Fakta Unik yang Harus Kamu Ketahui Tentang YouTube

Zaman sekarang, selain menggunakan mesin pencari Google, kita sering banget mencari sesuatu lewat YouTube. Soalnya, hal-hal yang sering kita cari seperti musik, tutorial, trailer film, video ngegemesin sampe ilmu pengetahuan dan inspirasi bisa langsung terpampang nyata begitu kita buka situs YouTube. Apalagi kalau internet kamu kenceng. Bisa-bisa streaming film sekalian!

Ini dia fakta unik seputar situs berbagi video ini:

* YouTube dibuat oleh Chad Hurley, Steve Chen dan Jawed Karim. Mereka bertiga adalah mantan karyawan PayPal, sebuah jasa pembayaran untuk bisnis online.

Youtube 1 - Youthmanual

* Ternyata, konsep awal YouTube adalah situs video kencan. Tapi seiring waktu, pencipta YouTube mendapatkan inspirasi untuk menjadikan YouTube sebagai situs berbagi video.

* Situs YouTube pernah digugat Perusahaan Universal Tube & Rollform Equipment yang bermarkas di Perrysburg, Ohio. Gugatan ke situs YouTube mereka lakukan karena mengalami kewalahan trafik yang disebabkan karena perusahan tersebut memiliki sebuah domain dengan nama u.tube.com yang memiliki kemiripan pengucapan dengan YouTube.

* "Me at the Zoo" menjadi video pertama yang diunggah ke YouTube. Video ini direkam oleh Yakov Lapitsky di kebun binatang San Diego. Di dalam video tersebut, Jawed Karim selaku co-founder berdiri di depan kumpulan gajah yang sedang memakan rumput.

* Video paling banyak ditonton dan paling disukai di YouTube adalah "Charlie Bite My Finger” yang berdurasi 56 detik. Video ini telah ditonton lebih dari 800 juta kali lebih hingga saat ini.

Youtube 2 - Youthmanual

Video Charlie di-upload 9 tahun lalu. Bocahnya udah pada gede, nih, sob! 

* 35 jam video di-upload setiap menit di YouTube. Ini kurang lebih setara dengan kamu nonton 150.000 film di bioskop.

* Perusahaan YouTube Dibeli oleh perusahaan Google pada tahun 2006 seharga Rp2,2 triliun. Google kemudian mengembangkan YouTube sampai jadi sebesar sekarang.

* 40% pengguna YouTube berasal dari Amerika Serikat. Sisanya, YouTube dibuka dari berbagai negara di dunia.

* Kalau kamu mau menonton semua video yang ada di YouTube, kamu butuh waktu selama 1.987 tahun!

* YouTube berhasil mencapai satu triliun hit pada tahun 2011.

* Berdasarkan data YouTube Indonesia, penonton YouTube tumbuh 130% dibanding tahun sebelumnya. Tahun ini, angka ini terus mengalami peningkatan.

* “Gold Play Button Award” adalah penghargaan yang diberikan oleh YouTube kepada pemilik sejuta subscribers. Di Indonesia, penghargaan ini pernah diberikan kepada aktor dan penulis Raditya Dika.

Youtube 3 - Youthmanual

* “Silver Play Button Award” adalah penghargaan yang diberikan oleh YouTube kepada pemilik 100.000 subscribers. Penghargaan ini pernah diberikan kepada 106 kreator akun YouTube. Jumlah ini meningkat 40 kreator dibandingkan tahun lalu.

* Para YouTubers berasal dari berbagai kalangan. Bisa dari orang biasa, artis, politisi hingga anak presiden, Kaesang Pangarep.

* Presiden Jokowi sendiri memiliki akun YouTube resmi yang diluncurkan pada Mei 2016.

* YouTube Indonesia pernah mengadakan event “YouTube Creator Day” di enam kota yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Semarang dan Denpasar.

***

Baca juga:

*diolah dari berbagai sumber

(sumber gambar: pcmag.com, 5viral.com, today.com, twitter.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Crypton | 16 hari yang lalu

Setelah 2018 ingin masuk oseanografi di postingan ini dan sekarang sudah semester 9, sangat bersyukur bisa ada di oseanografi.. Next S2 Ocean Instrumentation!!

Serba-Serbi Jurusan Oseanografi—Untuk Kamu yang Ingin “Kenalan” Lebih Jauh dengan Laut dan Seisinya
Olinnn | 19 hari yang lalu

Open pp/endorse cek ig : pragunawati_

Serba-Serbi dan Cara Seputar Meng-Endorse dan di-Endorse di Media Sosial
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1