Perangkat Tepat untuk Mendukung Kuliah Jurusan DKV Animasi atau Profesi 3D Animator

Tertarik kuliah di jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) atau Animasi?

Kamu pasti sudah baca artikel Youthmanual tentang “Hal-Hal yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Masuk Jurusan Animasi” dong, ya?

Nah, kalau sudah, sekarang saatnya kamu memilih perangkat yang tepat untuk mendukung jurusan kuliah kamu, gaes. Nggak mau, dong, hasil karya nggak maksimal gara-gara salah pilih "peralatan perang”?

Dalam proses perkuliahan, tugas mahasiswa jurusan Animasi lumayan panjang, gaes. Sebelum membuat animasi, seorang animator memulainya dengan menggambar sketsa 2D atau ilustrasi, baik objek, karakter maupun lingkungan animasi.

Di tahap pertama, kamu membutuhkan:

Kertas satuan dan buku gambar. Ini bakal banyak kamu gunakan di mata kuliah menggambar dasar sampai menggambar sketsa. Ukuran, ketebalan, tekstur dan warnanya juga bermacam-macam. Pastikan kamu membelinya sesuai dengan ketentuan di kampus kamu. Tipsnya, belilah dalam jumlah yang lumayan banyak supaya lebih hemat.

Pensil dan rautan. Menurut situs Corelmonster, pensil grafit yang biasa kita pakai menulis berwarna hitam, terbagi berdasarkan tingkat kelunakannya. Jenisnya bisa 2B sampai 7B, pensil sedang (B, HB, F, H, 2H, 3H), dan pensil keras (4H sampai 9H). Semakin lunak, maka semakin tebal kehitaman pensil tersebut.

Drawing Pen. Dikutip dari blog agungrangga.com, drawing pen dipakai untuk membuat/menebalkan garis tepi pada sketsa. Biasanya, drawing pen terbagi berdasarkan ukuran nibs (ujung pulpen), mulai dari 005 (paling tipis), 01, hingga 08 (paling tebal). Drawing pen ini isinya tinta berwarna hitam, namun sayangnya kita nggak bisa isi ulang. Tipsnya, pastikan kamu memilih drawing pen yang bagus, tintanya tidak tembus sampai belakang kertas, dan tidak luntur bila terkena air.

Pensil warna, cat air, cat poster, cat akrilik, kuas dan palet. Cat yang biasa digunakan di jurusan DKV Animasi antara lain: cat air (berbahan dasar air, warnanya halus), cat minyak (berbahan dasar minyak, warna lebih tahan lama), cat poster (hampir mirip cat air, namun lebih cepat kering), dan cat akrilik (selain di kertas, juga cocok untuk medium kanvas/kayu). PIlih juga kuas dengan bulu yang disesuaikan dengan penggunaan cat.

***

Tahap selanjutnya, animator dituntut untuk mampu menggambar 3D, membuat sinkronisasi kecepatan gerakan objek dengan audio, membuat gerakan ekspresi karakter sesuai dengan skenario, hingga merekam dialog dan bekerja dengan editor untuk menghasilkan potongan gambar utuh.

Di tahap kedua, kamu membutuhkan:

Pen Tablet. Pen Tablet merupakan salah satu barang wajib para desainer grafis dan animator nih, gaes. Soalnya, Pen Tablet akan memudahkan kamu membuat gambar digital.

Laptop/Komputer Desktop. Untuk laptop, kamu bisa baca soal laptop yang cocok untuk jurusan DKV Animasi di sini. Sementara, kalau kamu memilih desktop, kamu bisa menggunakan Aspire GX-785 untuk mendukung kualitas kemampuan 3D animator kamu.

Pertama, Aspire GX sudah dilengkapi dengan prosesor terbaru dan terbaik, yaitu Intel generasi ke-7 Core i7-7700, yang disokong kapasitas memori RAM 16GB DDR4. Kekuatan prosesor dan performa RAM yang powerful ini tentu saja sangat superior di kelasnya untuk melahap segala jenis aplikasi grafis, editing, dan 3D animasi dengan lancar.

Selain itu, Aspire GX juga dibekali dengan kartu grafis NVIDIA GeForce GTX 1060. Performa GeForce GTX 1060 yang lebih tinggi hingga 2.5 kali dari generasi sebelumnya akan membuat segala 3D animasi tampil dalam resolusi Full HD tanpa harus kehilangan setiap frame rate. Para animator dan desainer dijamin akan puas saat harus bekerja dengan tampilan visual yang jernih dan detail warna yang akurat.

Nggak berhenti sampai di situ, Aspire GX juga punya dual storage untuk kecepatan dan kapasitas yang baik. Kecepatan penyimpanan data juga sangat berpengaruh terhadap kinerja sistem. Desktop Aspire telah memakai SSD 128 GB yang akan menjamin kecepatan kinerja sistem secara keseluruhan, mulai dari saat booting hingga proses shutdown.

Desktop canggih ada di kelas mid-budget, kok. Sehingga cocok untuk para animator dan desainer muda. Jadi segera wujudkan kemampuan menciptakan 3D animation menjadi visual nyata dengan Aspire GX ini!

CPU 7th Gen Intel® Core i7
Chipset Intel® B150
Graphic NVIDIA® GeForce® GTX 1060 3GB
VR Ready YES
Display 4K2K Display Support
RAM Up to 64GB DDR4
Storage Up to 3TB HDD & 256GB SSD

Wireless & Networking

 

●     802.11 ac/a/b/g/n

●     Bluetooth 4.0 LE

Input & Output

●     USB 3.1 Type C

●     VGA

●     DVI

●     SD Card Reader

So, udah siap jadi mahasiswa jurusan Animasi dan jadi animator kece dong, ya!

Good luck, gaes!

 

(Sumber gambar: softwarexx.tk, i.ebayimg.com, acerid.com)

LATEST COMMENT
Siti Nur Halimah | 7 jam yang lalu

Halo, izin bertanya, Kak! Jika lulusan SMK mendaftar UTBK SBMPTN dengan pilihan prodi SAINTEK, apakah UTBK-nya hanya SAINTEK/IPC? Terima kasih

Lintas Jurusan di SBMPTN 2021 dan Peluangnya
Ariel Mickey | 1 hari yang lalu

Permsi min saya mau nanya, kalau kategori nya B terus seseorang dapat C+ Itu diajukan remedial nggak min Terimakasih.

Serba-Serbi IP, IPK, dan Sistem Nilai di Perguruan Tinggi
Dasri Dsr | 4 hari yang lalu

Nah klo tipe pelajar bunglon bagaimana biar efektif belajarnya sedangkan mood itu susah bgt diaturnya

Tipe Pelajar Macam Apakah Kamu? Cari Tahu Di Sini, Supaya Cara Belajar Kamu Nggak Sia-Sia!
Zainu Satria | 6 hari yang lalu

Mohon di cek kan kak. Saya kuliah di Universitas Asahan Prodi Bahasa Indonesia Nama:Winda Mentari NPM:14053010

Cuti Kuliah: Ketentuan dan Serba-Serbinya
Zainu Satria | 6 hari yang lalu

Assalamu'alaikum. Kak saya mau tanyak, saya kan pernah kulia dari tahun 2014.udh selesai semua, saya juga udh susun proposal.pas saya mau sempro kendala di uang kulia. Karena pada saat saya kulia ada ambil dispen. Disitu saya sama sekali tdk ad uang. Tu terus saya mau kerja. Dan ingin ambil cuti.…

Cuti Kuliah: Ketentuan dan Serba-Serbinya
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1