5 Rahasia Universitas Prasetiya Mulya Dalam Bikin Perkuliahan Makin Seru!

Calon mahasiswa mana suaranya?

Sudah siap membuka lembaran baru di dunia perkuliahan? Ada cerita seru nih dari salah satu universitas swasta kece tentang serunya kehidupan perkuliahan. Yup, kali ini cerita datan dari Universitas Prasetiya Mulya yang memberikan bocoran tentang cara seru dan unik kampusnya ngebangun karakteristik mahasiswanya lewat pembelajaran yang gak melulu penuh dengan tugas membosankan. Gak percaya? Yuk simak ceritanya berikut ini!

Gak Hanya Belajar di Kelas

Ilmu dan teori dari sang Faculty Member memang insightful dan berguna. Tapi, bosan juga ya kalau berlama-lama di dalam kelas? Di Prasmul, melalui metode Case-Based Approach, mahasiswa dapat langsung mengaplikasikan teori yang telah dipelajari di kelas ke dalam praktik nyata.

Bukan semata-mata ngasih mahasiswa studi kasus khayalan, Prasmul justru berkolaborasi dengan industri biar mahasiswa bisa menerima real-case yang dihadapi perusahaan. Taman Impian Jaya Ancol, Traveloka, dan Lexus Indonesia adalah segelintir perusahaan ngetop yang pernah digandeng oleh Prasmul. Menariknya lagi, ide inovatif dan kreatif besutan mahasiswa juga dilombakan dan dinilai langsung oleh perusahaannya. Seruuu...

Celoteh Alumni - Stephanie Regina (Alumnus  S1 Prasmul 2013)

Masa kuliah di Prasmul itu definitely the best 4 years of my life by far. Gimana nggak, selain ngasih praktik bisnis, tempat ini juga bakal ‘nyemplungin’ kamu ke dunia professional sedini mungkin.

Pernah kebayang gak, kamu bisa dapat privilege magang di perusahaan, nangangin real-case study dari perusahaan besar seperti Lexus hingga Pemerintah Kota Bogor, bahkan presentasi di depan CEO sejak tahun pertama perkuliahaan? Yup, I’m the lucky ones! Disaat mahasiswa semester awal pada umumnya hanya berkutat dengan teori, aku dan mahasiswa Prasmul lainnya bisa dapetin pengalaman mewah dari awal perkuliahan.

Selain belajar dari industri, Prasmul juga mendorong mahasiswanya untuk ikut organisasi dan kompetisi. Pastinya, pembelajaran di Prasmul punya kontribusi besar dalam membawaku mencapai posisi Assistant Brand Manager Buavita seperti sekarang ini!

Banyak Project Seru

Di Prasmul, nilai tidak selalu diraih dari tugas esai. Dengan sistem Project-Based Approach, penilaian juga diambil dari karya nyata mahasiswa. Makanya itu Prasmul sering ngadain berbagai event seru yang juga merupakan bagian dari kurikulum pembelajaran. Misalnya, Entrepreneur Day dan STEM Student Project Exhibition yang menjadi wadah untuk menampung ide, prototipe, dan juga produk mahasiswa.

Celoteh Alumni - Eugenie Patricia (Alumnus S1 Prasmul 2013)

Sebagai sosok yang pemalu, sebelumnya gak pernah terlintas di benakku untuk punya peran sebagai Co-Founder dari sebuah bisnis bernama Puyo Dessert. Itu semua berubah ketika aku masuk ke dunia perkuliahan. Yang awalnya ngira kalau kuliah cuma belajar teori, ternyata di Prasmul aku dapat pembelajaran dengan 40% teori dan 60% praktik.

alumni prasmul

Dari banyaknya hands-on exprerience yang aku lalui, project bisnis merupakan mata kuliah favoritku. Aku bersama kelompok punya kesempatan dalam mengembangkan berbagai model bisnis diantaranya, Eat Express dan Melu Culinary Tours. Disini, aku juga bisa mematahkan persepsi mahasiswa pada umumnya. Aku membuktikan bahwa apa yang dipelajari di kelas, ternyata bisa langsung diaplikasiin di dunia nyata!

Dan kini, keberhasilan yang aku raih seperti masuk dalam jajaran 30 under 30 Asia dari majalah Forbes pastinya gak terlepas dari ilmu dan skills yang dibentuk di Prasmul. Yang paling penting, I can finally say bye-bye to Eugenie yang pemalu, dan say hello to Eugenie yang speak up berkat kegiatan kampus kayak presetantasi dan kerja kelompok yang yaa... bisa dibilang jadi makanan sehari-hari buat mahasiswa di Prasmul!

Kuliah Sambil Bangun CV

Selepas berkuliah, masih ada satu tahap lagi yang harus kamu lalui: mencari kerja. Eh, jangan panik dulu! Di Prasmul, para maba (re: mahasiswa baru) diwajibkan membangun CV dari semester satu. Dalam program On the Job Training (OJT), kamu dibebasin untuk magang di organisasi yang kamu inginkan selama 22 hari.

Bagi mereka yang belum menemukan opsi, tersedia Career Development Center (CDC) yang menginformasikan lowongan magang dari mitra-mitra Prasmul paling terpercaya. CDC pun jadi tempat untuk melatih soft-skills mahasiswa melalui mock interview, workshop, dan career consultation. Jadi, dijamin kamu gak akan buta arah ketika sudah menyandang status sarjana!

