Menu

10 Artikel Youthmanual Terpopuler Sepanjang Juni 2017

Tiap bulannya, Youthmanual memilihkan artikel terpopuler yang jadi favorit pembaca. Inilah 10 artikel youthmanual yang hits, seru, dan berfaedah sepanjang Juni 2017.

Klik link pada judul untuk membaca artikel lengkapnya, ya gaes!

1. Sistem Zonasi Penerimaan Siswa Baru 2017/2018, Mendikbud: “Semua Sekolah Harus Jadi Favorit!”

Satu lagi update terbaru dari dunia pendidikan, yaitu tentang sistem penerimaan peserta didik baru tahun ajaran 2017/2018. Kalau dulu orang-orang dari berbagai daerah tempat tinggal, termasuk pinggiran kota (bahkan domisili luar kota) bisa mendaftar sekolah di SMA favorit yang (misalnya) berada di tengah kota, kini tidak lagi.

Penerimaan sekolah dibuat dengan sistem zonasi, alias sekolah hanya menerima siswa dengan domisili yang sesuai dengan zona sekolah. Misalnya, sekolah A zonanya adalah wilayah Mawar – Melati. Maka, yang bisa mendaftar adalah calon siswa yang tempat tinggalnya berdasarkan kartu keluarga termasuk wilayah Mawar atau Melati.

Salah satu alasan pemerintah memberlakukan sistem zonasi ini adalah agar nggak hanya segelintir sekolah yang jadi favorit dan diincar calon siswa. Sehingga yang nilainya tinggi ngumpul di sekolah tertentu. Mendikbud Muhadjir Effendy pengen semua sekolah jadi favorit.  

2. Tips Ujian Jalur Mandiri PTN 2017

Sistem seleksi mandiri masuk perguruan tinggi negeri tentu berbeda dengan SNMPTN dan SBMPTN. Maka perlu trik dan langkah tersendiri untuk menghadapinya. Bagi kamu yang bercita-cita masuk PTN, terutama yang bakalan menghadapi ujian mandiri, perlu membaca artikel ini.

3. Ingin Lulus Kuliah Lebih Cepat? Lakukan 12 Langkah Ini!

Normalnya, kuliah S1 ditempuh dalam waktu 4 tahun dan D3 3 tahun. Tapi kamu bisa mengambil jalur “ekspres” sehingga kuliahnya bisa kelar lebih cepat. Nah, kalau memang niat pengen selesai kuliah lebih awal, misalnya S1 hanya 3 atau 3.5 tahun, kamu perlu menerapkan 12 langkah ini sejak awal perkuliahan. Cek artikel lengkapnya.

4. 10 Perguruan Tinggi dengan Nilai Saintek dan Soshum Tertinggi

Tanggal 13 Juni lalu hasil SBMPTN 2017 telah diumumkan. Nah, sehari sebelum pengumuman, panitia dan Menristekdikti mengadakan konferensi pers. Di situ diumumkan berbagai hal terkait penyelenggaraan SBMPTN, termasuk perguruan tinggi yang paling banyak menerima mahasiswa baru, PTN dengan rata-rata nilai peserta diterima tertinggi, dan lainnya. Psst, 3 besar perguruan tinggi dengan nilai Saintek dan Soshum tertinggi masih dipegang oleh UI, ITB, dan UGM. Cek juga kampus lain yang memperoleh nilai tertinggi.

5. QS World University Rankings 2017/2018: Peringkat Universitas Terbaik di Dunia, Cek Posisi Perguruan Tinggi Indonesia

Inilah perguruan tinggi terbaik dunia di bidang Teknik dan Teknologi versi QS World University Rankings 2017.

  1. Massacusetts Institute of Technology, AS
  2. Standford University. AS
  3. University of Cambridge, AS
  4. Nanyang Technological University, Singapura
  5. ETH Zurich Federal Institute of Technology, Swiss
  6. Imperial College London, Inggris
  7. National University of Singapore, Singapura
  8. University of California, Berkeley, AS
  9. University of Oxford, Inggris
  10. Tshingua University, China

Sementara posisi perguruan tinggi Indonesia di rangking dunia adalah:

Cek juga rangking perguruan tinggi di bidang MIPA, kesehatan, seni, dan peringkat universitas secara umum tahun 2018.

6. Daftar Perguruan Tinggi Berakreditasi A BAN-PT Tahun 2017

BAN-PT alias Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi adalah lembaga resmi yang memberikan akreditasi ke kampus-kampus. Buat kamu yang masih SMA, perlu banget nih, update soal akreditasi perguruan tinggi. Btw, akreditasi adalah penilaian terhadap suatu kampus dengan berbagai indikator. Akreditasi A merupakan yang terbaik. Tentunya, ada pula akreditasi B dan C, yang berarti nilainya di bawah A.

7. Kampus Terbaik Jurusan Sastra Inggris dan Serba Serbi Program Studi Ini

Tertarik mengambil jurusan Sastra Inggris? Cek deh, deretan kampus yang memiliki program studi Inggris berakreditasi A dan B. Simak pula penjelasan mengenai jurusan sastra paling populer ini. Yang jelas, beda banget antara kuliah Sastra Inggris dengan kursus Bahasa Inggris.

8. Perguruan Tinggi dengan Jurusan Psikologi Terbaik di Indonesia

Di mana saja sih, kampus dengan jurusan psikologi terbaik di Indonesia? Ternyata ada di berbagai daerah dan mencakup PTN dan PTS. Cek kampusnya plus simak keterangan dari teman-teman yang kuliah di sana.

9. Bedah 10 Jurusan Paling Diminati di SBMPTN 2017

Dari SBMPTN 2017 lalu diperoleh data program studi yang paling banyak dipilih. Kebetulan jumlahnya seimbang, yaitu 5 prodi Soshum dan 5 produk Saintek. Yuk, kenalan lebih jauh dengan jurusan “favorit” tersebut, termasuk  apa saja peminatan/konsentrasi di masing-masing jurusan serta rekomendasi karier yang sesuai.

10. 7 Jurusan Ini Memang Sepi Peminat Tapi Prospeknya di Masa Depan “Wow” Banget!

Berkebalikan dengan jurusan favorit, tujuh jurusan berikut ini tergolong nggak banyak diminati. Walaupun belum populer, tapi ternyata prospeknya cerah banget lho. Lebih cerah daripada wajah selebgram favorit kamu. Eaaak! Tapi beneran deh, kamu wajib mempertimbangkan jurusan-jurusan keren ini!

LATEST COMMENT
Khusnul Khotimah Hamzah | 1 hari yang lalu

Temen²ku juga kayak gitu. Malahan mereka udah janjian dari awal, nanti pas presentasi gak usah ada yang berpendapat macam². Padahal kan kita mau diskusi itu berjalan supaya semuanya paham :(

6 Sifat yang Harus Kamu Hindari Agar Kamu Dapat Meraih Kesuksesan
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©