Ide Tahun Baruan DIY, Hemat, Tapi Tetap Seru!

Oleh Erin Ariane S.

Tahun baru kurang dari seminggu lagi, nih, gaes! Mau merayakan malam tahun baruan dimana? Menurut saya, sih, agak sayang kalau malam tersebut cuma dihabiskan dengan nongkrong di kafe atau makan-makan cantik di restoran. Standar, ah. Harus keluar banyak duit pula. Gimana kalau kamu…

1. Merayakan pergantian tahun di puncak gunung

Merayakan pergantian di puncak gunung bisa memberikan sensasi tersendiri, lho. Karena kamu jauh dari hiruk pikuk kota, kamu jadi bisa melakukan refleksi diri (maksudnya bukan dipijat refleksi, ya, zzzz) sekaligus menikmati keindahan alam dari puncak gunung. Saat turun gunung, kamu pasti akan merasa seperti orang baru sehingga siap menghadapi tantangan di tahun depan! Tapi jangan lupa, karena mendaki gunung di akhir tahun biasanya berarti mendaki di musim hujan, persiapkan diri dan logistik sematang mungkin, ya.

2. Melakukan “Do-Good Night”

Ada banyak sekali orang kurang beruntung yang nggak bisa merayakan malam tahun baru dengan hura-hura. Coba, deh, kamu berbagi kebahagiaan dengan merayakan tahun baru bareng mereka, misalnya dengan mengunjungi berbagai panti untuk melakukan berbagai aksi hiburan, seperti mengadakan pertunjukan musik kecil-kecilan atau membacakan buku bagi para penghuni panti.

3. Lari malam

Bagi kamu yang suka olahraga, lari malam bisa jadi alternatif kegiatan malam tahun baruan yang seru! Nggak hanya bikin badan sehat, kamu juga jadi bisa melihat langsung pesta kembang api yang pasti meramaikan malam tahun baru. Apalagi beberapa kota besar seperti Jakarta mencanangkan car-free night di beberapa titik jalan protokolnya. Tapi jangan lupa, karena ini judulnya lari malam-malam, safety first, yaaa.

malam tahun baru youthmanual

4. Movie marathon

Ajak teman-teman kumpul di rumah dan putar film dengan tema tertentu, sesuai mood atau selera. Lagi pada mau seru-seruan? Tonton film-film action atau horor, deh. Atau kalau kamu dan teman-teman nge-fans dengan seorang aktor atau sutradara tertentu, tonton semua film yang dibintangi mereka! Jangan lupa tata ruang nontonnya dengan senyaman mungkin—penuhi ruang TV dengan selimut, bantal, beanbag serta hidangkan berbagai snacks dan minuman.

5. Pesta sushi

Menikmati sushi nggak harus di restoran, kok. Buat sendiri di rumah juga bisa! Silahkan bereksperimen dengan berbagai resep sushi yang bisa kamu dapatkan di Internet, lalu hidangkan dengan rapih seperti di restoran. Cari resep aneka sushi di sini atau buat versi kamu sendiri. Bikin sushi dari mie atau sosis ala anak kosan di tanggal tua? Bebasin, sob! It’s your own sushi party, so you can make whatever you want.

6. SPA-rty

Malam tahun baru adalah salah satu waktu yang tepat untuk memanjakan diri sendiri. Menyambut tahun baru dengan kece dan fresh rasanya jadi lebih afdol! Maka bagi yang cewek-cewek, ajak, deh, teman-temanmu seru-seruan ber-homespa di rumah. Kamu bisa melakukan lulur, memakai masker wajah, merawat serta dan mengecat kuku. Kegiatan ini juga bisa menjadi salah satu rangkaian acara sebelum movie marathon atau pesta sushi.

7. Kemping di halaman

Kalau kamu malas kemana-mana tapi bosan di rumah aja (plus bokek pula…), coba kemping di halaman rumah aja! Apalagi kalau kamu, teman, atau saudara ada yang punya halaman yang cukup luas dan mumpuni. Dirikan tenda, keluarkan alat panggang, dan silahkan ber-barbekyu-ria sambil menginap di suasana outdoor. Dengan begini, kamu bisa merasakan sensasi berkemah tanpa harus pergi jauh-jauh.

8. Berkontemplasi dan refleksi diri

Tahun baru adalah lembaran baru, maka di malam tahun baru, kamu bisa merefleksikan segala hal yang telah kamu lakukan, belajar dari kesalahan, dan membuat resolusi untuk tahun berikutnya. Pastikan resolusi yang kamu buat realistis dan jangan lupa buat rencana kamu untuk mencapai goals tersebut.

youthmanual tahun baru

Ide lainnya adalah membuat time capsule. Tulis resolusi kamu di sebuah kertas lalu masukkan ke dalam botol atau kotak yang cukup kokoh untuk dibuka pada malam tahun baru di tahun depan. Nanti kamu bisa cek, resolusinya pada tercapai nggak? Bisa kamu jadikan tradisi di setiap tahun baruan, nih!

Have a Happy New Year guys!

(sumber gambar: Tollimages, Abu Dhabi Confidential, Her Campus, Le Blow)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 18 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 28 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1