Menu

5 Hobi yang Bermanfaat Untuk Kesehatan

Untuk  beberapa orang, hobi adalah salah satu komponen penting yang erat kaitannya dengan kehidupan pribadi. Hobi memberikan kamu kegiatan lain selain bekerja, tidur, atau menghabiskan waktu dengan pasangan.

Hobi juga sering kali kamu jadikan pelarian untuk bisa menghabiskan waktu dengan hal-hal yang positif. Bahkan kebanyakan dari kamu melakukannya karena merasa inilah hal yang bisa membuat kamu merasa senang dan tetap hidup. Hobi nggak cuma sekedar melepas penat, kamu bisa baca manfaat hobi lainnya di: 6 Manfaat Memiliki Hobi.

Selain manfaat yang sudah disebutkan di artikel sebelumnya, ternyata hobi bisa memberikan dampak positif bagi kesehatan, lho, gaes. Ingin tahu hobi apa aja yang baik untuk kesehatan? Yuk, simak selengkapnya berikut ini!

1. Memelihara hewan

memelihara hewan

Siapa di sini yang punya hewa peliharaan kucing, anjing, kelinci, dan sebagainya? Yups, selain menjadi teman yang menyenangkan, hobi memelihara hewan ternyata terbukti bisa membuat kamu bertambah sehat, lho. Soalnya, sebuah studi mengungkapkan bahwa dengan memelihara hewan berati kamu akan melakukan aktivitas dan bersosialisasi di luar ruangan.

Dan memelihara hewan juga terbukti bermanfaat untuk menjaga tekanan darah, tingkat kolesterol, dan menghindarkan kamu dari perasaan kesepian. Wah, itu semua berkaitan erat dengan penurunan risiko serangan jantung, ya, gaes.

2. Menari

menari

Buat orang yang hobinya menari, sudah nggak diragukan lagi menari adalah salah satu aktivitas fisik yang menyenangkan. Soalnya, kamu nggak memerlukan banyak alat bantu, cukup kedua tangan dan kakimu serta iringan musik.

Banyak penelitian yang menyatakan bahwa kegiatan menari akan membantumu meningkatkan kesehatan jantung, menambah stamina, dan menguatkan tulang serta otot, gaes. Kalau kamu merasa rumahmu bukan tempat yang sesuai untuk melakukan hobi ini, kamu bisa bergabung dengan klub salsa, zumba, tango, atau jenis tarian lain yang kamu suka. Di tempat-tempat tersebut kamu juga akan bertemu dengan banyak orang. Tentunya, kamu akan banyak melakukan sosialisasi dan hal tersebut itu baik untuk mencegah depresi.

Nah, untuk menambah semangatmu agar terus mengasah hobi menari. Kamu bisa baca kisah inspiratif: Cerita Dua Perempuan Muda yang Harus Kehilangan Kaki, Tapi Sama Sekali Nggak Kehilangan Semangat.

3. Bermusik

bermusik

Saya rasa di dunia ini, hampir semua orang suka mendengarkan musik. Mulai dari musik klasik, pop, bahkan dangdut. Hobi mendengarkan musik atau memainkan instrumen—seperti gitar, piano, dan lain-lain, dinilai sama-sama memberikan efek positif bagi kesehatan mental dan psikis kamu.

Dalam laporan riset yang dilakukan Medical News Today pada tahun 2013, musik ternyata bisa membantu memperkuat sistem imun, menghindarkan kamu dari rasa cemas dan depresi. Musik juga bisa mengurangi risiko pemyakit Alzheimer (kepikunan), gaes. Soalnya, musik memberikan rangsangan internal yang mampu membuat otak kamu bekerja secara optimal.

Selain memberikan manfaat bagi kesehatan, hobi bermain musik juga bisa dijadikan sebagai profesi, lho. Lebih lanjut kamu bisa baca di: Selamat Hari Musik Nasional! Ini Dia 7 Profesi yang Berkaitan Dengan Musik.

4. Menulis

menulis

Kamu mungkin mengira bahwa duduk di depan laptop sembari menulis itu nggak memberikan dampak yang berarti bagi kesehatan kamu. Eitss, jangan salah kira dulu, ya, gaes! Ternyata, menulis mampu meningkatkan kesehatan mental dan psikis kamu, lho. Apalagi kalau kamu menulisnya dengan menggunakan buku dan bulpen.

Selain itu, menulis mampu meningkatkan memori otak dan mengurangi stres. Beberapa penelitian juga mengungkapkan bahwa menulis tentang pengalaman pribadi telah membantu para pengidap kanker untuk menerima diri. Artinya, punya hobi menulis bisa membantu para pengidap kanker untuk mengurangi rasa stres dan berpotensi membantu peningkatan hasil terapi fisik.

Sama seperti bermusik, punya hobi menulis juga bisa kamu jadikan sebagai profesi. Baca selengkapnya di: Suka Menulis = Jadi Jurnalis? Nggak Juga Kok. Ini Dia Pilihan Karier Kekinian Buat Kamu yang Doyan Menulis.

5. Berkebun

berkebun

Kalau kamu memiliki lahan terbuka di rumah, nggak ada salahnya, lho, memanfaatkan lahan tersebut untuk ditanami dengan beragam tanaman yang bermanfaat agar kualitas hidupmu ikut meningkat. Bayangin aja, gaes, betapa banyak kalori yang akan kamu bakar ketika mulai mengubah lahan kosong tersebut menjadi kebun kecil.

Kegiatan ini tentunya akan bermanfaat untuk melatih stamina, fleksibilitas, koordinasi dan memperkuat tubuh kamu. Berkebun juga akan membuatmu terpapar cahaya matahari yang baik untuk memenuhi kebutuhan vitamin D. Menurut laporan yang termuat dalam PLOS One pada 2014, dengan berkebun setiap hari maka kamu telah mengurangi risiko terserang demensia sebanyak 36% serta mengurangi risiko terserang stroke dan serangan jantung sebesar 30%.

***

Itulah 5 hobi yang ternyata bermanfaat untuk kesehatan. Gimana, gaes? Setelah kamu tahu, pastinya kamu akan lebih terdorong untuk terus melakukan hobi tersebut agar bermanfaat, ‘kan? Syukur-syukur kalau kamu bisa menemukan profesi yang sesuai dengan hobi kamu.  

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: childdevelopmentinfo.com, nytimes.com, sydneydancecompany.com, milady.cengage.com, searchengineland.com, dlife.com)

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©