Lihat Seperti Apa Kepribadian Kamu Berdasarkan Tes Kubus dari Jepang

“Tes Kubus” adalah sebuah tes psikologi yang disusun oleh seorang psikolog dari Jepang pada tahun 2000. Tes Kubus pertama kali dipublikasikan dalam sebuah buku berjudul “Kokology” oleh seorang pengarang asal Jepang bernama Tadahiko Nagao.

Buku Kokology berisi berbagai macam permainan psikologis yang dirancang buat mereka yang ingin lebih mengenal dirinya sendiri. Nah, Tes Kubus adalah salah satu permainan yang paling populer di buku tersebut.

Apa, sih, yang bikin tes ini spesial?

Nggak seperti kebanyakan tes kepribadian lainnya, Tes Kubus memaksa kita masuk ke alam bawah sadar, dan memilih hal-hal yang nggak biasa. Semakin dalam yang kita lihat dan pilih, semakin realistis hasilnya.

Coba, yuk!

Saya bakal kasih beberapa instruksi buat kamu. Coba bayangkan instruksi-instruksi ini di kepala kamu, ya.

***

Pertama, bayangkan kamu sedang berada di sebuah gurun pasir. Gurun pasirnya luaaas banget. Di tengah gurun pasir tersebut, bayangkan ada sebuah kubus.

Bayangkan, seberapa besar kubus tersebut? Di mana letak kubusnya? Apakah kubusnya terletak di atas pasir, atau tertutup pasir? Apakah kubusnya melayang-layang? Apakah kubusnya bergerak? Terbuat dari apakah kubus tersebut?

Sementara kamu sedang membayangkan kubus, mulai bayangkan sebuah tangga di gurun pasir tersebut.

Bayangkan, terbuat dari apa tangga tersebut? Seberapa panjang? Apakah tangga tersebut terlihat lapuk atau modern? Apakah tangga tersebut ada di dekat kubus, atau jauh dari kubus?

Sekarang bayangkan ada seekor kuda di gurun pasir tersebut.

Kuda tersebut diam atau bergerak? Kalau bergerak, bergerak ke arah mana? Seperti apa penampakan kuda tersebut?

Terakhir, bayangkan sebuah awan yang membawa badai!

Bisakah kamu membayangkan badai tersebut? Apakah anginnya kencang? Apakah badai tersebut dekat atau jauh? Apakah badai tersebut mempengaruhi kubus, tangga, dan kuda yang sebelumnya kamu bayangkan?

***

Sekarang, yuk, kita lihat hasilnya.

Kubus menunjukkan ego kamu.

Tes Kepribadian Kubus 1 - Youthmanual

Kalau kubus yang kamu bayangkan besar, maka kamu adalah orang yang cukup percaya diri. Kalau kecil, maka kamu adalah orang yang pemalu dan rendah hati.

Kalau kubusnya menjejak pasir, artinya kamu adalah orang yang terorganisir dan memikirkan masa depan. Kalau kubusnya tertutup pasir, kamu berpikir layaknya seorang pengusaha yang selau berhati-hati. Kalau kubusnya melayang-layang, itu artinya kamu orang yang sering berpikir out of the box dan punya kebiasaan yang berubah-ubah.

Tangga menunjukkan teman-teman kamu.

Tes Kepribadian Kubus 2 - Youthmanual.jpg

Kalau kamu membayangkan tangga tersebut menempel dengan kubus, itu artinya kamu sangat dekat dengan teman-teman kamu. Kamu mengandalkan kehadiran dan dukungan mereka. Kalau tangga tersebut terpisah dari kubus, itu artinya kamu lebih suka mandiri dan memilih melakukan hal-hal yang kamu sukai sendirian.

Kalau tangga tersebut berada di bawah kubus, teman-teman kamu menganggap bahwa kamu adalah tipe yang selalu memimpin. Kalau tangga tersebut berada di samping kubus, kamu dan teman-teman kamu ada di level yang sama. Kalau tangga tersebut berada di atas kubus, itu artinya kamu melihat teman-teman kamu sebagai panutan.

Kalau tangga tersebut pendek, artinya kamu lebih suka menjaga pertemanan yang kecil. Kalau tangga tersebut panjang, kamu adalah seorang ekstrovert dengan banyak teman.

Kuda menunjukkan pasangan ideal kamu.

Tes Kepribadian Kubus 3 - Youthmanual

Kalau kamu membayangkan kuda tersebut kuat, artinya pasangan ideal kamu adalah seseorang yang senang bekerja keras dan bisa diandalkan. Kalau kamu membayangkan kuda yang lembut, itu artinya pasangan ideal kamu seseorang yang suka memperhatikan penampilan dan senang bermanja-manja sama kamu.

Kalau kamu membayangkan kuda tersebut jauh dari kubus atau berlari menjauhi kubus, artinya kamu belum memikirkan atau belum mendapatkan pasangan yang ideal.

Badai menunjukkan kekhawatiran kamu.

Tes Kepribadian Kubus 4 - Youthmanual

Apakah badai yang kamu bayangkan berada jauh dari kamu? Kalau ya, artinya, kamu hidup dengan sedikit kekhawatiran. Kamu orang yang santai dan nggak terlalu memikirkan masalah.

Kalau kamu membayangkan badai tersebut dekat, artinya kamu orang yang nggak takut menghadapi konflik. Kamu suka tantangan dan siap atas segala kemungkinan. Kalau kamu mebayangkan badai tersebut ada tepat di atas kubus, berarti kamu lagi memikirkan atau terlibat sebuah masalah sekarang ini.

Hayo ngaku! Hehehe…

Gimana? Sesuai nggak, hasilnya?

Baca juga:

*diolah dari IdeaSpots

(sumber gambar: metaspoon.com, bankexamsnepal.com, iamsignificant.ca, all-free-download.com, strangesounds.org)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 1 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1