7 Kebiasaan di Pagi Hari Yang Bisa Mengubah Hidup Kamu

Saya akui, pagi hari itu emang waktu yang paling sering membuat saya mengalami mixed-feelings. Kalau lagi semangat, saya bisa semangat banget untuk bangun, beberes kamar, lalu mandi, dan berkegiatan. Kalau lagi mager... wah, jangan ditanya deh. Rasanya saya bisa aja tidur lagi dan nggak bangkit-bangkit dari kasur hingga jam makan siang tiba.

Padahal, kamu tahu nggak sih, 10 menit pertama setelah kita bangun tidur di pagi hari itu adalah waktu paling penting dalam hidup kamu? Yup. Makanya, sebenarnya males-malesan dan bahkan tidur lagi di pagi hari itu bukan kebiasaan yang baik untuk dilakukan, gaes.

Lalu, kebiasaan yang baik di pagi hari itu yang kayak gimana?

Yang kayak gini nih:

1. Nggak nge-snooze alarm

Hayo ngaku siapa yang tiap hari nge-set alarm TAPI selalu di-snooze tiap kali alarmnya udah bunyi?

Haha. Sama. Saya juga.

Gaes, ternyata kebiasaan (buruk) kita yang satu ini punya dampak buruk lho bagi siklus tidur. Beberapa penelitian menyatakan bahwa nge-snooze alarm dan balik tidur lagi membuat otak kita mengulang siklus tidur dari awal, dan saat alarm kita bunyi untuk yang kedua kalinya, kamu bakal berada dalam keadaan tidur yang lebih dalam dari tidur sebelumnya. Inilah alasan kenapa saat akhirnya kita terbangun, kita malah merasa lebih ngantuk dan beler seharian. Hehe.

2. Meregangkan tubuh saat bangun

Meregangkan tubuh saat bangun tidur atau, dalam bahasa kerennya, ngulet memiliki banyak manfaat pada tubuh kita. Beberapa manfaat tersebut adalah meningkatkan fleksibilitas otot dan sendi, mengurangi stress, dan melancarkan sirkulasi darah.

Nah, jadi besok-besok kalau bangun tidur, sempetin waktu barang semenit – dua menit untuk ngulet dan menarik nafas panjang sebelum turun dari kasur.

3. Minum air putih

Tahu ‘kan kalau sekitar 70% dari tubuh kita terdiri dari air? Setelah tidur selama 7-8 jam, pastinya tubuh kita mulai kekurangan cairan dalam jumlah yang lumayan. Pernah merasa haus abis bangun tidur? Nah, itu dia tandanya. Jadi, jangan lupa minum air putih setelah bangun tidur ya!

4. Jangan lupa sarapan

They say breakfast is the most important meal of the day, and it’s true! Kalau nggak sarapan, kamu nggak bakal punya tenaga untuk menjalani hari. Ya... saya paham, kadang kita skip sarapan lebih karena efisiensi—buru-buru takut telat dan nggak sempet nyiapin makanan yang proper adalah alasan yang umum digunakan.

Terus gimana cara menyiasatinya? Siapkan sarapan-sarapan simpel yang bisa langsung kamu lahap tanpa perlu banyak persiapan, kayak segelas susu, roti dan selai, atau sekedar buah. Percaya deh, it will do so much to your day.

5. Dengarkan musik

Musik yang tepat dapat mempengaruhi mood kamu seharian. Coba deh, dengarkan lagu-lagu dengan irama yang upbeat dan ceria sambil kamu bersiap-siap di pagi hari. Selain itu, kamu juga bisa memilih lagu-lagu yang yang relaxing dan membuat tenang; apapun itu, yang penting musik pilihanmu dapat membuat pagi harimu terasa lebih baik.

6. Matikan semua notifikasi dari ponsel

Siapa yang suka terlambat gara-gara kelamaan ngecek HP setelah bangun tidur?

Kebanyakan dari kita membiarkan notifikasi ponsel tetap menyala hingga pada pagi hari kita sibuk untuk catch-up; membalas pesan, mengecek update medsos, dan membalas email sehingga kita punya lebih sedikit waktu untuk siap-siap secara proper.

Sekali-sekali, yuk diamkan ponselmu di pagi hari kecuali untuk pesan atau telepon yang penting. Lagipula, keseringan main HP juga bsia menyebabkan dampak negatif bagi kesehatan fisik dan mental kamu.

7. Membaca

Nggak peduli kamu membaca buku motivasi atau novel dengan genre yang ceria, membaca buku di pagi hari dapat membawa perubahan besar pada hidup kamu. Asyiknya, kegiatan ini bisa kamu lakukan dimanapun—saat sarapan, sambil siap-siap, di jalan, atau bahkan sambil ‘nongkrong’ di toilet. Hehe...

Gampang banget ‘kan sebenernya? Yuk, kita mulai ubah kebiasaan agar hidup ini mejadi makin tertata, produktif, nan berfaedah. Azek~

Baca juga:

(sumber gambar: theodyssey.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 1 bulan yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 1 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1