Menu

Checklist Kegiatan Mahasiswa Baru yang Harus Kamu Lakukan di Minggu Pertama Kuliah

Katanya, jadi mahasiswa baru itu… berjuta rasanya. Ahay!

Iya, dong. Pastinya kamu excited banget untuk memulai hari kamu sebagai “anak kuliahan” di minggu pertama kuliah ini. Saking semangatnya, malah sampai bingung kudu ngerjain apa dulu dalam posisi kamu yang notabene (masih) maba yang nggak tahu apa-apa soal serba-serbi dunia perkuliahan.

Dan rasa excited pun berubah jadi bingung, galau, gundah gulana, asem, manis, dan pait. Tuh, berjuta rasa banget, ‘kan?

Saya juga pernah ngerasain, kok, gimana pusingnya jadi maba di hari pertama kuliah. Mulai dari nyasar nyari gedung sampe telat masuk kelas sampai nahan laper gara-gara segan nanya-nanya lokasi kantin ke senior. Semua hal yang malu-maluin pun pernah saya alamin di minggu pertama kuliah cuma gara-gara saya nggak tahu harus ngapain di minggu pertama kuliah.

Berhubung kampus nggak menyediakan buku manual yang bisa diberdayakan untuk memandu para maba linglung bak Hachi nyariin emaknya selama sekian episode, berikut Youthmanual rangkum aktivitas berfaedah selama minggu pertama perkuliahan. Checklist ini memudahkan proses adaptasi kamu di kampus. Semoga bermanfaat, ya!

Kegiatan Cek

Keliling area fakultas dan kampus, lalu hafalkan letak gedung dan lokasi sarana umum lainnya.

 

Cari tahu nama panggilan khas a.k.a nama gaul untuk lokasi sarana umum tertentu. Biar serasa kayak anak kampus sini banget, gitoooh.

 

Ngunjungin sub bagian akademik kampus buat tanya-tanya seputar regulasi formal perkuliahan. Tips: akrabkan diri dengan pegawainya, biar nantinya kamu gampang buat ngurus anu-itu yang berhubungan dengan perkuliahan!

 

Pelajari istilah-istilah asing perkuliahan yang super banyak ini. Syemangat!

 

Kenalan sama teman-teman sejurusan dengan nomor induk mahasiswa yang berdekatan.

 

Kenalan sama teman-teman sejurusan yang bahkan nggak selalu sekelas dengan kamu.

 

Kenalan sama teman-teman seangkatan yang bahkan nggak sefakultas dengan kamu.

 

Kenalan sama senior yang masuk dalam salah satu kelas kamu. Either itu senior yang lagi ngulang atau baru ambil mata kuliah terkait atau senior yang lagi jadi asisten dosen. Cara ini adalah salah satu cara paling gampang untuk menjalin networking dengan senior, lho!

 

Cari tahu siapa dosen wali (pembimbing akademik) kamu. Jangan lupa ngobrol-ngobrol bentar dengan beliau kalau ada waktu luang.

 

Catat nama dan kontak dosen yang akan mengajarmu selama 6 bulan ke depan, dan apa aja yang menjadi aturan, kewajiban dan pantangan selama mengikuti kelas beliau.

 

Baca silabus mata kuliah. Bisa jadi hal ini bakal mempermudah kamu saat ujian semester nanti!

 

Susun catatan kuliah sesuai dengan tipe dosen kamu. Soalnya, beda dosen, beda teknik mengajar, dan nggak semua materi yang disampaikan bisa dicatat dengan dengan metode yang sama.

 

Catat mata kuliah apa saja yang mewajibkan praktikum, dan jika ada, segera minta jadwal praktikum ke pihak yang bersangkutan.

 

Hunting buku pegangan wajib yang direkomendasikan oleh dosenmu. Kalau nggak bisa beli yang baru, cari buku bekas atau minjem ke senior juga nggak masalah, kok!

 

Cari tahu perlengkapan wajib apa aja yang kamu butuhkan untuk mengikuti mata kuliah tertentu, seperti kalkulator, pensil warna, atau mungkin software.

 

Jajan di kantin kampus ramean bareng temen-temen kamu. Review makanan apa aja yang paling worth it, hihihi.

 

Cari tempat hang out yang seru dan cozy di sekitar kampus untuk dipakai ketika nugas. Atmosfer, makanan, dan wifi gratisannya harus pas!

 

Khusus anak kosan: Kenalan sama semua penghuni kosan—mulai dari pemilik, penjaga, sampai anak-anak kosan di kanan-kiri kamu.

 

Khusus anak kosan (lagi): cari tahu tempat makan enak, jasa laundry murah, dan fotokopian terdekat di sekitar kosan.

 

Catat semua jadwal kuliah dan praktikum di planner. Biar nanti gampang ngatur waktu buat berorganisasi dan hepi-hepinya, gaes.

 

Gali info seputar organisasi kemahasiswaan resmi di kampus kamu. Hati-hati sama organisasi mahasiswa bodong, ya!

 

Ikutan sosialiasi acara kampus. Kalau ada open recruitmen buat jadi panitia relawan, jangan ragu untuk daftarkan diri.

 

Cari tahu sebanyak-banyaknya mengenai Unit Kegiatan Mahasiswa apa aja yang tersedia di tingkat jurusan, fakultas, dan universitas. Jangan lupa ikutin salah satu yang sesuai dengan kamu.

 

Atur keuangan kamu dengan mencatat pengeluaran selama satu minggu ke depan.

 

Bikin kartu keanggotaan perpustakaan.

 

Manfaatin diskon pelajar di mana pun dengan kartu mahasiswa kamu. Lumayan, nih, buat berhemat!

 

 

(sumber gambar: linkedin.com)

LATEST COMMENT
Khusnul Khotimah Hamzah | 5 hari yang lalu

Temen²ku juga kayak gitu. Malahan mereka udah janjian dari awal, nanti pas presentasi gak usah ada yang berpendapat macam². Padahal kan kita mau diskusi itu berjalan supaya semuanya paham :(

6 Sifat yang Harus Kamu Hindari Agar Kamu Dapat Meraih Kesuksesan
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©