Menu

Berbagai Perilaku Mahasiswa Ketika Mendengarkan Presentasi di Kelas

Mahasiswa mana sih yang nggak pernah ngerasain presentasi di depan kelas? Yap! Presentasi merupakan salah satu bagian yang nggak terpisahkan dari kehidupan belajar mengajar mahasiswa. Biasanya,

Asal kamu tahu aja, presentasi memang unya bobot yang lebih besar untuk menunjang nilai para mahasiswa di akhir semester nanti. Kenapa bisa gitu? Soalnya, presentasi dijadikan sebagai salah satu metode untuk melihat kemampuan dan memberi penilaian terhadap para siswa.

Bobot nilai yang dosen janjikan, nggak cuma disajikan buat mahasiswa yang presentasi aja, tapi juga buat teman-teman sekelas lainnya, lho. Jadi, kalau mahasiswa itu presentasinya bagus, maka nilainya bagus. Sedangkan, kalau ada mahasiswa yang aktif di kelas pada saat presentasi berlangsung, mereka juga akan dapat nilai dari dosen.

Nah, kali ini saya mau ngasih tahu beragam perilaku mahasiswa yang pasti pernah kamu temui kalau ada yang lagi presentasi di kelas. Penasaran apa sajakah itu? Yuk, simak berikut ini!

1. Mahasiwa yang fokus dan memperhatikan temannya

Sempat disinggung sebelumnya, tipe yang satu ini memang mahasiswa idaman banget (ciee). Selain dapat nilai, mahasiswa tipe ini akan disukai oleh dosen-dosen. Mahasiswa yang sedang presentasi pun pasti juga merasa senang karena merasa dihargai oleh tipe yang selalu fokus dan memperhatikan temannya ini.

Psstt… biasanya mahasiswa yang memiliki tipe ini akan memilih duduk di paling depan dan membawa buku biar lebih fokus.

2. Mahasiswa cuek

Kalau ada mahasiswa yang suka memperhatikan temannya, pastilah ada mahasiswa yang cuek bebek. Tipe mahasiswa yang ini kadang suka bikin kesal dosen dan mahasiswa lain yang sedang presentasi, lho.

Gimana nggak kesal coba? Ketika mahasiswa lain presentasi, boro-boro dia tanya, pegang makalah yang dibagikan aja nggak. Temannya mau presentasi kek, debat kek, dia pokoknya bodo amat karena prioritasnya adalah berangkat kuliah, tanda tangan absen, pulang. Duh, tipe orang yang nggak menghargai orang lain banget, ya!

3. Mahasiswa yang sukanya main gadget

Ini dia penyakit yang dimiliki oleh hampir anak muda di jaman ini. Yap, gadget! Mahasiswa dengan tipe ini lebih asyik untuk mainan gadget. Entah untuk sekedar balas chat atau buka sosial media.

Eitss, tapi gadget nggak melulu unfaedah, kok. Waktu saya kuliah dulu, seluruh mahasiswa pada pakai gadget semua saat ada teman yang presentasi. Kenapa? Soalnya, materi presentasi nggak dicetak dalam bentuk makalah, tapi disebarkan lewat e-mail. Otomatis, kita harus membukanya dari gadget masing-masing, dong. Ya, lumayanlah memanfaatkan era digital buat menghemat kertas. Hihihi.

4. Mahasiswa penulis

Anyway, mahasiswa penulis maksudnya disini adalah mencatat semua materi yang dipresentasikan oleh temannya dari awal sampai akhir gitu, gaes. Seperti yang kamu tahu, nggak semua presentasi bakal dapat materi presentasi dalam bentuk makalah atau file-nya, ‘kan?

Nah, tipe mahasiswa yang satu ini akan lebih paham dan nancep di otak kalau mereka mencatat materi-materi yang tengah disampaikan daripada cuma dengerin (karena biasanya suka lupa). Selain itu, mencatat materi presentasi itu ada kegunaannya, lho, gaes. Siapa yang tahu, salah satu dari materi presentasi akan muncul sebagai bahan ulangan. Atau kalau misalnya sewaktu-waktu dosenmu bertanya tentang materi yang sudah disampaikan, kamu bisa menjawabnya tanpa ragu, deh.

Well, kalau kamu termasuk yang mendengarkan sambil menulis seperti saya atau cuma memperhatikan saja, nih?

5. Mahasiswa yang nguap terus sepanjang presentasi

Hayoo, ngaku! Siapa yang suka seperti ini?

Baru sebentar saja presentasi berlangsung, tipe mahasisswa yang satu ini sudah menguap 10x, bahkan mereka nggak sungkan buat curi-curi waktu tidur saat presentasi lagi berlangsung.

Sebenarnya, banyak faktor dibalik mahasiswa yang sukanya nguap terus ini, gaes. Mungkin tidurnya terlalu larut atau bahkan begadang ngerjain deadline tugas dan yang lain. Bisa juga karena cara penyampaian materi yang disampaikan oleh temannya itu membosankan atau memang nggak suka dan paham sama materinya.

6. Mahasiswa yang cuma ingin mendapat nilai dari dosen

Nggak bisa dipungkiri, beberapa mahasiswa seringkali bertanya cuma karena mereka berharap mendapat poin, bukan karena mereka ingin mengerti tentang materi yang disampaikan. Kelakuan mahasiswa yang satu ini masih agak mending dibanding dengan mahasiswa yang cuek tadi, gaes. Seenggaknya mereka masih mau, lah, ya, baca-baca dikit makalah yang sudah dibagikan atau materi yang disampaikan.

