Menjaga Kesehatan Mudah dan Murah A la Mahasiswa

Kesehatan itu mahal, sedangkan menjaga kesehatan itu murah, gaes. Bayangin, betapa ruginya kalau kalian menyia-nyiakan kesehatan. Pastinya, sakit itu rasanya nggak enak. Kamu pun jadi susah mau ngapa-ngapain. Betapa banyaknya kesempatan yang terlewatkan gegara malas jaga kesehatan; kesibukan kuliah, kegiatan UKM, hingga rencana kongkow sama teman teman pun jadi berantakan. Daripada jadi susah, mendingan kamu jaga kesehatan dan kebugaran dengan cara mudah dan murah a la mahasiswa. Cekidot!

1. Manfaatkan fasilitas kesehatan yang ada di kampus. Biasanya ada klinik gratis untuk mahasiswa. Kalau kamu merasa kurang fit, bisa konsultasi ke sana. Begitupula untuk pemeriksaan kesehatan rutin, seperti kontrol tiap 6 bulan ke dokter gigi.

2. Rutin olahraga. Pilihannya cukup banyak, bisa gabung dengan UKM olahraga, lari keliling kampus (kalau memungkinkan), atau mengikuti video olahraga yang bisa dilakukan di rumah. Olahraga itu mesti rutin dilakukan ya, gaes. At least seminggu sekali, jangan sampai satu semester sekali.

3. Hindari rokok dan asapnya. Soal larangan merokok udah jelas lah, ya. Nah, begitupula dengan berada di sekitar perokok. Maksudnya, bukan dilarang temenan sama orang yang merokok, tapi sebisa mungkin hindari saat ia (atau orang lain) sedang merokok. Termasuk menghindari kantin/tempat makan “terkontaminasi asap rokok”.

Tapi 'kan, saya bolak-balik naik angkutan umum, gimana dong? Di jalanan yang banyak polusi, sebaiknya mengenakan masker.

4. Banyak minum air putih. Saat ke kampus, bawa botol minum. Jika tersedia fasiltas dispenser/air minum di kampus, kamu bisa mengisi ulang botol minum tersebut. Kekurangan air bisa bikin kamu merasa letih dan nggak fit, alhasil jadi kurang konsen. Trus, pilih air putih ketimbang minuman berpemanis, soda, atau kopi sachet instan.

Oya, walau sibuk belajar dan mengerjakan tugas di rumah, jangan sampai lupa minum, ya. Simpan minumanmu di botol atau jug besar. Dengan demikian, kamu bisa memperhitungkan berapa banyak yang telah diminum.

5. Jangan jajan sembarangan, terutama bagi yang ngekos. Cek dulu kebersihan jajanannya. Jangan pula makan makanan yang terlalu pedas atau kecut.

6. Tidak stres berlebihan. Saat kuliah kamu akan berhadapan dengan masalah yang lebih kompleks ketimbang SMA, seperti tugas yang lebih banyak dan tantangan menguasai materi yang lebih besar. Meskipun berat, coba deh, berpikiran positif. Nggak perlu stress berlebihan menghadap permasalahan.  

7. Konsumsi makanan sehat dan teratur.  Ini juga nih salah satu kebiasaan jelek mahasiswa, makannya suka nggak teratur! Kesehatanmu ditentukan oleh pola dietmu. Selain memilih makanan sehat (cek info diet sehat di sini).

Trus, jangan makan banyak dan “menyimpannya” untuk seharian. Perut kamu bukan kulkas, gaes! Penting untuk makan secara teratur 3 kali sehari (breakfast is a must!) dan porsinya disesuaikan dengan dirimu. Ingat prinsip, makan sebelum perut menjerit keroncongan dan stop makan sebelum terlalu kenyang, yes?

See, langkah-langkahnya gampang banget dan murah meriah, ‘kan? Jauuuuh lebih menyulitkan jika kamu harus mengurus UTS atau UAS susulan gara gara sakit.. Pssst, ada lho kampus/dosen yang nggak mengadakan ujian susulan walaupun kamu sakit. Trus gemana? Ya, NGULANG TAHUN DEPAN! Jangan sampe ya, gaes. Jaga bae-bae kesehatan dan kebugaran dirimu.

(sumber gambar: exudeinc.com)

LATEST COMMENT
Fatimah Ibtisam | 2 hari yang lalu

Hai Olyfia, setahu kami boleh, walaupun tidak dianjurkan lintas jurusan pada SNMPTN.

Lintas Jurusan pada SNMPTN, Bolehkah?
Rizka azizah | 3 hari yang lalu

Halo mau tanya, kalau ingin menjadi ahli forensik digital jurusan apa yg tepat untuk dipilih? Teknik informatika? Apakah ada kebijakan harus mempunyai gelar s2 atau s3 atau s1 saja sudah bisa untuk menjadi seorang ahli digital forensik?

Penggemar Serial Detektif? 6 Profesi Ini Mungkin Cocok Buat Kamu, Lho!
vloggrils squad | 3 hari yang lalu

semoga tahun depan 2022 bisa masuk manajemen pemasaran pariwisata UPI aamiin

Kenal Lebih Dekat dengan Program Studi Pariwisata dan Manajemen Pemasaran Pariwisata, Yuk!
brinaaa18 | 5 hari yang lalu

Open pp/endorse Ig: brinaaa18 Followers 115k Murmer minat dm ig

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
| 6 hari yang lalu

Halo kak putri apa yang Kaka alami seperti persis yang saya alami sekarang saya merupakan mahasiswi pend.matematika dan sekarang masih 1 bulan berjalan kuliah (masih pemula banget) dan bener banget ga sesuai ekspektasi seperti di SMA. Saya juga milih jurusan ini karena ibu saya yang minta.…

Kamu Salah Ambil Jurusan Kuliah? Cek 15 Tanda Mahasiswa Salah Jurusan!
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1