Tips Tetap Sehat dan Bugar untuk Para Mahasiswa yang Sering Begadang

Nggak bisa dipungkiri, sebagai mahasiswa sering kali kamu dihadapkan dengan berbagai kegiatan kampus yang sangat banyak. Misalnya saja, banyaknya tugas–tugas yang diberikan oleh para dosen kepadamu, materi ujian yang terlalu banyak, dan lain-lain. Karena kondisi tersebut, mau nggak mau mahasiswa tentu harus menyelesaikannya tepat waktu sesuai dengan jadwal yang ditentukan oleh dosen mereka.

Kalau ada begitu banyak tugas–tugas yang harus dikerjakan secara bersamaan atau bahkan tugas yang diberikan sangat banyak. Secara otomatis, kamu harus mengerjar deadline tersebut dan mengerjakannya hingga larut malam alias bergadang bukan?

Dan kondisi tersebut nggak terjadi sekali seumur hidup saja. Selama kamu berkuliah (bahkan sampai kamu kerja nanti) mungkin kamu akan sering merasakan namanya begadang. Padahal, nih, ya, gaes, sering begadang itu nggak sama sekali nggak bagus buat kesehatan tubuh. Begadang bisa bikin wajah pucat dan menjadi tambah tua, bikin tubuh jadi mudah lelah serta gampang sakit (baca selengkapnya di: 4 Bahaya Begadang Terhadap Kesehatan Tubuh).

Nah, kalau memang kamu terpaksa sering begadang karena tugas kuliah atau materi ujian yang sangat banyak. Sebelum tubuhmu jadi mudah lelah dan gampang sakit (karena sering begadang), sehingga mengganggu aktivitas kuliahmu, lebih baik lakukan hal-hal ini biar tubuhmu tetap fit.

1. Jangan lupa makan

“Nanti saja, deh, makannya kalau tugas kuliah sudah beres.”

Hayoo… siapa yang sering bilang seperti itu?

Well, mahasiswa yang begadang karena mengerjakan tugas kuliah atau belajar materi ujian hingga larut malam sering kali menyepelekan jadwal makan mereka. Padahal, nih, ya, gaes, saat begadang, tubuh membutuhkan banyak asupan makanan.

Kenapa demikin? Ya, biar nggak menimbulkan masalah pada kesehatan tubuhmu di kemudian hari alias sakit di waktu yang nggak tepat. Bayangkan saja… sudah sering begadang tiap malam, badan dan otakmu diforsir buat mikir, tapi nggak ada asupan makanan yang masuk? Gimana tugasmu mau selesai, yang ada kamu nggak bisa konsentrasi penuh dan tubuhmu malah lemas, bahkan parahnya kamu bisa jatuh sakit.

Tentu, kamu nggak mau, ‘kan, seperti itu? Jadi, kalau mau atau sedang begadang, jangan lupa makan dulu, ya!

2. Pilihlah makanan yang tepat

Kalau ada mahasiswa yang menyepelekan jadwal makan mereka saat begadang. Ada juga mahasiswa yang harus makan apa saja saat mereka sedang begadang biar nggak ngantuk. To be honest, hal tersebut adalah salah satu kebiasaan yang salah—yang sering mahasiswa lakukan.

Lho! Gimana, sih, katanya tadi jangan lupa makan saat sedang begadang? Sekarang makan, malah dibilang kebiasaan buruk.

Memang di poin sebelumnya, saya bilang untuk nggak lupa makan saat sedang begadang. Tapi, asupan makanan yang dimakan haruslah makanan yang tepat (bukan yang sembarangan). Kamu harus mengusahakan agar jenis makanan yang masuk ke dalam tubuhmu adalah makanan-makanan yang nggak cuma bikin kamu kenyang dan bertenaga, tapi juga bisa bikin kamu pintar.

Makanan pintar yang saya maksud disini adalah makanan yang terbukti bisa meningkatkan fungsi otakmu, seperti daya ingat, konsentrasi, kencepatan mencerna informasi, bahkan bisa mengurangi stres.

Hah? Memangnya ada, ya, makanan yang seperti itu? Ya, ada dong!

Jenis makanan tersebut di antaranya adalah makanan yang mengandung karbohidrat, ikan, sayuran hijau, kacang-kacangan, buah beri, alpukat, kuning telur, coklat dan cabai.

