Menu

Hal-Hal yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Masuk Jurusan Animasi

Kalau kamu berminat untuk ambil jurusan Animasi, perhatikan dulu hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum kamu memilih jurusan ini, supaya perjalanan kuliah kamu lancar sampai kamu lulus dan bekerja!

Pahami apa itu jurusan Animasi

Jurusan Animasi adalah kegiatan perkuliahan yang mempelajari tentang konsep gambar bergerak dari dari produksi film atau TV. Konsep animasi melibatkan banyak gaya, proses dan teknik yang berbeda. Jurusan ini dibagi menjadi dua keahlian kompetensi, yaitu animasi film dan animasi game (interactive animation). Di jurusan ini, kamu akan mempelajari teknik menampilkan gambar berurut sedemikian rupa sehingga penonton merasakan adanya ilusi gerakan (motion) pada gambar yang ditampilkan.

Kamu yang tertarik dengan bidang animasi pasti tahu kalau penggunaan visual effect itu penting banget. Visual effect membuat gambar terlihat jauh lebih menarik. Makanya, semakin banyak animator Indonesia yang bermunculan dan bisa kamu jadikan inspirasi. Misalnya, animator terkenal dari Indonesia, Rini Sugianto, yang terlibat dalam pengerjaan The Adventures of Tintin dan post production animation untuk film The Avengers.

Kenali perbedaaan jurusan Animasi dengan jurusan kuliah yang hampir sejenis

Yup! Nggak sedikit calon mahasiswa yang ketuker-tuker antara jurusan Animasi sama jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) lainnya yang hampir sejenis. 

Sebagai catatan penting, di beberapa universitas, animasi menjadi konsentrasi atau peminatan dari jurusan DKV. DKV sendiri biasanya berada di bawah Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD). 

Di Universitas Bina Nusantara misalnya, menurut Icha, salah satu alumni jurusan DKV, konsentrasi atau peminatan di jurusan DKV Binus terbagi menjadi tiga bagian, yaitu:

DKV New Media: Lebih fokus kepada Tipografi dan Metode Reproduksi Grafika

DKV Creative Advertising: Hampir mirip dengan New Media namun dengan beberapa mata kuliah lebih spesifik seperti script writting. 

DKV Animasi: Mempelajari komposisi digital, modelling untuk 3D sculting, Adobe After Effect, Screenplay, dan lain sebagainya. Tugasnya kuliahnya kebanyakan membuat video clip atau animasi pendek.

Sementara di universitas lain, konsentrasi dan peminatannya juga beraneka ragam.

Sumber gambar: jagatreview.com

Memilih universitas terbaik untuk jurusan Animasi

Menurut data dari situs BAN-PT, berikut jurusan DKV dengan akreditasi A.

Perguruan Tinggi Negeri:

  • Institut Teknologi Bandung, Bandung
  • Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Yogyakarta
  • Universitas Sebelas Maret, Surakarta

Perguruan Tinggi Swasta:

  • Universitas Trisakti, Jakarta
  • Institut Kesenian Jakarta, Jakarta
  • Universitas Tarumanagara, Jakarta
  • Universitas Bina Nusantara, Jakarta
  • Universitas Pelita Harapan, Jakarta
  • Universitas Ciputra, Surabaya
  • Universitas Dian Nuswantoro, Semarang
  • Universitas Multimedia Nusantara, Tangerang
  • Universitas Kristen Petra, Surabaya
  • Universitas Persada Indonesia YAI, Jakarta

Catat kemampuan yang harus dimiliki ketika kamu memilih jurusan Animasi

Emang mahasiswa jurusan Animasi harus jago gambar, ya?

Jawabannya, kamu nggak harus jago, tapi paling nggak kamu BISA menggambar!

Salah satu ujian keterampilan untuk masuk jurusan Animasi adalah menggambar, sob! Makanya agak report kalau kamu nggak bisa gambar dan nekat ambil jurusan ini.

