5 Makanan Paling Sehat Untuk Dijadikan Menu Sarapan

Siapa di sini yang rajin sarapan tiap pagi? *acung tangan*

Nggak cuma memberikan kamu energi untuk menjalani hari, jika dilakukan dengan baik dan benar, sarapan juga dipercaya dapat meningkatkan performa kamu dalam melakukan berbagai aktivitas. Dengan kata lain, asupan gizi yang kamu dapatkan selama sarapan akan sangat berpengaruh pada output yang diasilkan (baca: faedah).

Karena itulah sarapan seharusnya nggak cuma asal kenyang aja, sob. Dilansir dari The Independent, menu sarapan tepat dapat memperbaiki kondisi fisik kamu secara keseluruhan, termasuk membantu tubuh mengatur konsentrasi gula darah. Tentunya hal itu hanya akan terjadi jika kamu bisa memilih menu sarapan sehat yang sesuai.

Apa aja, sih, pilihan menu terbaik yang bisa kamu olah menjadi sarapan sehat?

1. Telur

telur

Kabar gembira untuk para umat penghuni kosan! Telur dipercaya menjadi salah satu menu sarapan yang paling sehat yang bisa kamu nikmati setiap pagi. Selain praktis dan mudah untuk divariasikan, harga telur juga sangat terjangkau sehingga kamu nggak perlu bingung jika stok makanan semakin menipis.

Telur mengandung protein yang tinggi sehingga ampuh untuk menekan rasa ingin ngemil kamu sampai waktu makan siang tiba. Trus, konsumsi telur yang rutin bisa menambah massa otot kamu, yang tentunya menjadi poin plus untuk menjaga #bodygoals, hihihi.

Inspirasi menu sarapan yang bisa kamu buat: Scrambled egg alias telur orak-arik adalah pilihan menu sarapan berbahan dasar telur tersehat dan terpraktis yang bisa kamu buat setiap hari. Tambahkan berbagai sayuran seperti bayam, wortel, atau bahkan parutan kentang jika kamu membutuhkan sedikit asupan karbohidrat di pagi hari.

2. Oatmeal

Oatmeal alias gandum utuh adalah menu sarapan kekinian yang digemari oleh banyak anak muda yang menyenangi pola hidup sehat. Kandungan serat yang tinggi yang terdapat pada semangkuk oatmeal dapat menjauhkan kamu dari rasa lapar sampai siang hari tiba. Nggak cuma rasa lapar, oatmeal juga terbukti efektif menjauhkan kamu dari berbagai penyakit berbahaya seperti hipertensi, diabetes, dan kolesterol tinggi. Wih!

Biar kamu nggak salah kaprah, pastikan komposisi oatmeal yang kamu gunakan berupa serratus persen biji gandum utuh, ya, sob. Kalau kamu mengonsumsi oatmeal siap saji yang masih mengandung pengawet dan gula, sama aja bo’ong deh, sehatnya.

Inspirasi menu sarapan yang bisa kamu buat: Raciklah oatmeal yang kamu punya menjadi muesli, yaitu bubur oatmeal lembut dengan campuran kacang-kacangan dan buah-buahan kering. Untuk menu yang lebih simpel, campurkan oatmeal dengan jus apel dan susu, atau sajikan dengan telur mata sapi, saus, dan keju jika kamu lebih menyenangi sarapan yang gurih.

3. Yogurt

yogurt

Yes, you read that right. Yogurt adalah salah satu menu sarapan paling sehat yang bisa kamu temui berkat kandungan proteinnya yang nggak kalah saing dengan telur. Nggak cuma itu, yogurt juga kaya akan kalsium yang memiliki faedah besar dalam pertumbuhan kamu serta probiotik yang baik untuk pencernaan.

