Menu

Channel YouTube Milik Anak Bangsa yang Wajib Kamu Tonton

Di era internet seperti sekarang ini, video-video di YouTube sangat mudah akses. Nah, supaya kamu jadi penonton YouTube yang cerdas, channel-channel milik anak bangsa ini memiliki konten edukatif yang mendidik—buat masyarakat Indonesiayang menontonnya.

Nggak cuma itu, channel-channel ini juga bermanfaat buat kamu yang gila akan ilmu pengetahuan, lho, gaes. Mulai dari belajar politik, mengasah kemampuan bermusik atau bahkan ingin tahu hal-hal yang belum terjawab.

Langsung aja, ini dia 9 channel YouTube milik anak bangsa yang bikin wawasan dan skill-mu bertambah.

1. Kok Bisa

Channel YouTube Kok Bisa mungkin udah nggak asing lagi buat kamu yang suka penasaran dengan banyak hal di dunia ini yang terkadang belum terjawab. Dalam setiap videonya, channel ini selalu menampilkan ilustrasi dengan desain dan karakter yang unik. Ilmu yang dibahas nggak terlalu kompleks, gaes—melainkan pertanyaan-pertanyaan dasar yang jarang ditanyakan.

Memiliki lebih dari satu juta subscriber, channel ini selalu menciptakan konten untuk menjawab keresahan anak-anak sekolah maupun anak perkuliahan dan menambah pengetahuan—terutama berkaitan dengan isu yang hangat diperbincangkan. eperti masa depan mata uang ataupun banyaknya pusat perbelanjaan yang tutup.

2. Hujan Tanda Tanya

Hujan Tanda Tanya merupakan channel YouTube Indonesia yang membahas berbagai ilmu dengan cara penjelasan yang ringan dan santai. Kecintaan pada sains dan teknologi menginspirasi sekelompok anak muda diaspora untuk membuat channel ini. Di setiap videonya, mereka menjawab pertanyaan viewers yang penasaran dengan dunia ilmu pengetahuan.

Bahasan yang pernah diangkat pun beraneka macam seperti mengapa manusia berbohong sampai apakah robot akan menggantikan tugas manusia di masa depan. Total subscriber Hujan Tanda Tanya berjumlah 152.000.

3. Mau Tau Banget
 

Gaes, tahukah kamu bahwa ada banyak fakta di balik kehidupan yang sedang kita jalani ini? Nah, kamu termasuk orang yang nggak mau tahu atau malah kepo, nih?

Kalo kamu tipe yang pengen tahu lebih banyak apa fakta yang terjadi di balik sebuah hal, kamu wajib untuk menonton video-video dari channel Mau Tau Banget. Penjelasan seputar bagaimana menghadapi kegagalan, tantangan generasi muda atau bahkan membaca sidik jari juga bisa kamu temukan di channel yang memiliki 22.000 subscriber ini, lho.

4. Zenius Education

Zenius Education merupakan salah satu channel YouTube Indonesia yang juga sangat terkenal di kalangan anak-anak Indonesia. Channel ini ditujukan untuk mereka yang gila akan ilmu.

Nggak cuma mempelajari satu ilmu aja, Zenius Education pun membahas berbagai ilmu dan menjelaskan ke para penontonnya sampai mereka benar-benar paham. Sampai sekarang, total subscriber Zenius Education berjumlah 83.104 subscriber.

5. VokalPlus

Kamu suka bernyanyi tapi nggak pede sama kualitas vokal? Atau masih bingung cara menaklukan satu lagu favoritmu?

Semua kegelisahanmu itu bisa terselesaikan dengan menonton video-video dari channel VokalPlus. Di channel yang memiliki subscriber 372.000 ini kamu bisa menemukan berbagai macam tips untuk melatih vokalmu agar lebih baik, lho, gaes. Seperti cara meningkatkan power vokal, mengukur range vokal hingga tips agar suara prima meski sedang puasa. 

Penutur yang ada dalam video juga bukan orang sembarangan lho. Kamu bakal mendapat materi-materi latihan vokal dari Indra Aziz—yang notabene pelatih penyanyi ternama sekelas Afgan dan Raisa. Keren banget, ‘kan?

6. Nara-Z

Siapa sih yang nggak tahu Najwa Shihab? Perempuan yang punya segudang ide kreatif dan kerap muncul di salah satu stasiun televisi swasta itu, kini juga merambah dunia maya, lho. Nana, begitu sapaan akrabnya memiliki website dan channel YouTube yang bernama Narasi TV. Nggak cuma itu, ada juga channel YouTube miliknya yang dinamai Nara-Z. 

