Inilah Video Pengurus OSIS Mengungkap Korupsi di Sekolah. Kamu Berani Kayak Mereka, Nggak?

Kamu sudah sempat melihat video pengurus OSIS mengungkap korupsi di sekolah belum, sob? Film dokumenter karya Steve Pillar Setiabudi (Pilar) yang dibuat pada tahun 2009 ini menceritakan tentang anak-anak SMA di kota Solo. Tujuan awal pembuatan film ini sebenarnya untuk berbagi pengetahuan tentang demokrasi, serta berbagi kehidupan anak-anak SMA kelas 12 yang sebentar lagi lulus dan memasuki tahap baru dalam hidup mereka.

Eeeh, ternyata para pengurus OSIS yang diwawancara malah bercerita tentang bagaimana mereka membongkar praktek korupsi yang sering dilakukan (oknum) sekolah, terutama korupsi dana kegiatan yang diperuntukkan buat anggaran acara OSIS.

Para pengurus OSIS ini lalu berhasil menjalankan sebuah investigasi yang terkoordinir, dari mulai mengumpulkan bukti-bukti, sampai menjalankan aksi demonstrasi supaya para oknum tersebut kapok memangkas uang yang sebetulnya memang bukan hak mereka.

Satu hal yang bikin saya salut adalah ketika para pengurus OSIS ini bilang, “Di dalam kelas, kami tetap menghormati mereka sebagai guru yang mengajar kami. Tapi kalau sudah bicara di luar kelas, apalagi tentang dana sekolah, kami ogah bernegosiasi”.

Wih, keren banget ya, gaes!

Baca juga:

(sumber gambar: dailybruin.com)

LATEST COMMENT
Mira Puspita | 3 hari yang lalu

Mas Andreas Gandhi, jujur saat ini saya adalah seorang ibu yang sedang mendoakan putranya karena takut kalo putra saya tinggal kelas dia akan di DO dari JB.

Cerita Seorang “Veteran”: Dari Nggak Naik Kelas Sampai Sukses Tembus PTN Impian
Fransiska Oktaviani | 7 hari yang lalu

open pp/endorse ig/tiktok bisa bayar seikhlasnya email ke [email protected] terimakasih

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Nindi Dwi Oktova | 7 hari yang lalu

Permisi aku mau nanya kalau murid pindahan jurusan ipa dari sekolah asal ke sekolah baru tapi berbeda pada mata pelajaran minat apakah bisa mengikuti SNMPTN? Ex:matpel minat sekolah asal ekonomi dan b.Inggris minat tapi di sekolah pindahan tidak ada matpel ekonomi dan pindah nya pada saat semester 2…

Tanya-Jawab Seputar SNMPTN 2021: Kriteria Penilaian dan Lainnya
Nanda Kyala | 9 hari yang lalu

Kak, jadi anak ipa bisa pilih utbk soshum atau campuran?

Lintas Jurusan di SBMPTN 2021 dan Peluangnya
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1