Pendaftaran Relawan Asian Games 2018 Sudah Dibuka. Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Berpartisipasi di Dalamnya!

Tanggal 18 September 2017 lalu, perhelatan Asian Games 2018 akhirnya membuka pendaftaran volunteer alias relawan secara online. Pendaftaran periode ini dibuka sampai tanggal 23 Oktober mendatang, dan periode selanjutnya akan dibuka kembali pada bulan Desember.

Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (INASGOC) menyediakan sekitar 13 ribu slot relawan, dimana 11 ribu relawan akan ditempatkan di Jakarta dan 2 ribu relawan akan ditempatkan di Palembang. Banyak juga, ya?

Slot relawan yang tersedia terbagi menjadi 4 jenis assignment, yaitu Protocol Assistant, NOC Assistant, Liaison Officer, dan Work Force. Assignment ini akan terbagi-bagi lagi dalam beberapa departemen, seperti:

  • Sport, Medals, and Culture
  • Venue & Environment
  • Arrival Departure & Hospitality
  • Athlete Village & Services
  • Promotion, Game Look, & Socialization
  • Ceremonies & Events
  • Ticketing
  • Communication
  • IT & Telecomm
  • Broadcast
  • Transportation
  • Catering
  • Accomodation
  • International Relation & Protocol
  • Media & Public Relations
  • Accreditation, dan
  • Revenue

Khusus untuk assignment Protocol Assistant dan NOC Assistant membutuhkan pendidikan minimal D3/ sederajat, sedangkan 2 departemen lainnya membutuhkan pendidikan minimal SMA/sederajat.

1

Sedangkan syarat umumnya sendiri nggak terlalu ribet, kok, gaes. Kamu yang berusia 18-40 tahun, menguasai bahasa Inggris secara lisan dan tulisan, serta mampu mengoperasikan komputer bisa mendaftarkan diri untuk menjadi relawan Asian Games 2018 ini.

Pendaftaran relawan bisa kamu lakukan di laman resmi Asian Games 2018. Sedangkan seleksinya sendiri adalah berupa seleksi administratif, psikotes, diskusi group, dan wawancara yang disusun dalam timeline seperti berikut.

Pendaftaran online: 18 September-23 Oktober 2017

Pemanggilan calon relawan: 20-25 November 2017

Grup Diskusi dan Wawancara: 27 November-2 Desember 2017

Penandatanganan kontrak relawan Uji Coba AG2018: 12-16 Desember 2017

***

Makanya, nih, kamu yang tertarik dengan dunia olahraga dan event internasional rasanya sayang banget kalau sampai melewatkan kesempatan satu ini. Apalagi kamu yang lagi asyik menekuni gap year atau nikmatin masa sehabis wisuda dan lagi semangat-semangatnya mencari berbagai kegiatan berfaedah.

Youthmanual udah sering banget, lho, ngebahas manfaat ikutan program relawan selagi masih muda. Meskipun kamu nggak akan mendapatkan kompensasi berupa materi seperti halnya magang, pelajaran hidup dan pengalaman yang kamu dapatkan selama menjadi relawan tentunya nggak kalah berguna untuk pengembangan diri kamu di masa depan.

Berdasarkan keterangan Sekretaris Jenderal INASGOC, Eris Herryanto, para relawan nantinya bakal mendapatkan sertifikat penghargaan, uang makan dan transportasi, serta seragam. Tapi, menurut Youthmanual, ada manfaat lain yang lebih besar yang bisa kamu dapatkan dengan berpartisipasi menjadi relawan dalam Asian Games 2018 ini, seperti…

2

1. Kamu bisa mengembangkan berbagai soft skill

Beberapa di antara kamu yang menjalani gap year tahun ini pastinya termotivasi untuk mengasah soft skill sebanyak mungkin, dong, ya. Nah, dengan mengikuti program relawan Asian Games 2018, kamu bisa mengasah berbagai kemampuan yang sangat berguna di masa depan. Sukur-sukur bisa bikin CV makin mentereng!

Soft skill apa aja, nih? Mulai dari kemampuan berkomunikasi efektif, bekerja sama dalam tim, sampai berpikir kritis akan diasah dengan baik melalui program ini. Nggak cuma itu, rasa empatimu juga akan dilatih, dan lingkaran pertemananmu juga akan bertambah luas. Rasa capeknya pasti bakal terbayar banget, ‘kan?

2. Kamu bisa mendapatkan pengalaman multikultural

Barangkali belum paham, hampir semua posisi dalam departemen yang ditawarkan merupakan posisi yang mengharuskan kamu berinteraksi dengan pihak luar. Maksudnya, berinteraksi dengan orang-orang dari luar negeri, gitu. Entah dengan para atlet kontingen negara tertentu, tim legal, atau bahkan petinggi negara.

Youthmanual tentunya juga udah pernah ngebahas tentang pentingnya memiliki pengalaman multikultural untuk meningkatkan kreativitas. Kamu nggak harus jauh-jauh travelling ke luar negeri dulu untuk mendapatkan pengalaman multikultural ini, karena kamu bisa mendapatkannya dengan mengikuti program relawan ini.

3. Kamu bisa membantu mengharumkan nama Indonesia di mata internasional

Bisa dibilang, kamu yang menjadi relawan di Asian Games akan menjadi front liner di negara kita. Yang artinya, kamu adalah representasi negara Indonesia ke mata dunia selama perhelatan berlangsung. Sikap kamu terhadap para kontingen dan pemilih kepentingan dari negara tamu akan menjadi sorotan selama 24/7, nih!

Saya yakin, kok, kalau anak muda Indonesia memiliki kemampuan dan karakteristik yang oke punya. Kamu yang menjadi relawan dalam perhelatan ini pastinya mampu untuk mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional dengan caramu sendiri, yaitu dengan keramahtamahan, rasa toleransi yang tinggi, serta profesionalitas kamu dalam bekerja. Saik!

Baca juga:

(sumber gambar: viva.co.id, cityofelgin.org)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 11 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 22 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1