6 Sifat yang Harus Dimiliki Oleh Anak IPS

Tadi, kan, saya sudah membahas, nih, sifat-sifat apa saja, sih, yang harus dimiliki oleh para siswa IPA. Tetapi, rasanya agak kurang kalau saya nggak membahas tentang jurusan IPS. Nah, pada atikel kali ini, saya akan membahas tentang sifat-sifat apa saja, sih, yang harus dimiliki oleh anak IPS.

Sebelumnya, kamu harus tahu, kenapa, sih, saat kamu duduk di Sekolah Menengah Atas kamu harus memilih IPA atau IPS dan kenapa nggak memilih keduanya saja?  Well, jawabannya karena agar pembelajaran dapat terfokus ke satu ilmu saja yaitu antara IPA dan IPS. Ketika kamu memilih IPA berarti, ilmu yang akan kamu pelajari ialah ilmu-ilmu pasti yang berhubungan dengan alam. Sedangkan kalau kamu memilih IPS, kamu akan lebih mempelajari ilmu-ilmu sosial yang ada di dalam masyarakat. Coba bayangkan kalau kamu harus memilih keduanya, pastinya pusing banget, kan, kalau kamu harus mempelajari semua pelajaran?

Namun sayangnya, nih, gaes, pada saat ini, kedua jurusan ini malah menjadi suatu hal yang dibanding-bandingkan. Antara IPA dan IPS, di masyarat muncullah anggapan bahwa salah satunya menunjukkan ilmu yang lebih bagus dan yang satunya lagi kurang bagus. Padahal, kenyataannya IPA dan IPS dibentuk bukan untuk tujuan yang seperti itu.

Tetapi, meskipun begitu, IPA dan IPS tetap ada berbedaan dari segi apa yang dipelajarinya. Maka dari itu, gaes, ada baiknya, nih, kalau kamu merupakan siswa jurusan IPS, kamu  harus memiliki beberapa sifat untuk menunjang akademikmu. Hmm... Sifat-sifat apa saja, ya, yang harus kamu miliki sebagai anak IPS?

1. Rajin membaca dan memahami bacaan

Berbeda dengan anak IPA yang setiap harinya bertemu dengan hitung-hitungan, kalau kamu pasti akan lebih sering bertemu dengan bahan bacaan, baik itu dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Wadaw, menantang banget, ya!

Nah, karena kamu akan sering banget bertemu dengan berbagai bacaan, kamu harus memiliki kebiasaan membaca, nih. Kalau kamu sudah memiliki kebiasaan membaca, kamu akan memiliki sifat yaitu rajin membaca dan memahami apa yang kamu baca. Terkadang, salah satu masalah anak IPS yaitu rasa malas untuk membaca suatu wacana, padahal hal tersebut merupakan suatu hal yang akan kamu temui dalam setiap pembelajaranmu, lho.

2. Terbuka

terbuka dengan ras lain

Ini maksudnya apa, ya? Well, sebelum kamu mikir yang aneh-aneh, yuk, saya kasih tahu maksud dari terbuka disini. Pada intinya terbuka disini ialah suatu sifat dimana kamu bisa dan mau berteman dengan siapa saja, berdiskusi dengan siapa saja, membahas berbagai topik dan sebagainya.

Nah, dengan memiliki sifat yang terbuka, kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat, lho. Hal pertama yang bisa menjadi manfaatmu ialah kamu akan mendapatkan jaringan pertemanan yang luas. Selain itu, kamu pasti akan memiliki berbagai perspektif yang beragam. Dengan berbagai perspektif, kamu akan melihat suatu fenomena dengan cara yang beragam. Kamu pun bisa memperluas wawasanmu, lho.

3. Sabar dan teliti

Kenapa sih, kamu harus sabar dan teliti? Kan di IPS nggak ada pelajaran hitung-hitungan. Well, begini, gaes, memangnya, sih, kamu nggak punya pelajaran hitung-menghitung yang terlalu banyak. Tetapi, bukan berarti kamu nggak memiliki pelajaran yang mengharuskanmu hitung-menghitung, ya. Salah satu pelajaran yang mengharuskan kamu menghitung diantaranya seperti Geografi, Matematika dan Ekonomi. Nah, kamu harus sabar dan teliti dalam mengerjakan soal-soal di mata pelajaran ini, nih, gaes.