Bahkan mereka masih ada keinginan buat berpartisipasi mengajukan pertanyaan. Walaupun pertanyaannya kadang nggak penting, nggak susah dan nggak nyambung. Yang terpenting buat mahasiswa dengan tipe-tipe seperti ini adalah nama mereka dicatet dosen lalu dapet nilai plus karena udah bertanya.

Sayangnya, setelah berhasil mengajukan pertanyaan, mahasiswa tipe ini udah nggak tertarik lagi dengan presentasi yang ada. Bahkan ketika pertanyaannya dijawab atau ada mahasiswa lain bertanya pun, mahasiswa dengan tipe ini udah nggak peduli (ckckck).

7. Mahasiswa yang rajin bertanya, tapi kok…

A: Ada yang mau ditanyakan?

B: Saya.

A: Ya, silahkan.

D:  "Apa jenis-jenis interaksi sosial? Trus, ada nggak, sih, contoh nyatanya dalam kehidupan sehari-hari? Kalau ada coba sebutkan? Manfatnya apa kalau kita bisa berinteraksi sosial?"

Rajin bertanya, sih. Tapi, kok… pertanyaannya jadi 'beranak' dan 'bercucu'? Nggak sekalian suruh bikin skripsi aja, biar puas? Hehehe.

8. Mahasiswa yang selevel dengan dosen

Selain mahasiswa yang pertanyaannya beranak dan bercucu—yang sangat nggak disukai di kelas karena punya pengaruh yang sangat besar terhadap kemaslahatan umat mahasiswa bersama. Ada lagi kelakuan mahasiswa yang kerap kali memberikan pertanyaan-pertanyaan diluar batas kemampuan temannya.

Mahasiswa ini nggak kenal kata menyerah. Ngajuin pertanyaan, dijawab sama yang lagi presentasi, nggak puas, tanya lagi, dijelasin lagi, nggak puas lagi, dijawab lagi, nggak puas lagi. Begitu seterusnya sampai mahasiswa yang presentasi malu, kesal, dan sebagainya. Kamu pernah ngalamin?

9. Mahasiswa penolong

Ini dia tipe mahasiswa yang jadi idola saat presentasi, terutama saat terjadi sesi tanya jawab seperti dua contoh di poin sebelumnya. Keberadaannya mungkin nggak begitu terdeteksi, tapi saat ada mahasiswa yang lagi presentasi hancur lebur karena dibantai saat tanya jawab, mereka layaknya malaikat yang turun dari surga buat bantu kamu jawab pertanyaan maut. Bersyukurlah kalau kamu punya temen yang seperti itu, ya!

10. Mahasiswa yang belum mau bertanya kalau belum ditegur terlebih dahulu

A: "Ya, sekian presentasi dari kami. Ada yang ingin kalian tanyakan?"

*hening*

Dosen: Hayoo, kamu si C kasih pertanyaan!

C: Lho, saya sudah tadi, pak. Si E, nih, yang belum pernah bertanya.

Dosen: Oke silahkan si E.

E: Hmm… anu… itu hmm… *berpikir lama* 

Pernah nggak, sih, kamu ngalamin kejadian seperti di atas?

Entah karena malu untuk mengacungkan tangan atau karena mereka nggak punya pertanyaan atau karena nggak paham sama sekali materinya. Tipe mahasiswa yang satu ini biasanya harus ditegur terlebih dahulu, barulah kemudian mereka mengajukan pertanyaan.

11. Mahasiswa bermuka dua

Maksud bermuka dua disini adalah tipe mahasiswa yang fokus dan memperhatikan presentasi kalau lagi ada guru. Giliran guru keluar sebentar, langsung, deh, pada heboh sendiri, ngobrol sana sini.

Bahkan, ada yang nyuruh temen yang lagi presentasi buat nyepetin materinya biar cepet selesai. Duh, jangan ditiru, ya, gaes!

12. Mahasiswa yang bekerjasama alias kong kalikong

Hah? Kong kalikong? Maksutnya gimana, tuh?

Jadi, tipe mahasiswa ini biasanya sudah kerjasama dengan mahasiswa yang akan presentasi. Kamu akan memberikan pertanyaan buat teman-teman kamu yang nantinya bakal ditanyain pas presentasi. Pertanyaan tersebut tentu sudah kamu siapin dulu jawabannya. Sehingga, saat temanmubertanya, kamu udah mantep jawab pertanyaan mereka.

Alhasil, yang bertanya bisa dapet nilai dan kelihatan pinter, yang presentasi juga dapet nilai! Win-win solution bukan?

Hayoo, ada yang pernah seperti ini nggak di kampus?

***

Jadi, perilaku mahasiswa mana, sih, yang paling sering kamu temui di kelas ketika sedang presentasi? Trus, kalau kamu sendiri termasuk mahasiswa yang mana nih, gaes? Saya cuma mau ingetin aja. Tipe-tipe yang positif harus kamu tiru, tapi kalau yang negatif jangan kamu tiru, ya. Hehehe.

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: lebow.drexel.edu, theconversation.com, theeyeopener.com)                                                             

LATEST COMMENT
Genius Revanza | 17 jam yang lalu

Wahhhh bagus ni kak artikel nya next sma sama smk kak hehe

5 Kemampuan yang Sama-Sama Dimiliki Anak IPA dan IPS
Khusnul Khotimah Hamzah | 5 hari yang lalu

Temen²ku juga kayak gitu. Malahan mereka udah janjian dari awal, nanti pas presentasi gak usah ada yang berpendapat macam². Padahal kan kita mau diskusi itu berjalan supaya semuanya paham :(

6 Sifat yang Harus Kamu Hindari Agar Kamu Dapat Meraih Kesuksesan
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©