5 Jurusan Buat Kamu yang Hobi Bertemu dan Berinteraksi dengan Orang Baru

Setiap orang pasti memiliki kecenderungannya masing-masing. Ada yang cenderung suka tempat ramai dan ada juga yang cenderung nggak suka tempat ramai. Ada juga, lho, yang suka menghabiskan waktu liburannya di kamar saja dan ada juga yang suka menghabiskan waktu liburan bersama teman-teman. Ada juga yang merasa bahwa tenaga mereka habis ketika bertemu banyak orang namun dilain sisi ada juga yang malah justru bertenaga ketika bertemu banyak orang. Kalau ditanya mana yang lebih baik, well, keduanya nggak ada baik dan buruknya, gaes, karena keduanya hanya merupakan kecenderungan dari seseorang.

Nah, kalau kamu lebih cenderung yang mana, nih, gaes? Lebih suka diam di rumah atau pergi bersama teman? Lebih suka tempat yang sepi atau tempat yang ramai? Dan lebih bertenaga ketika bertemu banyak orang atau malah sebaliknya? Hmm... Coba, yuk, bawa hal ini ke ranah jurusan!

Pada artikel kali ini, saya mau membahas beberapa jurusan yang cocok untuk kamu-kamu yang suka sekali berinteraksi dan bertemu banyak orang baru. Mau bagaimana pun, kuliah di jurusan yang menyenangkan bagimu pasti akan terasa mudah, nggak merada tertekan dan lebih menikmati proses pembelajaran. Nah, buat kamu-kamu yang suka bertemu dan berinteraksi dengan orang-orang baru, kamu cocok banget, nih, berkuliah di jurusan yang ini, nih, gaes!

1. Sosiologi 

sosiologi

Sosiologi merupakan ilmu yang mengharuskan kamu bertemu dengan banyak orang. Lho, kenapa begitu? Karena, Sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang fenomena yang ada di masyarakat seperti ekonomi, hukum, budaya, agama dan sebagainya. Untuk mengetahui suatu fenomena, kamu harus terjun langsung ke masyarakat dan melakukan penelitian.

Nah, kalau kamu suka bertemu dengan banyak orang, penelitian Sosiologi merupakan suatu hal yang pastinya kamu sukai. Dengan mempelajari teori-teori Sosiologi, kamu akan mencoba melihat teori tersebut di dalam kehidupan nyata. Kamu akan mendatangi masyarakat dan melihat apa yang terjadi di sekitar mereka. Kamu bisa melihat fenomena apa yang ada di sekitar mereka dengan berinteraksi dan observasi mengenai hal yang ini kamu ketahui. Nah, hasil temuan ini akan dikaitkan dengan teori-teori yang sudah kamu pelajari.

2. Antropologi 

Antropologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang manusia dan masyarakat, nih,gaes. Lho, bukannya ilmu Antropologi mempelajari tentang Budaya aja? Lalu kalau gitu apa bedanya dengan Sosiologi yang mempelajari tentang budaya juga? Terus apa bedanya dengan Psikologi yang juga mempelajari tentang manusia? Nah, kalau kamu ingin tahu perbedaan dari Sosiologi, Antropologi dan juga Psikologi, kamu bisa cek di artikel yang ini, ya: Antropologi, Sosiologi, Psikologi dan Arkeologi: Program Studi yang Serupa tapi Tak Sama (Bagian 1)

Pada intinya, Antropologi merupakan ilmu yang mempelajari budaya yang ada di suatu masyarakat dengan cara pendekatan etnografi yang dimana kamu harus detail menulis hasil penemuanmu. Nah, kalau kamu suka membicarakan tentang suatu kebudayaan dan suka juga bertemu dengan banyak orang, ilmu yang satu ini sangat cocok, deh, buat kamu. Untuk melihat suatu budaya pada suatu masyarakat, mau nggak mau, kamu harus banyak berbicara dan melakukan observasi dengan masyarakat yang ada di daerah tersebut. Menarik, kan?

3. Kesehatan Masyarakat 

Nah, jurusan yang satu ini merupakan jurusan dari ranah sains dan teknologi, nih, gaes! Kesehatan masyarakat, kalau menurut Profesor Winslow (yang dilansir dari Wikipedia) merupakan jurusan yang mempelajari tentang seni mencegah penyakit, memperpanjang umur, meningkatkan kesehatan fisik dan mental, dan efisiensi melalui usaha masyarakat yang terorganisir untuk meningkatkan sanitasi lingkungan, kontrol infeksi di masyarakat, pendidikan individu tentang kebersihan perorangan, pengorganisasian pelayanan medis dan perawatan, untuk diagnosa dini, pencegahan penyakit dan pengembangan aspek sosial, yang akan mendukung agar setiap orang di masyarakat mempunyai standar kehidupan yang kuat untuk menjaga kesehatannya.

