6 Manfaat Memiliki Hobi

Meskipun hobi yang kamu lakukan itu nggak berkaitan dengan pekerjaan, kamu tetap bisa, kok, merasakan manfaat positif memiliki hobi terhadap masa depanmu nantiny.

Lebih dari sekadar untuk melepas penat dari kejenuhan rutinitas sehari-hari kamu, hobi ternyata memiliki dampak positif, lho!

Hah? Emangnya hobi punya dampak positif apa aja, sih? Banyak, gaes! Mulai dari jurusan perkuliahan hingga kariermu ke depan. Nggak percaya? Yuk, simak penjelasan mengenai beberapa manfaat hobi yang bisa kamu dapatkan!

1. Melepas penat

Sempat disinggung di awal, memiliki hobi itu ternyata bisa melepaskan penat sama kegiatanmu yang itu-itu aja. Selain itu, melakukan hobi di akhir pekan atau malam hari bisa menyegarkan otakmu untuk aktivitas selanjutnya.

Bahkan berbagai penelitian menunjukkan bahwa orang yang menghabiskan waktu untuk melakukan hobi yang disukainya ternyata lebih bahagia, lebih pekerja keras dan 12% lebih produktif dari mereka yang nggak punya hobi.

2. Mempelajari hal baru di luar skill utama

skill

Tahu nggak, sih, gaes? Melakukan hobi yang nggak berkaitan dengan aktivitas utamamu–baik itu di dunia persekolahan, perkuliahan atau kariermu justru bisa menjadi kesempatan untuk melatih skill baru, lho.

Selain itu, melakukan hobi di luar skill utamamu juga bisa membuka pola pikir yang baru dan memberikan tantangan baru sehingga membuat kamu memiliki sense of mastery.

3. Menyalurkan passion

Kamu merasa saat ini jurusan kuliahmu nggak sesuai dengan passion? Nggak perlu khawatir, kamu masih bisa menyalurkan passion di luar jurusan kuliah, melalui hobi yang kamu miliki, gaes!  Btw, segala aktivitas yang didasari sama passion ini bisa meningkatkan self-fulfillment dirimu dan membuka networking yang luas, lho.

Jadi, buat kamu yang belum menemukan jurusan kuliah yang tepat. Kamu bisa, lho, mengambil jurusan kuliah atau mencari pekerjaan sesuai dengan passion yang kamu miliki. Misalnya aja, kamu hobi baca buku. Kamu bisa mengambil jurusan kuliah yang berkaitan dengan kegiatan membaca.

4. Menumbuhkan ide-ide kreatif

idea

Bukan cuma hobi bermusik dan melukis aja, lho, yang bisa meningkatkan sisi kreativitasmu. Berbagai hobi sederhana seperti membaca novel hingga menonton kartun ternyata juga bisa berdampak pada sisi kreativitasmu.

Kenapa bisa gitu? Soalnya semakin beragam pengalaman yang kamu miliki, semakin tinggi juga peluangmu untuk menghasilkan sesuatu yang unik dan inovatif.

5. Meningkatkan kemampuan multitasking

Skill satu ini terdengar mudah, namun nyatanya sulit untuk dikuasai, lho. Bahkan nggak semua orang bisa menjadi seorang multitasker.

Dan ternyata beberapa hobi bisa juga melatih kemampuanmu untuk fokus dalam banyak hal sekaligus. Seperti hobi memasak dan membaca buku misalnya, hobi tersebut akan membuat kamu terlatih untuk bisa fokus pada beberapa hal sekaligus.

6. Menemukan pekerjaan

Selain manfaat yang sudah disebutkan di atas. Hobi ternyata juga bisa menjadi ide untuk kariermu ke depan ataupun pekerjaan sampinganmu, lho, gaes. Misalnya, nih, kamu punya hobi travelling, kamu bisa menemukan profesi-profesi menarik dari hobi tersebut.

Atau kalu kamu punya hobi menulis, kamu juga bisa coba freelance menjadi penulis lepas atau blogger. Pastinya bakalan seru banget, deh, kalau kamu bisa menjalankan karier yang kamu gemari dan banggakan.

***

Itu dia 6 manfaat memiliki hobi, gaes. Toh, nggak ada salahnya juga, kalau kamu mencari pekerjaan yang sejalan dengan hobi dan minatmu.

Mau bekerja di bidang kreatif dan memiliki hobi olahraga atau bekerja di bidang teknologi dan memiliki hobi kreatif? Nggak ada masalahnya! Yang terpenting kamu bisa melakukan itu dengan penuh tanggung jawab.

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: thewowstyle.com, vox.com, npr.org)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Al havis Fadilla rizal | 22 hari yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 1 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 1 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 1 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1