Perkembangan Kamu Jadi Prioritas

Sebenarnya, IPK tinggi dan nilai A bukan menjadi tujuan utama berkuliah. In the end, kamu pun harus transformasi menjadi masyarakat yang dewasa, profesional, dan matang. Di Prasmul, mata kuliah Personal Development menjadi sarana untuk pembangunan diri melalui kerja sosial yang beragam. Mahasiswa dapat mengajar masyarakat tunawisma, berkunjung ke yayasan kanker, atau ke panti yatim-piatu untuk menyumbangkan ilmu dan empati. Dari diri sendiri, lalu terjun ke masyarakat melalui program Community Development. Di sini, mahasiswa bergabung untuk membina perekonomian suatu daerah.

Bertemu dan bekerja langsung dengan masyarakat, mahasiswa akan belajar berkomunikasi dan menyampaikan aspirasi mereka. Selain itu, jangan khawatir bila kamu ngerasa kewalahan saat berkuliah. Mentoring System adalah salah satu bantalan penting bagi Prasmulyan yang butuh bimbingan atau sekadar ingin curhat dan ngeluarin unek-unek.  You will never be alone in Prasmul!

Ready, Set, Win!

Gak sekali-dua kali saja, Prasmulyan telah membawa pulang piala dari kompetisi tingkat regional dan internasional. Baik dalam perlombaan business case, inovasi produk, kompetensi bisnis, ataupun karya ilmiah, Universitas Prasetiya Mulya selalu memberikan dukungan penuh melalui bimbingan dan penyediaan fasilitas sesuai kategori lomba. Apresiasi Prasmul pun tinggi banget untuk mahasiswa yang telah berjuang demi mengharumkan nama almamater mereka. Gak jarang, para pemenang diwawancara agar kisah penuh inspirasi mereka dapat dipajang oleh Ceritaprasmul.

Celoteh Alumni - Eric Christian (Mahasiswa S1 School of Business & Economics Prasmul 2014)

Kalau boleh cerita sedikit, Eric masa SMA dulu adalah sosok yang tidak terlalu menantang diri dengan ikut berbagai kompetisi. Masuk ke lingkungan Prasmul, dimana saya diasah untuk bisa kompetitif in a good way, ngebuat saya perlahan berubah.

alumni prasmul

Di Prasmul, semua informasi lomba disebar lewat mailing list mahasiswa. Ga cuma itu, dukungan dari kampus juga terlihat dari pemberian dana serta mentor bagi mahasiswa yang membutuhkan. Ekosistem yang suportif itu akhirnya bikin aku semangat ikut kompetisi dan mengharumkan nama Prasmul.

Selain itu, segala kegiatan non-akademik seperti organisasi dan kompetisi juga diapresiasi dengan Career Point. Keuntungannya, mahasiswa bisa semakin terpacu untuk aktif secara akademik dan non-akademik. Alhasil ketika lulus nanti, kami sudah siap dengan segudang pengalaman!

Dr. Rudy Handoko, Wakil Dekan Bagian Kemahasiswaan School of Business and Economics Universitas Prasetiya Mulya mengungkapkan, rangkaian pembelajaran yang kental akan nilai inovatif dan aplikatif, sengaja di bentuk untuk mempersiapkan lulusan yang mampu taklukan perubahan zaman, seperti halnya Revolusi Industri 4.0 yang dihadapi saat ini.

Itulah mengapa Prasetiya Mulya menghadirkan fakultas di bidang sains terapan yaitu School of Applied STEM dan jurusan di bidang sosial yaitu School of Business and Economics, yang terus berkolaborasi secara simultan dalam mendidik lulusan yang unggul. “Seluruh mahasiswa Prasetiya Mulya memang ditanamkan ruh entrepreneurship yang kuat. Apapun karier aspirasinya, diharapkan pembelajaran tersebut bisa menjadi modal untuk menghadapi perubahan, dan mampu berkontribusai positif bagi Indonesia,” tuturnya.

Sekarang kamu tahu bahwa masa kuliah gak selamanya menyeramkan. Justru, ini adalah tempat dan waktu yang tepat untuk pembangunan karakter demi masa depan yang cerah. Percaya deh, 10 tahun dari sekarang, kamu bakalan berterima kasih pada momen-momen seru di waktu kuliah. So, nikmati waktu kamu di Prasmul semaksimal mungkin! (*SDD/VIO)

Baca juga:

LATEST COMMENT
Mira Puspita | 3 hari yang lalu

Mas Andreas Gandhi, jujur saat ini saya adalah seorang ibu yang sedang mendoakan putranya karena takut kalo putra saya tinggal kelas dia akan di DO dari JB.

Cerita Seorang “Veteran”: Dari Nggak Naik Kelas Sampai Sukses Tembus PTN Impian
Fransiska Oktaviani | 7 hari yang lalu

open pp/endorse ig/tiktok bisa bayar seikhlasnya email ke [email protected] terimakasih

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Nindi Dwi Oktova | 7 hari yang lalu

Permisi aku mau nanya kalau murid pindahan jurusan ipa dari sekolah asal ke sekolah baru tapi berbeda pada mata pelajaran minat apakah bisa mengikuti SNMPTN? Ex:matpel minat sekolah asal ekonomi dan b.Inggris minat tapi di sekolah pindahan tidak ada matpel ekonomi dan pindah nya pada saat semester 2…

Tanya-Jawab Seputar SNMPTN 2021: Kriteria Penilaian dan Lainnya
Nanda Kyala | 9 hari yang lalu

Kak, jadi anak ipa bisa pilih utbk soshum atau campuran?

Lintas Jurusan di SBMPTN 2021 dan Peluangnya
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1