Intinya, kalau waktu yang kamu punya lagi sering dipakai buat begadang ngerjain tugas kuliah atau belajar materi ujian, sebaiknya makanan ringan seperti mi instan atau cemilan yang kurang bergizi kamu hindari dulu. Karena selain membawa dampak yang nggak baik buat otakmu juga akan membawa efek samping terhadap kesehatan.

Pilihlah camilan yang memang bisa memberikan energi tahan lama dan mengandung protein tinggi, seperti protein shakes, greek yogurt dan topping buah-buahan atau irisan apel yang dioles selai kacang.

3. Hindari minuman berkafein

Tahukah kamu? Ngantuk berat, mata merah dan badan pegal-pegal adalah petanda bahwasanya tubuh memerlukan istirahat. Tapi justru kondisi tersebut sering diabaikan oleh banyak mahasiswa.

Mereka justru mengambil cara lain untuk mengurangi rasa lelah dan ngantuk mereka, yaitu dengan mengkonsumsi minuman berkafein. Nah, salah satu andalan untuk orang yang suka begadang adalah minum kopi/teh karena zat kafein yang ada dalam kandungan kopi/teh bisa mengurangi rasa ngantuk yang ada pada diri kita.

Berbicara mengenai kopi, even kopi sangat membantu untuk menghilangkan rasa ngantuk dan memberikan manfaat pada tubuh, ternyata mengkonsumsi kopi secara berlebihan juga bisa membahayakan kesehatan tubuh, lho. Pasalnya, mengkonsumsi lebih dari satu cangkir kopi dalam satu malam akan memyebabkan dehidrasi dan isomnia.

Apalagi, kalau kopi yang sering kamu minum itu adalah kopi sachet-an. Berdasarkan artikel yang saya baca dari Youthmanual, kopi sachet-an nggak bisa diandalkan buat bikin kamu kuat begadang, karena bahan baku utamanya bukan dari kopi.

Salah satu sumber yang ahli di bidang perkopi-an, menerangkan bhawa komposisi beberapa merk kopi sachet-an ternama terbuat dari saripati jagung, pemanis buatan, dan perisa kopi. Nah, lho! Bisa kamu bayangin nggak bahaya minum kopi sachet-an? Hehehe.

(Informasi lebih lengkapnya bisa kamu baca di: Kopi Instan Memang Praktis, Tapi Saya Ogah Mengonsumsinya Lagi!)

4. Perbanyak minum air putih

Selain menghindari minuman berkafein, kamu juga perlu menghindari minuman berenergi, gaes. Soalnya, saat malam hari, tubuh sedang melakukan detoksifikasi (mengeluarkan semua racun dalam tubuh).

I mean, kalau kamu mengonsumsi minuman berenergi saat begadang cuma akan memperberat kinerja ginjalmu dan akan membuat tubuhmu kelelahan keesokan harinya.

Daripada sudah susah-susah menyelesaikan tugas kuliah, tapi besok paginya kamu malah nggak masuk kelas karena kelelahan saat begadang. Lebih baik kamu memenuhi asupan cairan dalam tubuhmu dengan air putih saja. Selain mencegah dehidrasi, minum air putih juga bisa membantu kamu tetap fokus  dan mengurangi kelehahan saat sedang lembur.

Untuk kondisi seberapa banyak air putih yang dikonsumsi itu tergantung kebutuhan kamu. Intinya, pada saat kamu merasa haus, maka minumlah air putih, sehingga kebutuhan cairan dalam tubuhmu tetap terpenuhi. Atau kalau kamu memang ingin minuman yang ada rasa-rasanya, tapi tetap bisa menjaga metabolisme tubuh serta menambah energy, coba campurkanlah air putihmu dengan madu, ya.

5. Jangan cuma duduk diam saja, tapi…

For your information, dilansir dari WebMD, jalan-jalan 10 menit bisa meningkatkan energi yang dibutuhkan untuk dua jam selanjutnya, lho. Itu artinya, kalau kamu sudah merasa lelah dan ngantuk saat begadang, tapi tugas kuliahmu tak kunjung usai. Cobalah untuk melakukan berbagai aktivitas fisik ringan di sela-sela waktu begadang, seperti peregangan atau berjalan-jalan di sekitar ruanganmu.

Nggak cuma itu, kamu juga bisa melakukan beberapa latihan push up, sit up atau melompat. Lakukanlah aktivitas fisik tersebut selama 10 hingga 15 menit setiap 45 menit sekali. Hal tersebut akan membantu tubuhmu memompa oksigen melalui pembuluh darah, otak dan otot. Semakin banyak oksigen di otak, maka akan membuat kamu tetap fokus dan akan menumbuhkan kreativitas.

