7 Hal yang Bisa Dilakukan Saat Ada Waktu Kosong di Kelas Perkuliahamu

Setiap mahasiswa (nggak peduli dimanapun universitasnya), pasti akan mengalami kelas kosong dalam masa perkuliahannya. Nah, saat ada waktu kosong di kelas perkuliahamu, biasanya kamu ngapain, sih, gaes?

Gabut, kak~ Hah? Gabut? Yaah, sayang banget kalau gitu.

Padahal ada 7 hal yang bisa kamu lakukan biar waktumu nggak terbuang sia-sia, lho. Penasaran apa saja? Check this out!

1. Mencicil tugas pengganti kelas kuliah atau belajar materi kuliah

Kamu memiliki kelas kosong atau jeda antara kuliah?

Eits… jangan senang dulu, gaes! Soalnya, ibarat berlatih menyikapi manajemen waktu dalam dunia kerja, nih, kamu tetap perlu mengerjakan sesuatu ketika salah satu pekerjaan ditunda daripada pekerjaan tersebut nantinya akan menumpuk bukan?

Begitu pula, saat kamu memiliki kelas kosong di perkuliahanmu. Kamu bisa melakukan hal lain yang lebih bermanfaat, misalnya dengan mencicil tugas pengganti kelas kuliah ataupun tugas mata kuliah lainnya. As you know saja, biasanya, kalau ada kelas kosong, dosen suka ngasih tugas (yang buaanyak banget) buat pengganti kelas kuliah yang kosong tadi.

Tapi, ada juga, lho, dosen yang nggak memberikan tugas. Nah, kalau seperti itu, kamu bisa memanfaatkan waktu tersebut buat belajar materi yang kamu anggap sulit selama perkuliahan.

2. Cari informasi tentang kegiatan kampus yang bisa dilakukan saat akhir pekan

Hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan saat ada waktu kosong di kelas perkuliahan adalah mencari informasi soal kegiatan kampus yang bisa kamu ikuti saat akhir pekan. Mulai dari seminar, workshop, pelatihan dan masih banyak lagi yang lainnya.

Trus, gimana kamu bisa kamu dapatkan informasi dari kegiatan-kegiatan tersebut? Well, kamu bisa lihat di mading alias majalah dinding kampus. Tapi, saya nggak tahu, ya, di kampus lain ada atau nggak mading kampus. Kalau di kampus saya (dulu) masih ada yang namanya mading kampus dan disitu banyak banget informasi kegiatan berfaedah yang bisa diikuti.

Atau kalau memang di kampusmu, nggak ada mading kampus. Kamu bisa menanyakannya ke teman-temanmu dari program studi atau fakultas lain—yang tergabung dalam anggota BEM, HM, dan DPM. Soalnya, kegiatan-kegiatan yang sudah saya sebutkan di atas, biasanya diadakan oleh (atau bekerjasama dengan) organisasi kampus.

Oyaa, buat kamu yang masih maba a.k.a mahasiswa baru. Nggak ada salahnya, di waktu kosong kelas perkuliahanmu, kamu bisa mencari informasi soal organisasi (baik itu organisasi kampus, nasional maupun internasional) yang bisa diikuti.

Intinya, carilah kegiatan positif sebanyak-banyaknya untuk menambah ilmu dan pengalamanmu. Apalagi di jaman yang sudah super canggih seperti sekarang ini, pastinya sudah ada banyak situs atau akun media sosial yang menyediakan informasi mengenai acara berfaedah saat akhir pekan.

3. Berburu lomba, konferensi atau program khusus mahasiswa

Selain mencari informasi mengenai seminar atau workshop, kamu juga bisa berburu informasi tentang berbagai macam lomba, konferensi ataupun program khusus mahasiswa, lho. Fyi, mau kamu berasal dari program studi apapun, ada banyak lomba, konferensi atau program khusus yang tersedia buat kamu, kok!

