5 Jurusan Buat Kamu yang Penasaran dengan Bumi dan Seisinya

Ketika kita membicarakan tentang bumi dan seisinya, pasti akan banyak sekali hal yang bisa dibicarakan mulai dari apa yang ada di daratan hingga apa yang ada di dalam laut. Nggak hanya apa yang hidup di bumi, saking besarnya bumi itu sendiri, banyak orang yang mempelajari berbagai hal dari bumi seperti daratannya, sungai, lautan dan sebagainya. Bahkan, ada juga orang-orang yang belajar tentang apa yang ada dikandung oleh bumi.

Pernah, kah, kamu berpikir, kenapa, sih, banyak sekali orang-orang yang mau belajar tentang kebumian? Well, jawabannya ialah bumi adalah sumber daya alam terbesar yang dimiliki oleh umat manusia. Semua keperluan manusia tentunya akan terpenuhi dengan sumber daya alam yang dikandung oleh bumi. Nah, karena sumber daya alam ini sangatlah besar dan nggak tergantikan, harus banyak, nih, orang-orang yang mau belajar tentang kebumian agar umat manusia bisa menggunakan sumber daya alam ini dengan bijak dan tanpa merusak apapun. Selain itu, manusia belajar tentang kebumian agar manusia pun bisa mengerti tentang keseimbangan alam yang dibutuhkan.

Wah, semenarik itu, ya, ternyata ilmu tentang bumi dan seisinya. Nah, kalau menurutmu ilmu tersebut merupakan suatu ilmu yang menarik, kamu harus banget, tahu, nih, tentang beberapa ilmu yang mempelajari bumi dan seisinya. Hmm... Ada ilmu apa, saja, ya?

1. Geografi 

geografi

Ketika kamu duduk di bangku sekolah, kamu sudah mempelajari hal ini, kan, gaes? Nah, ketika kamu berkuliah, kamu akan bertemu lagi dengan Jurusan Geografi. Hmm... Jurusan ini sebenarnya belajar tentang apa, sih? Jurusan Geografi mempelajari tata ruang penggunaan dan penempatan tanah dan permukaan bumi. Siswa yang berkonsentrasi pada geografi fisik misalnya akan fokus mempelajari dan menganalisa permukaan tanah, dan mempelajari topik seperti iklim, tanah, dan air. Melakui konteks budaya dan manusia, geografi mengeksplorasi hubungan antara manusia dan tempat. Jurusan Geoografi ditujukan untuk memberikan bekal bagi mahasiswa agar memahami penerapan perspektif regional dalam berbagai pengembangan wilayah,  dalam hal ini termasuk penguasaan teknologi Sistem Informasi Geografi (SIG).

Kalau kamu masuk jurusan yang satu ini, kamu akan mempelajari berbagai hal, nih, gaes, seperti Fisika Dasar, Praktikum Kartologi Dasar, Kartografi, Hidrologi, Oseanografi, Erosi dan Konservasi Tanah, Interpretasi Foto Udara, Interpretasi Citra Visual, Demografi, Ekologi dan Lingkungan, Biogeografi, Geografi Tanah dan sebagainya.

Nah, kalau kamu lulus dari jurusan ini, gaes, kamu bisa banget, nih, bekerja menjadi seorang Ahli Sistem Informasi Geografis, Ahli Tambang dan Geologi , Ahli Teknik Lingkungan, Teknisi Pemetaan, Peneliti dan Ahli Teknologi Informasi Geospasial, Peneliti Geografi (Tidak Termasuk Hydrilogist dan Geographer) dan masih banyak lagi. Wah, ternyata kalau masuk ke Jurusan Geografi, kamu memiliki kesempatan bekerja di bidang yang luas, ya.

2. Oseanografi 

Nah, tadi Oseanografi sudah disebut, nih, ternyata, ada juga, lho, Jurusan Oseanografi. Pastinya, jurusan yang satu ini merupakan jurusan yang membicarakan tentang kelautan, nih. Lebih jelasnya, Jurusan Oseanografi adalah ilmu yang mempelajari fenomena laut, yang kemudian dapat diaplikasikan ke banyak bidang, seperti rekayasa, lingkungan, bencana laut, perikanan, dan mitigasi bencana. Perilaku laut memang susah untuk diprediksi, gelombang yang tinggi, tenggelamnya pulau-pulau kecil karena kenaikan permukaan laut, badai, tsunami, dan lain sebagainya. Oseanografi sangat menarik untuk didalami dan dipelajari.

Terus, mata pelajaran apa saja, sih, yang di pelajari di jurusan yang satu ini? Mata pelajaran yang akan kamu pelajari diantaranya adalah Kalkulus, Fisika, Kimia, Matematika, Fisika Matematika, Mekanika, Komputasi Oseanografi dan sebagainya. Kalau kamu suka banget dengan alam dan ingin mempelajari alam dengan ilmu-ilmu eksakta seperti Matematika, Fisika, dan Kimia, Jurusan Oseanografi merupakan jurusan yang sesuai banget, nih, buat kamu.

Kalau kamu sudah lulus di jurusan ini, ada beberapa profesi, nih, yang bisa kamu coba diantaranya adalah Ahli Teknologi, Manajer Akuakultural, Ahli Teknik Lingkungan dan sebagainya.

3. Teknik Geologi 

Nah, lho, bedanya Jurusan Geografi dengan Geologi, tuh, apa, ya? Jurusan Geografi lebih membahas semua aspek yang ada di dalam bumi. Pada jurusan ini pula, kamu akan belajar tentang pembuatan peta. Berbeda dengan Jurusan Geografi, Jurusan Geologi lebih mempelajari tentang komposisi bumi, struktur, sifat-sifat fisik, sejarah, dan proses pembentukannya. Ketika para mahasiswa mempelajari Geologi, maka mereka juga belajar untuk bisa memberikan solusi terhadap permasalahan bumi. Pada program studi ini, mahasiswa akan mempelajari banyak hal tentang ilmu bumi yang meliputi perminyakan, pertambangan, geotermal, mitigasi bencana, dan lain sebagainya.