Kalau dilihat dari pengertiannya, Kesehatan Masyarakat ini terdiri atas dua hal ya, gaes, yaitu komunikasi dan juga ilmu kesehatan. Maka dari itu, selain ilmu kesehatan yang kamu miliki harus bagus, kamu pun harus memiliki komunikasi yang baik pula. Kenapa begitu? Karena, kurang lebih kamu akan sering menjelaskan tentang kesehatan yang harus diketahui oleh masyarakat. Nah, untuk menjelaskan hal tersebut, kamu harus banget, nih, mampu berkomunikasi yang baik agar pengetahuan yang diberikan sampai kepada seluruh masyarakat. Nah, buat kamu yang suka public speaking dan juga bertemu banyak orang namun kamu juga tertarik dalam bidang kesehatan, kamu bisa, nih, masuk ke jurusan yang satu ini.

4. Hubungan Masyarakat 

Hubungan masyarakat atau yang bisa juga disebut public relation merupakan ilmu yang mempelajari tentang bagaimana membentuk serta memelihara citra suatu organisasi/perusahaan di tengah masyarakat. Tugas seorang Humas adalah untuk mengelola hubungan komunikasi antara perusahaan dengan orang-orang di luar perusahaan (eksternal) seperti masyarakat, pemerintah, investor, dan sebagainya, juga antara perusahaan dengan orang-orang di dalam perusahaan (internal), yaitu karyawan. Seorang Humas juga harus dapat menjaga agar perusahaan dapat meraih simpati dan kepercayaan masyarakat.

Nah, kalau kamu suka menulis dan berbicara, jurusan yang satu ini cocok banget, nih, gaes, untuk kamu. Kalau dilihat dari apa yang dipelajari dari jurusan Hubungan Masyarakat, kamu dituntut untuk bisa berkomunikasi dengan baik, dapat berkomunikasi dan suka bertemu dengan orang baru. Sebagai seseorang yang suka bertemu dengan orang baru, pasti jurusan yang satu ini merupakan jurusan yang cocok banget untuk kamu, deh!

5. Ilmu Kesejahteraan Sosial 

ilmu kesejahteraan sosial

Wah, apaan, nih, Jurusan Kesejahteraan Sosial? Jurusan Kesejahteraan Sosial merupakan jurusan yang mempelajari tentang berbagai fenomena sosial dan permasalahan yang terjadi di masyarakat terutama menyangkut kesejahteraan sosial. Di sini kamu akan belajar mengidentifikasi permasalahan yang terjadi di masyarakat dan mencari solusinya. Di prodi ini kamu akan belajar untuk terjun langsung ke masyarakat melakukan pengamatan dan analisis terhadap permasalahan yang tengah terjadi juga melakukan eksperimen sosial, kemudian menerapkan teori-teori untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Nah, ilmu ini hampir sama dengan Ilmu Sosiologi, gaes, namun Ilmu Kesejahteraan Sosial lebih spesifik membicarakan tentang bagaimana solusi untuk memecahkan masalah yang berhubungan dengan kesejahteraan masyarakat. Hampir sama dengan ilmu yang lainnya, kalau kamu ingin memecahkan permasalahan yang berhubungan dengan kesejahteraan masyarakat, kamu harus turun langsung dan bertemu langsung dengan masyarakat untuk menemukan masalah apa dan solusi apa yang bisa disampaikan ke masyarakat. Nah, jurusan ini cocok banget, kan, untuk kamu yang suka bertemu dengan banyak orang?

***

Yap, ketujuh jurusan di atas merupakan jurusan yang cocok banget, nih, untuk kamu yang suka bertemu banyak orang baru. Pada jurusan di atas, kamu akan belajar bertemu dengan berbagai macam kalangan masyarakat baik itu dari lapisan menengah ke bawah atau menengah ke atas. Secara nggak langsung, pada jurusan ini kamu akan belajar untuk ramah kepada semua orang dan belajar komunikasi yang bisa diterima oleh semua masyarakat di berbagai kalangan.

Nah, buat kamu yang suka bertemu dengan orang-orang baru, kamu bisa banget, nih, mengambil salah satu dari jurusan yang disebutkan di atas. Selain menarik untukmu yang suka bertemu orang baru, jurusan-jurusan ini pun memiliki tantangan dan juga pembelajarannya tersendiri bagi para mahasiswanya, lho. Apakah kamu berminat, gaes?

Baca juga:

(Sumber gambar: napavalley.edu, fantova.net, zimbio.com)

LATEST COMMENT
Widya Pebriyanti | 5 jam yang lalu

Jurusan farmasi ada ga si kelas karyawan?

Perguruan Tinggi dengan Jurusan Farmasi dan Apoteker Terbaik di Indonesia
Fatimah Ibtisam | 7 jam yang lalu

Hanifah, coba ditanyakan ke pihak sekolah, ya.

Informasi Lengkap SNMPTN 2020. Cek Jadwal dan Ketentuannya!
hanifah permata | 18 jam yang lalu

kak knpa ya, sklah saya gak bsa daftar SNMPTN? padahal udah daftar LTMPT

Informasi Lengkap SNMPTN 2020. Cek Jadwal dan Ketentuannya!
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2020 Rencanamu ©