Baiknya, yogurt yang kamu konsumsi jangan sampai mengandung pengawet dan pemanis tambahan, ya, sob. Sama halnya seperti oatmeal, bahan tambahan yang ada pada yogurt akan membuat khasiat asli yogurt itu sendiri berkurang. Greek yogurt adalah jenis yogurt yang paling baik untuk kamu jadikan menu sarapan karena proteinnya yang sangat tinggi. Tapi, kalau kamu nggak bisa mendapatkan greek yogurt, yogurt biasa pun juga nggak apa-apa, kok.

Inspirasi menu sarapan yang bisa kamu buat: Yogurt dan pisang adalah kombo paling klasik yang bisa kamu nikmati setiap hari. Tapi, biar nggak bosen, kamu bisa banget memvariasikan topping yang kamu gunakan dengan buah beri, mangga, atau chia seeds.

4. Buah-buahan

Sebelum kamu bergidik heran, jangan keburu menyangka kalau makan buah di pagi hari nggak baik untuk pencernaan, lho, ya. Mengonsumsi buah di pagi hari sesungguhnya memiliki manfaat kesehatan yang jauh lebih besar dari yang kamu bayangkan. Pastinya buah-buahan yang kamu pilih juga nggak boleh sembarangan. Jika kamu memiliki gangguan pencernaan seperti maag, hindari mengonsumsi buah yang cenderung asam untuk sarapan.

Segala jenis buah-buahan mengandung vitamin, potassium, dan serat yang tinggi sehingga cukup untuk memenuhi asupan gizi kamu di pagi hari. Tingginya kandungan serat dan air yang dimiliki buah-buahan juga efektif untuk membuat perut kamu terasa kenyang dalam jangka waktu yang cukup lama. Menang banyak!

Inspirasi menu sarapan yang bisa kamu buat: Makan buah-buahan dalam bentuk aslinya begitu aja emang bisa bikin boring. Coba, deh, kamu kreasikan buah-buahan kamu menjadi smoothies. Nggak cuma kekinian, kamu juga bisa memadukan berbagai jenis buah-buahan yang kamu suka menjadi satu makanan praktis dan tentunya mengenyangkan.

5. Teh

teh

Minum teh di pagi hari emang udah menjadi budaya di masyarakat kita. So, nggak ada salahnya juga, nih, kalau kamu budayakan minum teh menjadi menu sarapan kamu. Mulai dari teh melati, teh hitam, sampai teh hijau pun sama sehatnya—selama kamu minumnya nggak pakai gula dengan berlebihan.

Nggak beda jauh dengan kopi, teh juga mengandung antioksidan tinggi yang disebut dengan flavonoid, yang mampu meningkatkan kerja sistem kekebalan tubuh dan efektif sebagai anti radang. Kamu juga nggak perlu khawatir jika kamu kerap dilanda ngantuk pagi hari, karena teh cukup ampuh bekerja sebagai alarm pagi hari berkat kandungan L-theanine yang mampu membangkitkan kewaspadaan dan membantu menajamkan fokus.

Inspirasi menu sarapan yang bisa kamu buat: Sekarang, teh memiliki banyak varian rasa yang bisa kamu nikmati bergantian setiap harinya. Tapi jika kamu ingin mengonsumsi teh dengan cara yang berbeda, campurkan seduhan teh kamu dengan oatmeal, smoothies, atau bahkan yogurt untuk menambah variasi sarapan sehat kamu.

***

Eniwei, apa menu sarapan kamu hari ini, gaes?

Baca juga:

(sumber gambar: thepruce.com, epicurious.com, cdn.com, servingjoy.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Crypton | 11 hari yang lalu

Setelah 2018 ingin masuk oseanografi di postingan ini dan sekarang sudah semester 9, sangat bersyukur bisa ada di oseanografi.. Next S2 Ocean Instrumentation!!

Serba-Serbi Jurusan Oseanografi—Untuk Kamu yang Ingin “Kenalan” Lebih Jauh dengan Laut dan Seisinya
Olinnn | 14 hari yang lalu

Open pp/endorse cek ig : pragunawati_

Serba-Serbi dan Cara Seputar Meng-Endorse dan di-Endorse di Media Sosial
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1