Hal yang akan kamu pelajari ketika masuk Jurusan Geologi diantaranya adalah Geologi Dasar, Mineralogi, Ilmu Ukur Tanah, Fisika, Paleontologi, Geokimia Umum, Geologi Struktur, Mikro Paleontologi, Sedimentologi, Geofisika, Tektonika, Mineral Optik dan Petrografi dan sebagainya.

Sudah tertarik,nih, gaes dengan Jururusan Geologi tapi takut setelah lulus mau bekerja jadi apa? Jangan takut, gaes! Jurusan ini memiliki cangkupan profesi yang luas, kok, gaes. Bahkan, banyak banget, nih, perusahaan-perusahaan yang bisa menerimamu sebagai karyawannya seperti Pertamina, Exxon, Chevron, British Petroleum, dan sebagainya. Mau jadi peneliti? Bisa banget! Kamu bisa bekerja di LIPI, BPPT dan sebagainya. Menarik, kan?

4. Manajemen Sumber Daya Perairan 

Manajemen Sumber daya Perairan membahas mengenai proses atau kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pemanfaatan, dan pengelolaan sumberdaya perairan meliputi pemetaan sumberdaya, eksploitasi, pembudidayaan, produksi, hingga pemasaran sumberdaya perairan. Pada program studi ini kita akan mempelajari ragam dan fisiologi hewan air, cara penangkapan, hingga penyakitnya. Dari segi ekonomi kita akan mempelajari tataniaga dan manajemen strategi pemasaran sumberdaya perairan.

Kalau kamu masuk jurusan ini, kamu akan mempelajari beberapa hal, nih, gaes, diantaranya adalah Sosiologi Perikanan, Ekonomi Perikanan, Ikhtilogi, Agribisnis Perikanan, Manajemen Kualitas Air, Tataniaga Perikanan, Analisis Mutu Ikan dan sebagai.

Setelah lulus kamu bisa bekerja di instansi pemerintahan, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Dinas Perikanan, Balitbang Kelautan dan Perikanan, Balai Riset dan Observasi Laut, dan lain-lain. Kamu juga bisa bekerja di Perusahaan Budidaya Laut, Pangan Ikan, Konsultan Kelautan, atau membuat usahamu sendiri.

5. Ilmu Kelautan 

jurusan ilmu kelautan

Ilmu Kelautan sangat luas cakupannya, mulai dari ekologi, meteorologi laut, konservasi sumberdaya lingkungan laut, sampai tentang pengelolaan amdal. Tidak sebatas mempelajari tentang lautan saja, tapi juga tentang area pesisir dan pemberdayaan masyarakat sekitar pesisir yang mayoritas merupakan nelayan. Ilmu Kelautan pastinya tak lepas kaitannya dari perikanan.

Ketika kamu masuk jursan yang satu ini, kamu akan belajar tentang banyak hal seperti Geologi Laut, Oseanografi, Fisiologi Hewan Akuatik, Ekologi Laut, Koralogi, Sendimentologi, Pencemaran Laut, Instrumentasi Kelautan, Etika Perikanan dan Kelautan dan sebagainya.

Setelah lulus, para mahasiswa lulusan jurusan ini memiliki prospek kerja di lembaga-lembaga penelitian pemerintah maupun swasta untuk mengkaji dan meneliti berbagai permasalahan tentang kelautan, di berbagai instansi pemerintahan seperti Kementerian Kelautan dan Perikanan, Dinas Kelautan Provinsi ataupun Kabupaten, sebagai pengajar di bidang ilmu kelautan, bahkan instruktur diving.

***

Yap! Itulah beberapa jurusan yang mempelajari tentang bumi beserta seisinya dan juga cara pemanfaatan sumber daya terbesar yang dimiliki oleh umat manusia. Menurut saya, jurusan-jurusan di atas merupakan jurusan yang keren, lho. Kenapa begitu? Karena kamu akan mempelajari berbagai hal tentang sumber daya terbesar kita, bagaimana cara pemanfaatannya dan bagaimana juga cara untuk mempertahankannya. Nah, buat kamu yang tertarik dengan bumi dan seisinya, tunggu apa lagi? Yuk, masuk ke salah satu jurusan yang sudah disebutkan di atas!

Baca juga:

(Sumber gambar: bincangsyariah.com, quipper.com, techstartups.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Deni Y | 1 hari yang lalu

apakah saya bisa berkontak dengan Pak Dimas

Profesiku: Kurator Musik, Dimas Ario
miaaa | 4 hari yang lalu

Assalamualaikum minn Saya baru masuk Smt 3 nih min saya mau ambil 24 SKS masing² 2 SKS per matkul Saya berencana memadatkan jadwal saya hanya Senin-Kamis aja Jadi dalam shari ada 4 matkul Apa itu wort it atau bagaimana Saran dong min

Strategi Mengisi KRS: Memilih Mata Kuliah dan Menentukan Jumlah SKS
mustika | 5 hari yang lalu

Open pp/endorse : Klik Link Ig : https://www.instagram.com/naaan_n_n_/ cek ig : naaan_n_n_

Serba-Serbi dan Cara Seputar Meng-Endorse dan di-Endorse di Media Sosial
Gina Ajeng | 5 hari yang lalu

Kalo aku maba dr kampus sdh otimatis

SKS dan KRS Itu Apa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1