6. Jangan langsung mandi setelah begadang

Siapa, nih, yang sukanya langsung mandi ketika tugas kuliah sudah selesai karena harus langsung berangkat ke kampus?

Well, jangan langsung mandi setelah begadang, ya, gaes. Hal tersebut berkaitan dengan keadaan suhu tubuhmu yang masih panas. Saat tubuh masih panas karena kurang istirahat, lalu kamu langsung mengguyurnya dengan air dingin, seenggaknya kamu bisa terkena penyakit flu.

Ada baiknya kalau kamu bisa menyediakan waktu untuk tidur sebentar sebelum mandi. Dengan begitu tubuh suhu tubuh akan menurun alias nggak panas lagi. Jadi, untuk tetap sehat walaupun terpaksa begadang di malam hari, kamu harus mengatur jadwalmu sebaik mungkin terutama untuk mengganti  jam tidur.

7. Pastikan kamu mendapat sinar matahari yang cukup

Nah, alangkah lebih baiknya lagi sebelum kamu mandi pagi dan bersiap ke kampus, kamu bisa menikmati paparan sinar matahari pagi terlebih dahulu. Tujuannya apa? Ya, biar asupan vitamin D kamu terpenuhi.

Kamu bisa jalan-jalan keluar atau sekadar duduk di jendela selama setengah hingga satu jam. Percaya, deh, hal ini bisa membantu kamu mencegah depresi dan ketidakseimbangan hormon, lho!

8. Bantu dengan mengonsummsi vitamin

Last but not least, kalau memang kamu nggak bisa mencukupi asupan gizi dalam makanan yang kamu makan sehari–hari, kamu bisa membantu untuk mencukupinya dengan mengkonsumsi vitamin.

Soalnya, seperti yang kamu ketahui, begadang akan menurunkan daya tahan tubuh. That’s why, biasakan mengonsumsi vitamin untuk mengganti daya tahan tubuh yang hilang tadi dan bisa terhindar dari penyakit. Seperti vitamin C yang akan memperkebal daya tahan tubuh atau kamu juga bisa mengonsumsi vitamin D, apabila kurang mendapatkan vitamin D alami dari cahaya matahari.

Tapi, sebenarnya kebutuhan vitamin dalam tubuh setiap orang berbeda–beda. Itu sebabnya sebelum membeli vitamin, ada baiknya kalau kamu bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu biar keseimbangan asupan suplemen dalam tubuhmu bisa terjaga.

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: dribbble.com, verywellfit.com, thejakartapost.com, eliteworldhotels.com.tr, afriforum.co.za, rawpixel.com, sparkhealthmd.com, parenting.orami.co.id)

LATEST COMMENT
Fatimah Ibtisam | 2 hari yang lalu

Hai Olyfia, setahu kami boleh, walaupun tidak dianjurkan lintas jurusan pada SNMPTN.

Lintas Jurusan pada SNMPTN, Bolehkah?
Rizka azizah | 3 hari yang lalu

Halo mau tanya, kalau ingin menjadi ahli forensik digital jurusan apa yg tepat untuk dipilih? Teknik informatika? Apakah ada kebijakan harus mempunyai gelar s2 atau s3 atau s1 saja sudah bisa untuk menjadi seorang ahli digital forensik?

Penggemar Serial Detektif? 6 Profesi Ini Mungkin Cocok Buat Kamu, Lho!
vloggrils squad | 3 hari yang lalu

semoga tahun depan 2022 bisa masuk manajemen pemasaran pariwisata UPI aamiin

Kenal Lebih Dekat dengan Program Studi Pariwisata dan Manajemen Pemasaran Pariwisata, Yuk!
brinaaa18 | 5 hari yang lalu

Open pp/endorse Ig: brinaaa18 Followers 115k Murmer minat dm ig

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
| 6 hari yang lalu

Halo kak putri apa yang Kaka alami seperti persis yang saya alami sekarang saya merupakan mahasiswi pend.matematika dan sekarang masih 1 bulan berjalan kuliah (masih pemula banget) dan bener banget ga sesuai ekspektasi seperti di SMA. Saya juga milih jurusan ini karena ibu saya yang minta.…

Kamu Salah Ambil Jurusan Kuliah? Cek 15 Tanda Mahasiswa Salah Jurusan!
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1