Setelah kamu mendapatkan informasinya, cobalah mendaftar salah satu dari kegiatan tersebut. Misalnya saja ikutan lomba debat bahasa Iggris. Kalau lomba diibaratkan dengan perang, kamu nggak mungkin pergi dengan tangan kosong bukan?

Nah, gunakanlah waktu di kelas kosong perkuliahamu itu untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin. Meskipun nggak sampai juara dan hanya sebagai partisipan, itu sudah bisa diperhitungkan sebagai pengalaman.

4. Merancang ide bisnis seunik mungkin

Kamu kuliah di bidang bisnis? Atau sangat terarik dengan dunia bisnis?

Yap! Bener banget, gaes! Buat kamu yang kuliah atau tertarik di bidang bisnis, kamu bisa menerapkan ilmu yang kamu dapatkan selama masa perkuliahan atau ide-ide yang kamu miliki untuk memulai bisnis dari sekarang.

Karena pertimbangannya, tanggung jawab utamamu masih hanya menyelesaikan studi dan banyak sekali program yang mampu memfasilitasi atau membiayai bisnis mahasiswa yang unik dan kreatif, baik itu dari pemerintah maupun swasta.

5. Mengenal teman-teman kuliahmu lebih dekat lagi

Fyi, waktu kosong di kelas perkuliahamu itu nggak cuma sekali, dua kali terjadi, lho. Kamu mungkin bisa mengalaminya hingga berkali-kali.

Kalau kelasmu kosong, pastinya ada beberapa orang yang kamu kenal juga berada di sekitaran lingkungan kampus, ‘kan? Dekati mereka dan kenali diri mereka lebih dalam lagi.

Soalnya, hubungan atau koneksi yang kamu bangun saat kuliah akan sangat berguna setelah kamu lulus nanti. Jadi, jalinlah sebanyak mungkin kedekatan dengan teman-temanmu di kampus, termasuk yang berbeda angkatan, program studi, dan fakultas.

6. Menghubungi orang-orang tersayangmu atau orang-orang yang sudah lama nggak kamu hubungi

Sudah bukan rahasia umum lagi, kalau jadi mahasiswa itu super duper sibuk dengan tugas, laporan, pratikum. Alhasil, komunikasimu sama orang tua, kakak, adek, jadi berkurang—apalagi kalau kamu merantau. Pasti kamu jarang menghubungi mereka bukan? Well, sesekali di waktu kelas kosongmu sempatkanlah untuk mengabari mereka dan ceritakanlah keseharianmu selama berada di tanah rantau.

Selain orang tua, pasti ada, ‘kan, temanmu semasa SD, SMP, SMA atau bahkan teman sepermainan saat TK yang sudah lama nggak kamu hubungi? Kalau memang nggak ada hal mendesak lain yang perlu kamu lakukan, mungkin ini adalah saat yang tepat untuk menghubungi dan mempererat silaturahmi dengan mereka—via telepon, sms, dan lain-lain.

Siapa yang tahu kalau diantara kamu ada yang punya masalah atau lagi berantem dengan temanmu, bisa berbaikan setelah kamu menghubunginya terlebih dahulu. Ingat! Koneksi cepat atau lambat akan sangat mempermudah keseharianmu. Jadi, jaga itu dengan baik, ya.

7. Mencari ketenangan atau hiburan untukmu sendiri

Last but not least, ketika kamu memang benar-benar penat, lakukan saja hal yang benar-benar kamu senangi tapi nggak membuatmu cepat lelah. Misalnya, mendengarkan musik, kalau waktu kosongnya ada 2 jam bisa kamu gunakan untuk menonton film, atau sekedar berburu jajanan di sekitar kampus. Intinya, hibur dirimu sendiri agar kembali semangat lagi.

Atau ketika kamu benar-benar lelah, sempatkanlah waktu untuk tidur sebentar. Percaya, deh, hal itu akan efektif untuk mengembalikan energimu membara kembali.

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: alltop.com, moneycrashers.com, flickr.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 11 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 22 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1