Tips Hemat Nonton Konser Musik

Baru kemarin Ariana Grande konser The Honeymoon Tour di Jakarta, eh, sebentar lagi Bon Jovi juga mau ikutan datang. Nggak ketinggalan artis-artis lokal, seperti Rio Febrian dan Andien, juga akan menggelar konser tunggal tahun ini. Belum lagi konser-konser rutin seperti Java Jazz. Belum lagi konser-konser di negara-negara tetangga. Maroon 5 mau datang ke Singapura, nih!

Gawaaat! Kok gawat? Soalnya nasib dompet mahasiswa cekak jadi terancam. Terancam bokek sampai tahun depan.

Seperti yang kita ketahui, biaya nonton konser musik nggak murah. Harga tiket konser musik musisi lokal berkisar antara Rp450,000 hingga Rp3,500,000, sedangkan konser musisi mancanegara berkisar Rp750,000 hingga Rp6,000,000. Buset. Harus dibayar pakai rupiah tuh, nggak bisa pakai daun.

Dengan begitu, kalau kamu termasuk orang yang hobi nonton konser musik, kamu harus punya strategi keuangan untuk memelihara hobi tersebut.

Berikut tips-tips yang bisa kamu lakukan untuk menyiapkan dana nonton konser musik tanpa bikin bokek:

1. Tentukan prioritas. Cari tahu jadwal-jadwal konser 3-12 bulan ke depan. Tentukan konser-konser yang pengen kamu tonton, lalu prioritaskan berdasarkan konser yang paling kamu idamkan. Kalau ternyata jadwalnya ada yang bentrok dengan jadwal kamu yang lain, cari tahu apakah konser tersebut juga akan digelar di negara tetangga—misalnya Singapura atau Malaysia—dan apakah kamu bisa ngejar kesana.

2. Siapkan dana. Ketika sudah menentukan konser musik mana saja yang mau kamu tonton, mulailah cek harga tiketnya. Usahakan beli tiket early bird yang lebih murah.

Kalau nggak memungkinkan beli tiket early bird gimana, dong?

Mulai nabung! Sishkan uang bulanan kamu, misalnya Rp200,000 per bulan untuk harga tiket konser sekitar Rp1,200,000 yang digelar enam bulan lagi (halo, Indomie… halo, nasi pake garem…). Prinsipnya, lebih baik siapkan dana yang lebih besar daripada harga tiket untuk jaga-jaga. Pastikan penyisihan uang ini nggak mengganggu kebutuhan finansial bulanan kamu yang lain. Jangan sampai nunggak SPP demi konser!

IYA!!! *napsu*

3. Buat budgeting atau perencanaan anggaran menyangkut hal-hal yang diperlukan saat nonton konser, karena kamu akan mengeluarkan uang bukan cuma untuk tiket, lho. Kita juga akan perlu dana untuk makanan, belanja merchandise sampai transportasi.

Contohnya, konser musik biasanya digelar sampai tengah malam, sehingga kalau nggak bawa kendaraan sendiri, kamu perlu menyiapkan budget untuk taksi (stay safe, people!).

Lalu, kalau konsernya digelar di luar kota atau luar negeri, sudah pasti kamu perlu dana untuk transportasi ke kota atau negara tersebut serta akomodasi di tempat tujuan. Jelilah dalam mencari harga-harga promo. Biasanya kalau kamu booking tiket pesawat dan hotel jauh-jauh hari, harganya lebih murah daripada saat beli mepet.

Terakhir, ketika sudah mendekati hari-H nonton konser, cocokkan dana yang sudah kamu siapkan dengan perencanaan anggaran yang dibutuhkan. Kalau kamu pintar mengatur keuangan, dana yang disiapkan pasti pas.

Have fun!

(sumber gambar: hottytoddy.com, youtube.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 12 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 22 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1