Yuk, Kenalan dengan Program Studi yang Berawalan "Geo"!

Saat ini, beragam jurusan kuliah a.k.a program studi sudah banyak tersedia di institusi pendidikan tinggi di Indonesia. Salah satunya adalah bidang keilmuan terkait “Geo”. Geo berasal dari bahasa Yunani, yaitu gêo—yang berarti bumi.

Berbicara mengenai bumi, ilmu kebumian itu sangat penting peranannya bagi kehidupan manusia. That’s why, jangan anggap program studi yang terkait bidang ilmu bumi ini nggak berprospek cerah atau nggak dibutuhin, ya, gaes.

Nah, kamu penasaran nggak, sih, program studi apa saja yang memiliki awalan “Geo”? Yuk, cari tahu di bawah berikut ini!

Psstt… meskipun berawalan sama dan berkaitan dengan bumi, tapi setiap program studi-nya memiliki daya tarik masing-masing, lho, gaes.

1. Geografi

Buat kamu yang waktu SMA-nya ada di kelompok soshum/IPS, pasti tahu, deh, sama program studi yang satu ini! Yaps, Geografi!

Betewe, kalau denger kata Geografi itu lingkupnya luas banget, sih. Kenapa?

Soalnya, Geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang keadaan dan segala gejala yang terjadi di fisik bumi—yang terbagi dalam atmosfer, lithosfer, dan hidrosfer, serta hubungan timbal-balik manusia dengan alam. Dengan kata lain, Geografi ngga cuma bahas soal sainsnya Bumi tapi juga aspek sosialnya berupa kehidupan makhuluk hidup yang tinggal di atasnya.

Kalau kamu kuliah di program studi ini kamu diharuskan untuk bisa memecahkan sebuah masalah, memberikan solusi pada penelitian, dapat memanfaatkan ilmu dan teknologi geografi yang berkembang pesat serta berpandangan luas.

Di beberapa perguruan tinggi, ada juga program studi bernama Pendidikan Geografi, gaes. Yang menjadi pembeda di program studi Geografi dan Pendidikan Geografi adalah materi pendidikannya.

Jadi, di program studi Pendidikan Geografi, kamu nggak cuma mempelajari ilmu Geografi saja, tapi juga teori kependidikan—yang meliputi metode pembelajaran geografi, manajemen pendidikan, dan evaluasi pembelajaran geografi. Di program studi ini kamu juga akan mempelajari bagaimana mengolah data geosfer dalam bentuk peta manual dan digital untuk pembelajaran di sekolah.

2. Teknik Geologi 

teknik geologi

Kamu suka melakukan penelitian kecil-kecilan tentang seluk beluk bumi? Kamu sering bertanya-tanya kenapa bumi itu bulat dan lain sebagainya? Mungkin kamu harus mengenal program studi bernama Teknik Geologi, gaes.

Di program studi ini kamu akan mempelajari komposisi bumi, struktur, sifat-sifat fisik, sejarah, dan proses pembentukannya. Kamu juga akan belajar tentang ilmu bumi—mulai dari perminyakan, pertambangan, geotermal, mitigasi bencana, dan lain sebagainya.

Untuk bocoran awal buat kamu yang tertarik kuliah di program studi ini di tahun depan, berikut adalah beberapa gambaran mengenai mata kuliah yang akan kamu dapatkan:

  • Geologi Dasar
  • Mineralogi
  • Ilmu Ukur Tanah
  • Fisika
  • Paleontologi
  • Geokimia Umum
  • Geologi Struktur
  • Mikro Paleontologi
  • Sedimentologi
  • Geologi Kelautan

3. Geofisika 

Program studi yang berawalan “geo” selanjutnya adalah Geofisika.  Program studi Geofisika sendiri mempelajari seluk beluk bumi beserta lingkungannya dengan memanfaatkan kaidah-kaidah fisika dan metode matematika. Duh, sudah ada matematika ditambah lagi ada fisika-nya!

Eits... jangan takut dulu sama program stuidi ini, gara-gara ada kata matematika atau fisika-nya, ya, gaes.

Dengan mempelajari Geofisika selama di bangku perkuliahan, kamu akan berusaha mencari tahu dan menjelaskan fenomena fisika yang terjadi di bumi dan lingkungannya—di masa sekarang dan masa lalu untuk bisa memberikan gambaran mengenai fenomena apa yang akan terjadi pada masa depan. Wah, menarik banget nggak tuh?

4. Teknik Geodesi 

teknik geodesi

Sampai saat ini, program studi Teknik Geodesi‍ memang masih jarang dibicarakan, gaes. Sehingga kedengarannya program studi ini adalah program studi baru, unik dan bikin penasaran.

Meskipun program studi ini dianggap kurang populer, ilmu yang dipelajari pada program studi Teknik Geodesi punya peran yang sangat penting dalam kehidupan nyata, lho. Kenapa bisa gitu?

Soalnya, Teknik Geodesi merupakan ilmu kebumian yang lebih menitikberatkan pembelajaran dalam mengukur bentuk dan ukuran bumi, baik di daratan maupun di lautan serta penggambaran rupa bumi atau biasa disebut pemetaan. Program studi ini juga merupakan cabang dari matematika terapan yang merambah daratan, lautan dan udara—yang juga memiliki pengembangan di teknologi digital.

Fyi, beberapa kampus yang menyediakan program studi ini adalah Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Bandung, Universitas Diponegoro, Universitas Lampung, dan Institut Teknologi Nasional Malang.

5. Teknik Geomatika 

Buat kamu yang tertarik dengan dunia kebumian, tapi pengin belajar tentang pemanfaatan teknologi dan informasi. Kamu harus kenalan sama program studi yang terakhir ini, Teknik Geomatika.

Teknik Geomatika adalah ilmu perpaduan antara ilmu Geodesi dan ilmu Informatika. Singkatnya, di program studi ini, kamu mempelajari bagaimana mengintegrasikan pengumpulan, pemodelan, analisis, hingga manajemen data spasial (berbasis lokasi) yang berdasarkan pada ilmu Geodesi maupun Informatika.

Oyaa, bidang pekerjaan yang berhubungan dengan kebumian bisa dimasuki oleh lulusan program studi ini, gaes—seperti perminyakan, pertambangan, kelautan, kontruksi, dan lain sebagainya.

***

Jadi, gimana? Ada nggak di antara kamu yang sedang mendalami atau tertarik dengan salah satu bidang keilmuan tentang bumi di atas?

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: thoseconspiracyguys.com, forbes.com, kz.all.biz)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Tiara Windi | 26 hari yang lalu

Karena merasa gk nyaman aja gitu tmn2 yg lain kok pada enak2 aja aku kok gk enak gitu Krn bidang kerjaan mereka cuma duduk aku berdiri teruss

11 Etika Saat Berhenti dari Tempat Kerja/Magang
Tiara Windi | 26 hari yang lalu

Kak saya ingin pindah magang

11 Etika Saat Berhenti dari Tempat Kerja/Magang
Akun Tum | 1 bulan yang lalu

Hi min bagaimana kalau semester 5 ini gua punya maksimal 24 sks dan sks yg dapat ku ambil cuman 23, nah bagaimana itu klau ada mk wajib 1 yg 3 sks nya saya buang dan menggantikan dengan mk pilihan 2 yang 2 sks-2 sks, untuk mempas kan sks 24.. Menurut mimin bagaimana baiknya

Strategi Mengisi KRS: Memilih Mata Kuliah dan Menentukan Jumlah SKS
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1