8 Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan dalam Membuat Slide Powerpoint

Ketika saya masih bersekolah, saya mengenal powerpoint dari jaman saya masih duduk dibangku SMP kelas tiga. Pada saat itu saya disuruh oleh guru untuk membuat pengenalan diri di powerpoint. Guru saya pun, menegaskan agar setiap anak membuat powerpoint dengan animasi, gambar dan mempercantik powerpoint-nya masing-masing.

Saat saya masuk ke SMA dan kuliah, pada saat itu, lah, saya baru menggukan powerpoint sebagai bahan presentasi dari setiap pelajaran. Nah, kalau kamu bagaimana, nih, gaes? Pastinya kamu menggunakan powerpoint sebagai bahan belajarmu di sekolah lebih awal daripada jaman saya, dong? Hehe.

Powerpoint menjadi sarana pilihan untuk belajar karena para guru dan dosen nggak perlu menulis seluruh materi di papan tulis, dan tentunya, para guru dan dosen pun dapat menyimpan materi yang diajarkannya. Kamu sebagai murid atau mahasiswa dapat sewaktu-waktu meminta materi tersebut.

Sebagai murid dan mahasiswa, kamu pun dituntut untuk paham dan bisa dalam menggunakan powerpoint untuk kepentingan presentasi di kelas bahkan untuk presentasi sidang skripsi, lho. Namun sayangnya, nih, gaes, ternyata, masih banyak murid atau mahasiswa yang belum mengerti kekuatan dari poin-poin ini, gaes. Hmm... Maksudnya apa, ya? Yap, masih banyak dari murid dan mahasiswa yang melakukan kesalahan-kesalahan ketika membuat slide powerpoint.

Nah, lho, daripada membuat kesalahan lagi dan lagi, yuk, cari tahu kesalahan fatal apa saja, ya, yang sering dilakukan saat membuat slide powerpoint! Bagi kamu yang baru saja menjadi mahasiswa baru alias MABA, wajib banget ikutin artikel yang satu ini!

1. Satu slide berisi banyak tulisan

satu slide banyak tulisan

Pernah, kah, kamu mendengarkan suatu presentasi yang dimana slide powerpoint nya hanya berisi tulisan-tulisan mengenai informasi  yang dibicarakan tanpa ada animasi, desain slide bahkan gambar? Yap, pasti diantara kamu masih ada yang pernah menemukan hal seperti ini.

Lalu apa yang kamu rasakan ketika kamu melihat slide powerpoint yang seperti ini? Bosan? Bikin ngantuk? Bikin males belajar? Yap, memang, gaes, terlalu banyak informasi dalam satu slide justru malah bikin pendengar bosan bukan malah menangkap apa yang ingin kamu sampaikan.

Namanya saja sudah "powerpoint" yang kurang lebih memiliki arti "kekuatan dari poin-poin", maka dari itu, janganlah masukkan banyak informasi di dalam satu slide. Gunakan poin-poin singkat yang dapat menjelaskan apa yang ingin kamu sampaikan.

2. Nggak punya visual yang cukup

ada gambar dalam slide

Well, sudah banyak tulisan yang dimasukkan dalam satu slide, eh, nggak ada gambar pula. Sudah bosan, malah makin bosan, ya. Nah, maka dari itu gaes, selain merangkum tema yang kamu bawakan, kamu perlu memasukkan visual yang sesuai dengan tema yang kamu bawakan.

Visual, tuh, maksudnya apa, ya? Visual itu, maksudnya seperti gambar, tabel, diagram, grafik dan sebagainya yang mendukung tema yang kamu bawa. Kamu pun boleh, lho, memasukkan gambar-gambar untuk mempercantik slide powerpoint-mu, namun, jangan kebanyakan, ya!

3. Kebanyakan animasi dan suara

Hmm... Dulu, saya pernah datang ke suatu kelas dimana, slide powerpoint yang dibuat terlalu banyak animasi dan suara. Pada saat itu, setiap point diberikan animasi, setiap perpindahan slide diberikan animasi dan nggak ketinggalan, nih, ada suara-suara seperti tepuk tangan dan suara-suara lainnya yang sebenarnya nggak perlu, hehe.

