Lima Tips Supaya Kamu Nggak Ngantuk di Pagi Hari

“Duh, masih pagi, kok, tapi udah merasa ngantuk?” Rasanya nggak enak banget, ya. Harusnya pagi hari adalah waktu dimana badan dan pikiran kita masih fresh, bukannya malah ngantuk. Kamu pun jadi nggak bisa konsen mendengarkan penjelasan guru atau dosen di kelas, karena pikiran udah nggak tahu ke mana.

Sebenarnya ada banyak penyebab kenapa kamu bisa ngantuk di pagi hari. Bisa saja karena malamnya kamu begadang, stres sehingga nggak bisa tidur nyenyak, atau karena kamu punya masalah anemia atau ketidakseimbangan tiroid.

Untuk kamu yang sering nguap-nguap walau masih pagi, coba atasi dengan lima tips simpel ini.

1. Sarapan yang cukup

Mungkin karena kamu terburu-buru dan takut telat, pagi hari kamu jadi langsung cabs dari rumah tanpa sarapan. Padahal, lebih baik kalau kamu sarapan dulu, walaupun cuma sedikit. Saat kamu tidur, kamu puasa semalaman, lho. Sehingga sarapan penting untuk kembali mengisi bensinmu. Kalau kamu nggak sarapan, tubuhmu hanya akan menggunakan energi-energi sisa. Itulah sebabnya kamu jadi lelah dan gampang ngantuk. Jadi jangan lewatkan sarapan, ya.

2. Mandi pagi

Hayo, siapa, nih, yang masih susah mandi pagi? Mandi pagi itu banyak manfaatnya, lho. Selain membersihkan kulit dari sel-sel kulit mati, mandi pagi juga membuat tubuh kamu jadi lebih fresh dan segar. Kalau udah segar, rasa kantuk pun jadi susah mampir.

3. Gerakkan badan

Ketika baru bangun tidur, peredaran darah di tubuh kamu belum berjalan dengan optimal, gaes. Supaya aliran darah kembali lancar, kamu perlu melakukan olahraga ringan. Nggak harus push-up atau sit-up, sih. Cukup dengan, misalnya, aktivitas peregangan sebelum mandi. 20 menit saja bisa menghalau rasa kantukmu, kok.

4. Berjemur

“Hah? Berjemur? Dipikir bayi!”. Eitss, jangan salah, gaes! Berjemur itu nggak hanya buat bayi, karena berjemur itu bagus untuk kesehatan siapapun, khususnya sinar matahari pada pagi hari, yang dapat membantu melancarkan aliran darahmu. Kalau kamu mau dapat manfaat ini, kamu harus berjemur di antara waktu terbitnya matahari, sampai jam 9 pagi.

5. Minum air putih

Meskipun nggak terasa, ketika tidur, tubuh kamu tetap mengeluarkan cairan, sementara kamunya nggak minum semalaman. Untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang di pagi hari, kita harus banyak minum air putih. Mengkonsumsi air putih lebih baik daripada kopi, karena sifat air putih lebih mirip dengan cairan tubuh dibandingkan kopi. Jadi, kalau kamu merasa ngantuk, banyakin minum air putih, ya.

(sumber gambar : www.sun-sentinel.com, www.stsfallbrook.com, mencegahpenyakit.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 16 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 27 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1