Menu

Inilah Makanan Khas Hari Raya Idul Fitri Dari Berbagai Belahan Dunia!

Selamat hari raya Idul Fitri, gaes! Makanan khas lebaran apa yang pertama kali kamu embat sepulang salat Id hari ini? Hihihi.

Nggak cuma di negara kita, umat muslim yang berada negara-negara lain di berbagai belahan dunia juga merayakan hari kemenangan ini dengan caranya sendiri-sendiri. Meskipun berbeda tradisi dan adat-istiadat, ada satu hal yang menjadi benang merah perayaan Idul Fitri di seluruh dunia—yaitu makanan!

Kalau di Indonesia kita semua udah familiar dengan makanan khas Lebaran seperti ketupat, opor ayam, dan nastar untuk “melepas dendam” selama bulan Ramadan, makanan khas Lebaran di berbagai belahan dunia seperti di bawah ini juga nggak kalah menggiurkan, lho, sob!

1. Di negara tetangga, Malaysia, penduduk muslim juga merayakan Lebaran dengan yang manis-manis. Bedanya, kalau kita punya nastar, kastaengel, dan kawan-kawan, Malaysia punya beragam penganan kue basah yang disebut dengan nama kuih oleh para warga lokal. Udah ada yang pernah coba, belum?

1

 

2. India punya satu makanan yang khas dinikmati untuk merayakan Idul Fitri. Penduduk muslim di negara yang dikenal dengan rempahnya ini membuat sevaiyan ki kheer, semacam makanan penutup yang dibuat dari vermicelli (bihun) dengan susu, gula, dan taburan kacang di hari Lebaran untuk dinikmati bersama. Yum!

2

 

3. Seperti perayaan-perayaan hari besar lainnya, Cina punya makanan yang nggak kalah simbolis untuk merayakan Idul Fitri. Adalah you xiang, makanan ringan yang terbuat dari tepung, minyak, dan sejumput garam yang digoreng hingga kuning kecoklatan. Meskipun sederhana, rasanya sangat disukai oleh penikmat dari berbagai usia.

3

 

4. Kuliner Rusia emang bukanlah sesuatu yang identik dengan, ehem, citarasa yang kece. Tapi, kuliner lebaran khasnya yang bernama manti mungkin menjadi salah satu yang wajib kamu coba jika berkunjung ke sana. Makanan sejenis dumpling berisi daging sapi atau domba ini biasa dinikmati di momen Idul Fitri oleh 16 juta jiwa penduduk muslim di Rusia.

4

 

5. Meskipun tengah berada dalam konflik, bukan berarti Suriah nggak bisa merayakan hari kemenangan. Ibu-ibu dan anak-anak akan berbondong-bondong membuat kukis berisikan kurma, almond, atau pistachio yang dinamai maamoul di hari Lebaran. Teksturnya yang gampang lumer di mulut bikin nagih!

5

 

6. Negara Yaman punya tradisi untuk menimkati santapan Lebaran di rumah asal para kepala keluarga setelah menunaikan ibadah salat Id. Menu khas andalannya adalah sepiring bint al sahn, yaitu pastry dengan olesan madu dan taburan biji jintan hitam. Karena khas buatan rumahan, menu ini katanya jarang bisa kamu temukan di restoran ternama di Yaman sekalipun, lho!

6

 

7. Inggris punya banyaaak banget warga pendatang yang beragama Islam. Di hari raya ini, mereka biasa bersilaturahmi dengan para umat muslim lainnya untuk menigkatkan rasa kebersamaan sebagai kaum minoritas yang menetap di sana sambil menyantap nasi biryani yang kental dengan budaya bawaan dari umat muslim timur tengah.

7

 

8. Negara Maroko memiliki menu sahur dan buka puasa yang “merangkap” menu khas hari Lebaran, yakni laasida dan tagine. Kalau laasida adalah penganan manis semacam pudding beras, tagine adalah makanan berat yang gurih berupa olahan ayam yang dimasak dalam wadah keramik. Lengkap banget, deh, tuh!

8

 

9. Ada pepatah di Afganistan yang berbunyi: “Idul Fitri adalah perayaan untuk anak-anak”—which is true, karena di sana selalu digelar berbagai festival untuk menghibur anak-anak. Santapan khasnya adalah bolani, panekuk tipis dengan isian berbagai sayuran seperti bayam, labu, serta kentang.

9

 

10. Buat yang belum tahu, Sudan adalah salah satu negara di benua Afrika dengan penduduk muslim terbanyak. Untuk merayakannya, para keluarga berkumpul untuk memberi ucapan selamat hari Lebaran kepada satu sama lain dan menyantap aseeda, puding gandum dengan siraman saus tomat atau madu—tergantung yang suka manis atau gurih.

10

 

11. Di Mesir, tradisi mengakhiri bulan Ramadan adalah meminum segelas susu dan sebiji kurma di pagi hari sebelum salat Id. Sepulang salat Id, jalanan akan dipenuhi oleh anak-anak yang bermain dan saling bercengkrama sambil menikmati kahk, semacam kukis super lembut yang diisi dengan olahan madu. Sounds fun!

11

***

Eniwei, makanan khas Lebaran favorit kamu apa, nih?

(sumber gambar: cnn.com, foodtasia.com, pinterest.com, tumblr.com, blackswanjourneys.com, blogspot.com, cdn.com, amazonaws.com, titlisbusykitchen.com, egyptianstreets.com)

LATEST COMMENT
Khusnul Khotimah Hamzah | 3 hari yang lalu

Temen²ku juga kayak gitu. Malahan mereka udah janjian dari awal, nanti pas presentasi gak usah ada yang berpendapat macam². Padahal kan kita mau diskusi itu berjalan supaya semuanya paham :(

6 Sifat yang Harus Kamu Hindari Agar Kamu Dapat Meraih Kesuksesan
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©