Kalau kamu menemukan presentasi dengan hal-hal seperti di atas, apa yang kamu pikirkan? Terlalu ramai? Bikin salah fokus? Nah, maka dari itu, gaes, kurang-kurangi, ya, menggunakan animasi-animasi dan suara-suara nggak penting.

4. Font kekecilan

Karena informasi yang terlalu banyak dalam satu slide, akhirnya, kamu berusaha untuk memaksakan informasi tersebut dengan cara mengecilkan font dari informasi yang ingin kamu masukkan tersebut. Well, sebenarnya, nih, gaes, font yang terlalu kecil pun menjadi suatu masalah, lho, dalam pembuatan slide powerpoint.

Memangnya kenapa, kok, font kekecilan dapat menjadi suatu masalah? Karena, kalau font yang kamu gunakan kekecilan, yang ada nggak semua pendengar dapat melihat informasi yang ingin kamu sampaikan. Mereka hanya bisa mendengar apa yang kamu jelaskan. Terlebih, slide yang terlalu kecil pun dapat membuat para pendengar atau audience menjadi nggak tertarik dan nggak fokus dengan apa yang kamu sampaikan, lho. Daripada font yang kamu kecilkan, lebih baik kamu rangkum informasi yang ingin kamu sampaikan.

5. Terlalu banyak menggunakan font yang fancy

font

Selain font yang terlalu kecil, terlalu banyak menggunakan font juga menjadi suatu masalah dalam membuat slide powerpoint. Parahnya lagi, font yang kamu gunakan pun font yang bersifat fancy dan dekoratif. Bukannya menarik, yang ada para pendengar malah fokus sama font yang kamu gunakan, lagi.

Maka dari itu, gaes, daripada kamu menggunakan font yang beragam dan fancy, lebih baik, kamu menggunakan font yang sederhana. Kalau pun kamu ingin menggunakan lebih dari satu font, paling banyak, kamu bisa menggunakan tiga font saja.

6. Terlalu banyak memasukkan gif

Yes, ketika saya masih berkuliah, saya sering sekali memasukkan gambar gerak alias gif ke dalam presentasi saya. Alhasil, teman-teman saya hanya fokus kepada gambar gerak yang saya sisipkan. Nggak mau, kan, presentasinya dicuekin sama teman-teman satu kelas karena mereka lebih tertarik dengan gambar gerak yang kamu sisipkan? Maka dari itu, gaes, kalau tujuan utamamu memasukkan gif hanya untuk mempercantik slide, saya rasa, kamu nggak perlu banyak-banyak menyisipkan gif tersebut.

7. Memasukkan gambar yang nggak sesuai dengan tema

Nah, terkadang, godaan untuk memasukkan gambar-gambar lucu ke dalam presentasi memang terlalu besar sehingga kamu nggak bisa menolaknya. Tapi, perlu kamu ingat lagi, gaes, kalau gambar tersebut hanya bersifat dekoratif, jangan terlalu banyak memasukkan gambar tersebut, ya.

Apalagi kalau gambarnya nggak sesuai dengan tema yang akan kamu sampaikan, duh, big no no, deh, ya. Yang ada para audience malah memikirkan apa alasanmu memasukkan gambar tersebut lagi, hehe.

8. Kurang persiapan

Nah, kesalahan fatal lainnya ialah kamu terlalu menggampangkan slide powerpoint untuk presentasi sehingga kamu membuatnya dengan kurang persiapan. Ada baiknya, nih, gaes, kalau kamu melakukan persiapan sebelum membuat slide powerpoint. Kenapa begitu? Karena, mau bagaimana, pun, slide powerpoint ini penting, lho, untuk membuat orang lain paham dengan apa yang ingin kamu sampaikan.

***

Hayo... Ngaku... Siapa yang suka melakukan salah satu atau bahkan kedelapan hal di atas? Selain membuat presentasimu membosankan, kesalahan fatal di atas juga bisa membuat presentasimu malah terlihat "ramai" dan bisa saja para pendengar justru salah fokus ke slide presentasimu, bukannya ke tema yang sedang kamu bicarakan. Nggak mau, kan? Nah, maka dari itu, gaes, yuk, coba berlatih membuat slide powerpoint dengan meninggalkan delapan kesalahan di atas. Selamat mencoba!

Baca juga:

(sumber gambar: wordpress.com, elearningindustry.com, pawtoon.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 18 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 28 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1