4 Manfaat Mendengarkan Lagu Bagi Kemampuan Otak

Lagu merupakan suatu hal yang pastinya nggak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Kalau kamu pergi ke suatu tempat, pasti ada saja lagu-lagu yang diputar di tempat tersebut. Tujuan diputarnya suatu lagu di suatu tempat, sih, agar suasana di tempat tersebut nggak sepi dan membosankan, gaes.

Lagu pun bisa menjadi ajang untuk menjual suatu barang, lho. Misalnya, nih, kalau kamu lihat suatu iklan yang memiliki lagunya tersendiri, pasti, ketika kamu mendengar lagu itu, kamu akan teringat dengan produk tersebut. Bahkan, ada beberapa lagu dari suatu produk yang terus terngiang di telinga masyarakat walaupun sudah lintas generasi, lho.

Tanpa disadari, ternyata lagu yang dibuat memang memiliki aransemen nada yang mampu membuat kamu merasa senang, membuatmu teringat pada suatu kejadian atau suatu hal, mengusir rasa bosan, sedih dan cemas, membuatmu nyaman dan sebagainya. Nada pada lagu itu sendiri juga bisa mengembangkan daya otakmu, lho. Penasaran hal apa saja yang bisa dikembangkan dari mendengarkan suatu lagu? Yuk, cek artikel berikut ini!

1. Meningkatkan konsentrasi dan fokus

fokus

Ketika saya berkuliah, saya sering sekali belajar sambil mendengarkan lagu. Bahkan, kebiasaan ini menjadi terbawa ketika saya bekerja. Rasanya selalu ada yang kurang jika bekerja tanpa lagu. Sebagai orang yang awam, saya mendengarkan lagu sambil belajar dan bekerja karena dengan lagu, saya menjadi nggak ngantuk, nggak bosan dan lebih tenang dalam mengerjakan tugas atau pekerjaan.

Ternyata, menurut penelitian, mendengarkan lagu ketika belajar pun dapat meningkatkan konsentrasi dan fokus, lho. Peneliti menjelaskan bahwa setiap jenis lagu tertentu dapat meningatkan emosi positif yang dapat merangsang otak sehingga kamu pun merasa lebih konsentrasi. Menurut Susan Hallam yang merupakan professor pendidikan dan psikologi lagu dari Universitas London, anak-anak yang mendengarkan lagu klasik akan mengalami peningkatan konsentrasi.

2. Meningkatkan daya ingat

Seperti yang kita tahu, lagu merupakan suatu getaran yang masuk ke dalam telinga kita dan diubah menjadi sinyal listrik yang akan diantarkan ke otak untuk diolah menjadi suara yang kita dengar. Nah, menurut University Health News, saraf otak kita akan menjadi lebih aktif ketika kita mendengarkan suatu lagu. Sinyal listrik dari lagu tersebut dapat merangsang hubungan antara kedua sisi otak dan mengaktifkan area otak yang berkaitan dengan proses emosional, kognitif dan memori. Akhirnya, dengan mendengarkan lagu ini, kamu pun mengalami peningkatan daya otak dan lebih spesifiknya yaitu daya ingat.

3. Mengurangi stress

mengurangi stres

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, lagu bisa mengaktifkan area otak ang berkaitan dengan proses emosional. Biasanya, ketika kamu mendengarkan lagu sambil belajar atau bekerja, lagu tersebut dapat menjadi faktor pengurang stress dari aktivitas belajar dan bekerja.

Tanpa kita sadari, hormon dopamin yang  merupakan hormon yang dapat membuat kita senang dapat “dikeluarkan” oleh otak kita, sehingga, yang tadinya kita merasa stress, perasaan tersebut dapat dikurangi oleh perasaan senang yang kita dapatkan dari mendengarkan lagu.

4. Meningkatkan kecerdasan

Sebuah penelitian dari tiga peneliti yang berasal dari University of California berhasil menunjukkan bahwa dengan mendengarkan lagu dapat meningkatkan kecerdasan dari seseorang. Dalam eksperimen tersebut, ada sekelompok mahasiswa untuk mendengarkan lagu klasik karya Mozart selama sepuluh menit.

Hasil yang didapatkan dari penelitian tersebut ialah peningkatan kemampuan spatial temporal sebanyak delapan sampai sembilan persen. Kemampuan ini ialah kemampuan untuk mengenali ruang, bentuk dan arah.

***

Wah ternyata, dengan mendengarkan lagu dapat memberikan banyak dampak positif, ya, gaes. Maka dari itu, daripada kamu belajar di ruangan yang bising, ada baiknya kamu belajar sambil mendengarkan lagu. Meskipun sama-sama bising, akan tetapi, belajar sambil mendengarkan lagu tentunya lebih bermanfaat jika dibandingkan dengan belajar di ruangan yang bising. Selamat mencoba!

Baca juga:

(Sumber gambar: travel.tribunnews.com, healthfact.ng, cosmopolitan.co.id)

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2020 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1