Bingung Memilih Jurusan Kuliah? Coba 2 Cara Ini Biar Nggak Galau Lagi

Salah satu problem terbesar anak sekolah yang sebentar lagi lulus adalah bingung memilih jurusan kuliah. Ujung-ujungnya, merasa salah jurusan dialami hampir semua mahasiswa semester awal. Ada yang nekat buru-buru keluar dan pindah jalur, ada juga yang merasa udah kepalang kecebur dan meneruskan jurusan yang sebetulnya nggak terlalu diminati.

Menentukan jurusan kuliah memang bukan perkara mudah. Untungnya, waktu di sekolah saya mengikuti ekstrakurikuler yang cukup membantu saya menemukan minat. Jadinya, saya nggak bingung memilih jurusan kuliah. Hati saya mantap, semantap move on dari mantan #eaaa

Menurut saya, memilih jurusan kuliah bukanlah merujuk pada pekerjaan apa yang nanti banyak dibutuhkan atau seberapa besar gaji yang bakal kamu dapat. Memilih jurusan kuliah yang kamu sukai dan kamu kuasai, bakal bikin kamu jadi lulusan berkualitas. Kalau kamu kuliah sepenuh hati dan bisa menerapkan ilmu yang kamu dapat, pekerjaan yang kece pasti tersedia buat kamu.

Buat kamu yang masih bingung atau malah nggak tahu sama sekali mau ambil jurusan kuliah apa, coba dua cara ini biar nggak galau lagi.

1. Bikin dua daftar panjang bidang yang kamu sukai dan bidang yang kamu kuasai, lalu selaraskan.

Memilih Jurusan Kuliah 1 - Youthmanual

Daftar pertama:

  • Ambil kertas HVS kosong dan pulpen
  • Tuliskan sebanyak-banyaknya bidang yang kamu sukai. Nggak usah banyak mikir, nggak usah pakai batasan dan nggak perlu berurutan.
  • Kalau sudah selesai, lihat lagi daftar tersebut lalu mulai coret yang sebenarnya nggak pengen-pengen banget kamu geluti. Sisakan lima bidang yang yang benar-benar kamu suka.
  • Kalau sudah selesai, lihat lagi daftar tersebut lalu pikirkan bidang yang nggak mungkin kamu tinggalkan. Bidang ini mungkin mustahil buat kamu, tapi bakal kamu bela mati-matian. Sisakan tiga bidang yang benar-benar melekat di hati kamu.

Daftar kedua:

  • Ambil kertas HVS kosong dan pulpen
  • Tuliskan sebanyak-banyaknya bidang yang menurut kamu bisa kamu lakukan. Bayangkan banyak hal dan kalau kamu merasa bisa di bidang tersebut, langsung tulis aja. Nggak usah banyak mikir apakah kamu jago atau nggak di bidang tersebut.
  • Bawa daftar tersebut ke keluarga, saudara dan teman-teman kamu. Tanya pendapat mereka bidang apa yang menurut mereka kamu kuasai. Minta mereka membayangkan akan jadi apa kira-kira kamu di masa depan. Tulis jawaban mereka bersama daftar kamu.
  • Kalau sudah selesai, lihat lagi daftar tersebut lalu mulai coret yang sebenarnya nggak terlalu kamu kuasai. Sisakan tiga bidang yang benar-benar kamu kuasai.

Bandingkan dua daftar tersebut lalu selaraskan. Maksudnya menyelaraskan adalah menyeimbangkan apa yang kamu sukai dan kamu kuasai.

Berdasarkan daftar tersebut, lihat apakah tiga bidang di daftar kedua cukup mendukung tiga bidang di daftar pertama? Apakah yang kamu sukai telalu jauh dari apa yang kamu kuasai? Biasanya, tiga bidang teratas di daftar pertama dan daftar kedua nggak bakal jauh-jauh banget bedanya, sob. Nah, ambil benang merah bidang yang saling mendukung untuk menjadi jurusan kuliah kamu.

Masih ragu juga? Cobain deh cara kedua.

2. Ikuti tes minat bakat gratis di Youthmanual dan cari tahu tentang jurusan, kampus serta bidang pekerjaannya.

Memilih Jurusan Kuliah 2 - Youthmanual

Di Youthmanual, kamu bisa melakukan assessment minat dan bakat kamu dengan mengikuti tes yang disediakan. Lewat tes ini, kamu jadi bisa tahu apa yang kamu sukai dan kamu kuasai serta menunjukkan kelemahan dan kekuatan terbesar kamu.

Tes minat bakat di Youthmanual akan terbagi ke dalam beberapa modul, semakin lengkap pertanyaan yang kamu jawab, kamu akan semakin mengenal diri kamu sendiri. Karena itu, penting untuk nggak asal-asalan ketika menjawab pertanyaannya.

Menggunakan pendekatan life-design dari Mark Savickas dan didukung oleh riset psikologi, tim psikolog Youthmanual mengembangkan modul Self Discovery dan Life Design untuk membantu kamu memperoleh informasi secara menyeluruh mengenai diri kamu, minat kamu dan mendapatkan rekomendasi profesi beserta jurusan kuliah yang paling sesuai buat kamu.

Nggak sampai di situ, kamu juga bisa bertanya lewat forum Tanya Youthmanual seputar jurusan dan perkuliahan. Di sana ada mentor, alumni berbagai jurusan dan tim psikolog yang bisa membantu menjawab pertanyaan kamu, lho!

Memilih Jurusan Kuliah 3 - Youthmanual

Jadi, udah nggak zaman bingung milih jurusan kuliah. Yuk, kenali diri sendiri dan rancang masa depan!

Baca juga:

25 Pilihan Jurusan Kuliah Terbaik Untuk Anak IPS

25 Pilihan Jurusan Kuliah Terbaik Untuk Anak IPA

Panduan Lengkap Lolos SBMPTN 2018

Timeline Persiapan Menuju Sukses SBMPTN 2018 dan Aktivitas Kelas 12

Tanya Youthmanual: Serba-Serbi Informasi Untuk Bisa Tembus Perguruan Tinggi Negeri

(Sumber gambar: youtube.com, blog.petersons.com, youthmanual.com)

LATEST COMMENT
Fatimah Ibtisam | 9 jam yang lalu

Maksudnya mengulang mata kuliah dengan nilai C+? Hal tersebut disesuaikan dengan peraturan kampusmu. Untuk memastikan, konsultasi lah dengan pembimbing akademik.

Serba-Serbi IP, IPK, dan Sistem Nilai di Perguruan Tinggi
Zanita Safitri | 2 hari yang lalu

Bismillah masuk farmasi

25 Pilihan Jurusan Kuliah Terbaik Untuk Anak IPA
Naufal Ganteng | 3 hari yang lalu

Sama gua juga ijin ke guru Dan guru nya izinin

Perlu, Nggak, Sih, Pelajar Bawa Kendaraan Pribadi Ke Sekolah?
Siti Nur Halimah | 4 hari yang lalu

Halo, izin bertanya, Kak! Jika lulusan SMK mendaftar UTBK SBMPTN dengan pilihan prodi SAINTEK, apakah UTBK-nya hanya SAINTEK/IPC? Terima kasih

Lintas Jurusan di SBMPTN 2021 dan Peluangnya
Ariel Mickey | 4 hari yang lalu

Permsi min saya mau nanya, kalau kategori nya B terus seseorang dapat C+ Itu diajukan remedial nggak min Terimakasih.

Serba-Serbi IP, IPK, dan Sistem Nilai di Perguruan Tinggi
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1