Sesuai namanya, konten-konten dari channel tersebut erat hubungannya dengan generasi Z atau generasi millennial, gaes. Mulai dari review buku, film dan bahasan seputar politik yang dikemas dengan gaya yang santai serta kekinian.

Oya, meski terbilang baru channel YouTube Narasi TV berjumlah 1,2 juta subscriber. Sementara channel Nara-Z berjumlah 32.000 subscriber, lho, gaes.

7. Remotivi

Selain website, Remotivi juga merambah di channel YouTube. Bagi yang belum mengenal, lembaga ini merupakan pusat kajian komunikasi dan juga media yang sifatnya independen. Konten-konten yang dibuat, nggak jauh-jauh dari soal penilaian terhadap kinerja media beserta konten yang termuat dalam praktik bisnis media. 

Analisa dalam konten mereka pun menggunakan bahasa yang mudah dimengerti serta dilengkapi data dan juga ilustrasi. Jadi, nggak sekedar mengkritik aja, lho.

Saat ini, Remotivi telah memiliki 116.636 subscriber dan selalu mengangkat tema-tema terkini yang berkenaan dengan perkembangan terkini media di Indonesia. 

8. Asumsi

Apakah kamu orang yang tertarik dengan bahasan soal politik atau isu terkini yang ada di sekitar? Kalau iya, kamu perlu untuk menyaksikan video-video dari channel YouTube Asumsi, nih.

Institusi yang diprakarsai oleh Pangeran Siahaan dan Imam Sjafei ini nggak cuma mengulas soal politik aja, gaes. Beberapa kontennya juga ada yang berkaitan dengan pop culture, tema seputar hoax, di balik layar dunia sepakbola hingga elektabilitas pasangan calon presiden dan wakilnya. Saat ini, Asumsi memiliki 99.000 subscriber.

9. Youthmanual

Channel YouTube yang terakhir ini kudu, wajib dan harus banget buat kalian kunjungi, deh. Hihihi

Yups, Youtmanual baru membuat channel YouTubenya pada 24 November 2017. Jadi, emang masih baru banget. Nah, buat kamu yang mungkin bosen baca artikel di laman web kita. Bisa, lho, main-main kesana. Karena tentunya video yang tersedia di sana juga merekomendasikan konten menarik mulai dari perencanaan kuliah hingga karier.

Walaupun masih baru 1 tahun beroperasi, jumlah subscriber Youthmanual adalah 3.357. Jadi, kalo kalian buka Youtube, jangan lupa buka channel Youthmanual. Juga jangan lupa subscribe, gaes!

***

channel milik anak bangsa di atas layak kamu nikmati. Selain mengisi waktu luang, channel-channel tersebut juga bikin cakrawalamu terbuka lebar, lho, gaes.

Eitts, tapi jangan sampai lupa waktu cuma gara-gara nonton mereka di YouTube, ya!

 

Baca juga: 

 

(Sumber gambar: marketingland.com)

 

 

LATEST COMMENT
noer yahya | 1 hari yang lalu

Kalo statistik di psikologi itu langsung terapan ya kak. Biasanya langsung yang buat nguji alat tes dan hasil penelitian. Kalo ditanya gampang jawabannya ya SUSAH. Tapi nanti ada alat bantunya kok

Q & A Bedah Jurusan Kuliah Psikologi
Fatimah Ibtisam | 1 hari yang lalu

Ada isu yang beredar. Tapi sejauh ini tidak ada pemberitahuan bahwa tidak boleh lintas jurusan di SBMPTN. Sedangkan pada SNMPTN, tiap kampus memiliki aturan tersendiri mengenai boleh atau tidaknya lintas jurusan. Namun pihak penyelenggara tidak menyarankan hal tersebut (lintas jurusan di SNMPTN).

10 Perubahan Penting SNMPTN dan SBMPTN 2019
fauzyiahputri | 3 hari yang lalu

Kak mau tanya. Apakah benar tahun 2020 tidak boleh pindah jurusan?

10 Perubahan Penting SNMPTN dan SBMPTN 2019
Tisam Ali | 4 hari yang lalu

Setahu kami, mata pelajaran yang umum.

Serba-Serbi SNMPTN 2019 yang Penting Kamu Ketahui
Tisam Ali | 4 hari yang lalu

Pendaftaran SNMPTN gratis. Namun setelah masuk kamu perlu membayar biaya kuliah sesuai kebijakan kampus. Untuk keringanan/beasiswa, bisa mengikuti program Bidikmisi.

Serba-Serbi SNMPTN 2019 yang Penting Kamu Ketahui
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©