Serba-Serbi Jurusan Musik di Lima Perguruan Tinggi Indonesia

Musik nggak hanya bisa dijadikan hiburan ataupun hobi, tetapi juga bisa dipelajari secara formal lewat bangku kuliah, seperti Isyana Sarasvati yang Sarjana Musik dari Nanyang Academy of Fine Arts di Singapura dan Royal College of Music di Inggris.

Eits, tapi kuliah musik nggak harus di luar negeri, lho. Jurusan Musik pun tersedia di berbagai universitas di Indonesia. Tertarik?

universitas pelita harapan

Conservatory of Music Universitas Pelita Harapan, Tangerang

Di sekolah musik ini, kamu bisa mengambil pendidikan Sarjana Seni yang harus ditempuh sepanjang 9-10 semester, selama sekitar tiga tahun. Karena sekolah ini menerapkan dual kurikulum—kurikulum lokal dan internasional—lulusannya jadi siap untuk berkarya di Indonesia ataupun lanjut menempuh pendidikan musik di luar negeri.

Program yang ditawarkan Conservatory of Music UPH, tuh, seru-seru, lho, seperti Clasical Performance, Jazz and Popular Music Performance, Sound Design and Music Production, Music Therapy, Music Composition, Music Education, Church Music serta Performing Arts Production and Management. Sementara penjurusannya ada Piano, Voice, Gitar, Flute, Klarinet, Perkusi, Biola, Cello, Kontrabas, dan lain sebagainya.

Untuk masuk ke sekolah ini, kamu perlu ikutan audisi terlebih dahulu, sesuai jurusan yang pilihan kamu. Misalnya, kalau kamu ingin masuk program Jazz and Popular Music Performance jurusan Drum, kamu akan diminta memainkan drum untuk dua lagu dengan aliran musik yang berbeda, sedangkan kalau kamu memilih program Music Therapy, kamu akan diminta membuat essay tentang apa yang kamu ketahui tentang jurusan ini dan kenapa kamu memilihnya.

Institut Daya Musik Indonesia, Jakarta

IDMI didirikan oleh profesor musik asal Aceh Tjut Nyak Deviana Daudsjah di tahun 2001. Program kuliah S1-nya terbagi menjadi Music, Performing Arts, Performing Arts Pedagogy Education, dan Music Therapy. Walaupun alumninya belum banyak, tetapi beberapa di antara mereka adalah musisi terkenal tanah air, seperti drummer Titi Rajo Bintang dan gitaris Nikita Dompas.

Asyiknya, IDMI suka mengundang musisi internasional untuk menjadi dosen tamu. Siapa tahu aja suatu hari nanti dosen tamunya adalah Adele atau personel grup K-Pop. Wih, kapan, tuh? Yah, kapan-kapaaaaaan…. *nyanyik*.  

Sekolah musik yang juga memiliki manajeman dan EO musik ini pun suka mengadakan jam session serta workshop musik.

Institut Kesenian Jakarta, Jakarta

Sebagai salah satu sekolah seni ternama di Indonesia, kamu pasti sudah familiar dengan IKJ dong, ya. Jurusan Seni Musik di IKJ berada di Fakultas Seni Pertunjukan. Mahasiswa IKJ sendiri memang banyak banget yang terjun ke industri musik—meskipun banyak dari mereka bukan mahasiswa jurusan Seni Musik—contohnya, Naif, Clubeighties, The Upstairs, White Shoes & The Couples Company, dan banyak lainnya. Majalah Rolling Stone Indonesia aja sampai menjuluki IKJ sebagai “School of Rock”-nya Indonesia!

Tetapi, seperti yang tadi disebutkan, kebanyakan musisi jebolan IKJ justru bukan mahasiswa jurusan musik! Bakat musik mahasiswa IKJ secara keseluruhan terasah karena kampus IKJ memang hobi bikin kegiatan dan event musik. Bahkan kabarnya, tradisi menggelar pentas seni sudah ada di IKJ sejak tahun ’70-an. Jadi seandainya kamu kuliah jurusan musik di IKJ, jangan cuma belajar di kelas, ya. Kamu juga kudu aktif di berbagai kegiatan musik mahasiswa di luar kelas.

Institut Seni Indonesia, Yogyakarta

Sekolah seni yang berdiri sejak tahun 1984 ini memiliki studi musik yang “Indonesia Banget”. Misalnya, di kampus ini, kamu bisa memilih jurusan Karawitan—salah satu seni musik budaya Jawa—atau Etnomusikologi, yang banyak membahas musik etnis. Cukup unik, ya?

Untuk jurusan yang lebih umum, ISI punya jurusan Pendidikan Musik, Penciptaan Musik, dan Penyajian Musik (program D4) dengan pengkhususan pada vokal, musik tiup, musik gesek, dan lain sebagainya. Kuliahnya sendiri harus ditempuh selama 6 hingga 9 semester.

Untuk masuk ke Fakultas Musik ISI, kamu harus menempuh beberapa ujian, yaitu placement test, wawancara, serta tes praktek sesuai jurusan yang kamu pilih. Asyiknya, Fakultas Musik ISI juga menyelenggarakan program S2 dan S3. Siapa tahu kamu berniat meneruskan pendidikan sampai jadi profesor di bidang musik?

Sekolah Tinggi Musik Bandung, Bandung

Di kampus yang berdiri tahun 2001 ini, kamu bisa memilih program Diploma dengan fokus kepada musik komersial, atau program Sarjana dengan fokus kepada musik klasik. Selain sebagai musisi, lulusan STMiB juga bisa berkarier sebagai penulis lagu, pembuat jingle iklan, manajer radio, manajer musisi, sampai jurnalis musik.

Selain perkuliahan, STMiB rutin mengadakan kegiatan music clinic yang mengundang musisi lokal, seminar yang mengundang bintang tamu komposer, musisi, serta pihak label, serta Home Concert, sebuah acara konser sekaligus talkshow yang menampilkan para mahasiswa serta alumni. STMiB juga punya program kerja lapangan atau magang untuk para mahasiswanya di berbagai perusahaan, seperti radio, televisi, studio rekaman, kafe, dan komunitas musik.

Selain lima kampus di atas, program musik di perguruan tinggi Indonesia juga tersedia di Universitas Negeri Jakarta, Universitas Pendidikan Indonesia, Institut Musik Indonesia, Universitas Negeri Semarang, dan banyak lainnya. Wih, banyak juga, ya! So, siap menjadi the next Isyana Sarasvati?

(sumber gambar: malesbanget.com, beehy.pe)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 13 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 23 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1