Menu

Youthmanual Weekly: Mood, Kepribadian, dan Persiapan Masa Depan

Setiap minggu, Youthmanual memilih, mengumpulkan, dan merangkum artikel seru dan berfaedah supaya kamu nggak ketinggalan informasi. Minggu ini kami mengangkat tentang gangguan kepribadian, aktivitas yang bisa jadi mood booster kamu, rundown SBMPTN 2017, serta informasi mendasar seputar beasiswa. Yup, semua info ini penting buat pengembangan diri serta merancang masa depan.

Untuk membaca artikel lengkapnya, kamu tinggal klik judul.

10 Jenis Gangguan Kepribadian yang Mungkin Kamu Nggak Tahu

Bisa dibilang, gangguan kepribadian adalah masalah kejiwaan versi kecil. Problem yang terjadi biasanya disebabkan adanya gangguan dalam mengelola emosi, mengontrol perilaku, serta cara berhubungan dengan lingkungan.

Orang yang nggak bisa mengerjakan apapun bila sendirian, selalu butuh dan minta ditemani, serta nggak bisa kesepian (salah satunya nggak bisa berstatus single) memiliki ciri gangguan kepribadian yang disebut dependent personality disorder. Dia nggak mandiri, punya kepercayaan diri yang rendah, dan terlalu mengandalkan orang lain. Orang yang mengalami gangguan kepribadian seperti ini nggak bisa membedakan antara urusan pribadi, di mana ia harus memegang kontrol, dengan urusan bersama.

Di samping itu, Youthmanual juga membahas 9 jenis gangguan kepribadian lainnya beserta ciri-cirinya.

Inilah Tata Tertib, Dokumen Penting, Serta Jadwal Hari-H SBMPTN 2017

Tanggal 16 Mei mendatang, adalah hari bersejarah bagi pejuang SBMPTN 2017. Kamu perlu memberi perhatian ekstra pada kelengkapan yang mesti disiapkan serta ketentuan yang wajib diikuti, supaya seleksi berjalan lancar jaya.

Salah satu info yang sangat penting dan nggak boleh missed adalah jadwal ujian SBMPTN pada hari-H. Catat, ya!

Tes Kelompok Sains Teknologi:

  • 07.00 – 07.30. Peserta masuk ruang ujian, mengisi biodata, dan pemeriksaan identitas
  • 07.30 – 09.15. Tes Kemampuan Dasar Saintek
  • 09.15 - 09.45. Istirahat
  • 10.45 - 10.00. Masuk ruang ujian, mengisi biodata
  • 10.00 – 11.45.Tes Kemampuan dan Potensi Akademik

Tes Kelompok Sosial Humaniora:

  • 10.45 -  10.00. Masuk ruang ujian, mengisi biodata, dan pemeriksaan identitas
  • 10.00-11.45. Tes Kemampuan dan Potensi Akademik
  • 11.45-13.00. Istirahat
  • 13.00-14.30. Tes Kemampuan Dasar Soshum

FYI, jadwal tersebut berdasarkan  WIB, jadi WITA dan WIT mesti disesuaikan. Trus, Untuk kamu yang ikutan ujian campuran akan ikutan semua tes di atas.

Jenis-Jenis Beasiswa yang Perlu Kamu Ketahui

beasiswa

Langkah pertama untuk hunting beasiswa adalah mengetahui informasi dasarnya. Antara lain soal cakupan beasiswa yang terbagi dua, yaitu beasiswa full yang memenuhi pembiayaan kuliah beserta biaya hidup si mahasiswa, dan beasiswa parsial yang hanya membiayai sebagian kebutuhan.

Sumber dan bentuk beasiswa pun beragam. Pihak swasta, pemerintah, kampus, perusahaan, alumni, NGO, dan lainnya termasuk dalam sumber pendanaan beasiswa. Jadi, kalau kamu berburu beasiswa jangan hanya terpaku ke satu sumber saja. Dan pastinya, tiap sumber memiliki aturan dan syarat berbeda.

Trus, sesuaikan juga kebutuhan dan kondisi diri kita dengan bentuk beasiswanya. Dalam artikel tersebut dijelaskan tentang berbagai  bentuk beasiswa, seperti beasiswa penghargaan, beasiswa bantuan, beasiswa non akademik, beasiswa ikatan dinas, serta beasiswa penelitian.

Dengan mengetahui berbagai info di atas, mudah-mudahan jalan kamu buat meraih beasiswa semakin lancar, ya!

5 Cara Efektif Membangkitkan Mood Ketika Bosan dan Stres Belajar

Salah satu kendala terbesar saat butuh fokus belajar dan mengerjakan tugas adalah diri kita sendiri. Nggak bisa dihindari, kadang mood kita suka nge-drop lantaran bosan dan stres. Walaupun lumrah terjadi, namun hal yang kayak begini nggak bisa disikapi dengan “pasrah”. Kita perlu mengakali supaya mood kembali asik, sehingga siap untuk kembali belajar.

Banyak orang yang lari dari rasa bosan dan stres dengan buka-buka hape. Ternyata, mengutak-atik hape itu nggak membantu, lho! Ada 5 trik yang efektif buat mengembalikan semangat kita buat belajar. Cekidot!

(sumber gambar: Youthmanual, Buzzfeed.com, the10thCircle.com, Indianexpress.com)

LATEST COMMENT
Khusnul Khotimah Hamzah | 4 hari yang lalu

Temen²ku juga kayak gitu. Malahan mereka udah janjian dari awal, nanti pas presentasi gak usah ada yang berpendapat macam². Padahal kan kita mau diskusi itu berjalan supaya semuanya paham :(

6 Sifat yang Harus Kamu Hindari Agar Kamu Dapat Meraih Kesuksesan
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©