Selain itu, kamu pun harus sabar dan teliti dalam menghitung. Pasti, banyak dari kamu yang malas membaca suatu wacana yang panjang, kan? Nah, maka dari itu, gaes, kamu harus sabar ketika membaca suatu wacana hingga kamu mengerti. Selain itu, kamu juga harus teliti, ya, dalam membaca. Biasanya, karena buru-buru dan ignin cepat selesai, kamu akan sering melewatkan berbagai hal yang seharusnya kamu ketahui dalam wacana tersebut.

4. Talkative

talkative

Sebagai anak IPA, kamu wajib banget, nih, gaes, untuk talkative. Hmm... talkative itu apa, ya? Well, talkative adalah suatu sifat dimana kamu pembicara yang aktif. Supaya lebih jelas, saya berikan contoh, ya. Misalnya, nih, kamu adalah seorang siswa jurusan IPS. Nah, pada saat kegiatan belajar, kamu akan sering bertemu dengan pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh gurumu. Selain itu, diakusi pun sering terjadi.

Nah, maka dari itu, gaes. Kamu harus menggunakan kesempatan ini untuk mengasah sifat talkative-mu. Janganlah jadi pendengar, tetapi, jadilah orang yang berpartisipasi dalam diskusi atau menjawab suatu pertanyaan dari gurumu. Dengan begitu, kamu akan menjadi seseorang yang talkative, lho.

Talkative nggak hanya bermanfaat saat kamu duduk di bangku sekolah maupun di bangku kuliah saja, nih, gaes. Sifat talkative ini pun sangat bermanfaat ketika kamu sudah masuk dunia kerja. Dengan sifat talkative, saya yakin banget, nih, kalau kamu mampu menyampaikan pesan-pesan baik itu dari atasanmu ke teman-temanmu, dari suatu kursus, dari suatu laporan dan sebagainya. Siapa, sih, yang nggak senang kalau dirinya bisa berkomunikasi dengan baik? Yuk, deh, tanam sifat yang satu ini di dalam dirimu.

5. Suka membantu dan peduli bersama

Nah, sama seperti anak IPA, gaes, kamu sebagai anak IPS pun wajib banget punya sifat yaitu suka membantu dan peduli bersama. Percaya, deh, dalam satu kelasmu, pasti, ada saja teman-temanmu yang kesulitan dalam suatu pelajaran. Nah, yuk, coba untuk membantu temanmu dan peduli dengannya.

Kalau kamu sudah terbiasa dengan kebiasaan ini, saya yakin, deh, kebiasaan ini nggak akan menghilang begitu saja. Ketika kamu berkuliah, pasti, kamu akan senang membantu teman-temanmu yang lain. Begitu pun ketika kamu bekerja. Siapa coba, orang yang nggak suka dibantu? Dengan memiliki sifat dan kebiasaan yaitu suka membantu, saya yakin, kamu akan memiliki banyak teman.

***

Yap, kelima hal tersebut merupakan sifat-sifat yang wajib banget dimiliki oleh kamu yang merupakan siswa IPS. Nah, buat kamu yang ingin masuk IPS, kamu pun harus membiasakan dirimu dengan kelima sifat di atas, ya. Mau bagaimana pun, sifat di atas merupakan suatu hal yang dapat memudahkanmu dalam segi akademik di sekolah, lho.

Selain itu, kalau kamu terbiasa dengan sifat ini dan sifat ini terbawa hingga ke dunia kerja, saya rasa, sifat ini dapat membantumu untuk bekerja lebih baik di perusahaanmu. Siapa coba yang nggak senang ketika kamu bisa bekerja dengan baik. Dengan kebiasaan suka menolong, lingkungan pekerjaan pun menjadi suatu hal yang menyenangkan, lho. Maka dari itu, biasakan sifat-sifat ini sedari masa bangku sekolah, ya!

Baca juga:

(Sumber gambar: caficointernational.com, quora.com, drexel.edu)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 17 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 27 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1