedung kantor yang benar.

4. Bahasa Inggris

Untuk berkuliah di program studi ini, sangat diperlukan kemampuan bahasa Inggris. Sebab, saat ini sudah banyak organisasi perkantoran atau perusahaan yang bekerjasama dengan pihak dari luar Indonesia.  

5. Manajemen Kearsipan

Para mahasiswa akan diajarkan bagaimana menemukan sebuah arsip dengan cepat dan tepat, menyususun isi surat, kualifikasi surat menyurat serta mengurus dan mengendalikan surat.

6. Manajemen Personalia

Para mahasiswa akan diberikan wawasan dan pengetahuan tentang personil kantor. Termasuk di dalamnya membahas tentang kepemimpinan dalam kantor, manajer, dan staf.

Prospek program studi Administrasi Perkantoran (Kesekretariatan)

Lulusan program studi ini bisa bekerja di berbagai industri. Mulai dari menjadi staff administrasi (produksi, dokumen, operasional, ekspor impor), resepsionis, personalia, sekretaris, asisten sekretaris di Berbagai lembaga atau organisasi pemerintah atau swasta.

Program studi Administrasi Perkantoran akan menghasilkan lulusan–lulusan yang profesional dan bertanggung jawab dalam mengatur aktivitas perusahaan dan perantara antara atasan dengan pihak-pihak yang ingin berhubungan dengan atasan. Maka dari itu, profesi ini tidak bisa dianggap remeh.

Biasanya profesi administrasi seperti Administrasi, Sekretaris Eksekutif memang identik dengan wanita. Hal ini disebabkan karena pekerjaan administrasi membutuhkan tingkat ketelitian dan kerapihan yang tinggi.

Eitss, tetapi… tidak menutup kemungkinan juga bagi pria untuk bekerja di bidang administrasi, lho.

Universitas terbaik untuk program studi Administrasi Perkantoran (Kesekretariatan)

Berikut adalah PTN yang memiliki program studi Administrasi Perkantoran.

Fyi, di universitas keguruan, program studi Administrasi Perkantoran bernama Pendidikan Administrasi Perkantoran.

***

Itulah informasi mengenai progam studi Administrasi Perkantoran (Kesekretariatan). Jadi, kalau kamu orang yang sangat berpakaian rapih dan berpenampilan menarik, menguasai bahasa asing, dan memiliki keahlian dalam korespondensi, komunikasi, tata penyimpanan file, hingga mengorganisir acara pertemuan bisnis.  Maka program studi yang satu ini cocok buat kamu (tetapi ingat, semuanya tetap disesuaikan dengan minat dan bakat yang kamu punya, ya).

 

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: lawdonut.co.uk)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 13 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 23 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1