Alasan Kenapa Indonesia Youth Conference 2015 Begitu Menarik

Masih ingat tulisan Youthmanual tentang cara agar kita nggak keok bersaing di ASEAN Free Trade Area (AFTA)? Nah, masih tentang isu AFTA tersebut, bulan ini, komunitas Sinergi Muda mengajak anak-anak muda Indonesia untuk sama-sama mempersiapkan diri menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) lewat program tahunan mereka yang super keren—Indonesia Youth Conference (IYC).

IYC adalah sebuah festival yang terdiri dari seminar, ekspo, pemutaran film, dan pertunjukkan seni. Tapi main attraction-nya, sih, sesi-sesi seminar dengan berbagai topik, yaitu Ekonomi, Politik, Kepemimpinan, Pendidikan, Pariwisata, Sains dan Teknologi, Financial Planning, Media dan Jurnalisme, Creativepreneur, dan Personal Branding.

Semua sesi tersebut diisi oleh pembicara-pembicara yang ahli di bidangnya—seperti Banyu Biru, Vivi Alatas, Iman Usman, Pangeran Siahaan, Farhandan setiap peserta bebas memilih sesi yang sesuai minat dan passion masing-masing.

Meskipun topik tiap sesi berbeda, semua punya benang merah yang sama, yaitu menyiapkan generasi muda untuk menghadapi MEA.

IYC 3

Festival yang mengusung tagline “Kita Siap!” ini diadakan untuk meningkatkan kepedulian anak-anak muda terhadap isu-isu terkini, serta meyakinkan masyarakat bahwa suara anak muda harus didengar dan ditanggapi.

Youthmanual sempat mengikuti beberapa sesi IYC 2015, dan kami kagum banget melihat para peserta yang super semangat dan sangat mampu berdiskusi dengan luar biasa. Ih, kami langsung berasa kayak remah-remah semprong dalam kaleng Khong Guan. Da kami mah apa atuh, dibandingkan calon pemimpin negeri yang cerdas-cerdas ini?! *tepuk tangan*

Youthmanual juga sempat ngobrol sedikit sama Wakil Ketua Pelaksana IYC 2015, Yuki, alumni Sastra Jepang, Universitas Bina Nusantara, angkatan 2008. Meskipun masih muda, Yuki dan teman-teman panitia lain di IYC terbukt oke banget dalam nge-handle acara sebesar ini.

Yuki Indonesia Youth Conference

Menurut Yuki, inilah beberapa alasan kenapa IYC 2015 begitu menarik.

IYC memberikan manfaat praktis kepada para relawan dan peserta

Tau nggak, sih? Panitia dan relawan IYC direkrut berbulan-bulan sebelum festival ini dimulai, lho. Trus, panitia dan relawan ini dipilih lewat screening CV, gaes! Ini artinya, sebelum masuk IYC aja, mereka harus berhadapan dengan seleksi seperti di dunia kerja.

Dan asal tau aja, CV calon panitia dan relawan yang masuk ke Sinergi Muda mencapai 500 lebih. Persaingan ketat, bos! Latihan bikin CV keren kudu dimulai dari sekarang, nih.

Kemudian, setelah terpilih, panitia dan relawan harus langsung terjun ke lapangan untuk nyari sponsor, networking, meeting ke klien serta pembicara, dan lain sebagainya. Bagi Yuki, hal-hal ini adalah pengalaman dan pelajaran yang sangat berharga untuk menghadapi dunia kerja nanti.

Selain itu, beberapa sesi IYC berbentuk seperti focus group discussion, dimana para pesertanya harus aktif berpartisipasi untuk menyerap materi sesi tersebut. Jadi mereka nggak cuma datang dan duduk mendengarkan pembicara dengan pasif. Tentunya, hal ini mengasah kemampuan peserta untuk jadi inisiatif dan bisa menyuarakan pendapatnya.

Nggak hanya seminar, IYC juga menghadirkan screening movie, booth seru dan acara seni

Selain sesi seminar, IYC juga menghadirkan belasan booth F&B seru dan bazaar kreatif oleh anak-anak muda. Jadi untuk mengisi waktu jeda antar sesi, peserta bisa inspeksi ke berbagai booth kreatif atau jajan di booth makanan yang ada.

Serunya, di akhir keseluruhan acara, IYC menampilkan performers dari para artis dan komunitas seru untuk para peserta.  

IYC 2

IYC menghadirkan Surprise Session yang selalu dinanti

Menurut Yuki, setiap tahun, surprise session selalu jadi puncak acara IYC yang dinanti-nanti oleh peserta. Surprise session IYC 2015 sendiri diisi oleh aktor keren Ario Bayu, VP Communication Telkomsel Adita Irawati, fotografer legendaris Don Hasman, atlet olahraga sepeda downhill Risa Suseanty, dan Deputi Gubernur DKI Jakarta bidang Kebudayaan dan Pariwisata, Sylviana Murni.

Yuki percaya, inilah salah satu hal yang nggak dimiliki acara sejenis untuk anak muda. IYC memang memikirkan setiap elemen acara dengan matang dan detil, agar IYC selalu menginspirasi dan menghadirkan yang terbaik.

***

Buat kamu yang kemarin datang ke IYC 2015, setuju dong sama Yuki dan Youthmanual bahwa acara ini memang inspiratif banget dan bakal membekas lama di pikiran? Caelaaah…

Sementara, buat kamu yang kemarin belum sempet ikutan, sampai ketemu tahun depan, ya!

(sumber foto: Jakarta Venue, Indonesian Youth, Limit Doesnt Exist)

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2020 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1