Meskipun begitu, teknik menggambar bisa banget dilatih. Itu sebabnya, ada kemampuan lain yang harus dimiliki ketika kamu memilih jurusan Animasi, yaitu: 

Kreatifitas

Kamu harus punya kreatifitas untuk mencipta sesuatu (misalnya tokoh utama, warna dan gaya) yang unik dan menarik. Bayangkan kalau kamu kurang melatih kreatifitas, karya kamu sepanjang perkuliahan bakal biasa-biasa aja.

Berorientasi pada detail

Untuk satu episode, karya animasi bisa membutuhkan waktu berbulan-bulan dalam pengerjaannya. Karena itu, mahasiswa di jurusan Animasi haruslah sabar dan berorientasi pada detail. Butuh ketelitian supaya hasil karya bisa maksimal. 

Kemampuan menyampaikan pesan

Setiap gambar animasi harus dibuat bukan hanya menarik tapi juga punya pesan penting. Karena itu, passionate terhadap bidang ini akan mempermudah kamu dalam menyampaikan pesan yang ingin kamu tuangkan dalam gambar.

Jadi, sebelum masuk jurusan Animasi, apakah kamu siap untuk...?

  • Menyelesaikan tugas-tugas menggambar dan gambar bergerak dengan sabar
  • Memproduksi film animasi dan membuat portfolio
  • Membuat riset soal animasi dari screening karya orang lain 
  • Mendapat kritik tentang karya kamu
  • Mempunyai ketekunan untuk belajar teknologi dengan cepat
  • Menggambar dengan sketsa ataupun digital
  • Menajamkan kemampuan membangun cerita dan pesan dari sebuah karya animasi​

Sumber gambar: ucas.com

Tips buat kamu yang udah mantap masuk jurusan Animasi

Magang

Ketika sudah masuk kuliah nanti, usahakan untuk mencari tempat magang yang bisa jadi tempat untuk kamu melatih kemampuan. Mulaiah mencari informasi dari senior kampus dan dosen. Jangan ragu untuk memperluas network sejak masih jadi mahasiswa.

Cari referensi lokal dan internasional

Banyak animator yang bisa dijadikan inspirasi, sob. Selain pengalaman dan karakter mereka, coba juga pahami karya yang mereka buat. Jangan malas mencari referensi baik lokal maupun internasional supaya wawasan kamu tentang karya animasi semakin bertambah.

Latihan menggunakan softwares animasi dari sekarang

Zaman sekarang, banyak banget aplikasi dan softwares canggih yang bisa membantu kamu membuat karya animasi. Selain rekomendari dari kampus, pastikan kamu rajin ngutak-ngatik "peralatan perang" kamu seperti Synfig Studi, Blender, Sqirlz Morph, Anime Studio, 3D Studio Max, Maya, Poser (figure animation), Bryce (landscape animation), Vue (landscape animation), Auto Cad, dan lain sebagainya.

Punya peralatan yang mendukung

Nah, selain softwares, hardwares yang mendukung juga penting banget, sob. Rajinlah membandingkan harga supaya kamu bisa mendapat produk terbaik. Misalnya, peralatan gambar (alat tulis, penggaris, kuas, alat mewarnai dll.) dan laptop / komputer dengan CPU yang mumpuni. Nggak mau, dong, hasil karya nggak maksimal gara-gara salah pilih "peralatan perang" ketika kamu masuk jurusan Animasi dan mewujudkan cita-cita menjadi animator andal.

Sumber gambar: theanimatorssurvivalkit.com

(Sumber gambar utama: scad.edu)

LATEST COMMENT
Khusnul Khotimah Hamzah | 4 hari yang lalu

Temen²ku juga kayak gitu. Malahan mereka udah janjian dari awal, nanti pas presentasi gak usah ada yang berpendapat macam². Padahal kan kita mau diskusi itu berjalan supaya semuanya paham :(

6 Sifat yang Harus Kamu Hindari Agar Kamu Dapat Meraih Kesuksesan
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©