Menjadi Fotografer Kepresidenan Resmi, Bisa Jadi Pilihan Karier Kamu, Nih!

Spesialisasi fotografer ada macam-macam, misalnya fotografer alam, fotografer wedding, fotografer studio, fotografer jurnalis, dan sebagainya. Tapi menurut saya, salah satu spesialisasi yang paling keren adalah fotografer presiden!

Seorang fotografer yang mempunyai jabatan ini adalah Pete Souza. Dia adalah adalah fotografer resmi kepresidenan Amerika Serikat, dan titel resmi profesinya adalah, "Official White House Photographer." Dengan demikian, pekerjaan utama Pete Souza adalah mendokumentasikan kegiatan sehari-hari Presiden Barack Obama selama delapan tahun terakhir di The Oval Office.

Keren nggak, tuh?

Sebelumnya Pete Souza pernah menjadi fotografer resmi presiden Amerika Serikat ke-40, Ronald Reagan, dari tahun 1983 sampai tahun 1989.

Mantan presiden AS, Ronald Reagan, hasil jepretan Pete Souza

Jadi fotografer presiden sibuk nggak, sih? Sibuk banget! Kata Om Pete dalam wawancaranya bersama BBC Newsnight, "Bayangin aja kesibukan presiden dalam sehari kayak apa. Makanya, hasil foto saya banyak banget.” Tambahnya lagi. “Tim fotografer saya ada yang memperkirakan, setelah delapan tahun [memotret Obama], kira-kira saya sudah menghasilkan dua juta foto sang presiden.” Wow!

And here’s a fun fact. Sewaktu Barack Obama belum jadi presiden, pada tahun 2005, Pete Souza udah pernah motret dia, lho. Waktu itu, Obama sedang jalan-jalan di pinggir jalan Red Square, Rusia, dan dia sama sekali belum dikenal siapa-siapa. Eh, empat tahun kemudian, Barack Obama terpilih jadi presiden ke-44 Amerika Serikat.

Pete Souza saat lagi beraksi. Perlengkapannya segambreng, dan bajunya harus tetap "resmi"!

Di Amerika Serikat, presiden memang biasa memperkerjakan fotografer resmi (yang biasanya membawa tim juga). Fotografer resmi ini punya akses PENUH ke seluruh White House, dan dia bebas memotret presiden dari angle manapun.

Franklin D. Roosevelt tercatat sebagai presiden Amerika pertama yang punya fotografer resmi di White House. Namun John F. Kennedy adalah presiden Amerika pertama yang menyadari bahwa punya fotografer, tuh, penting. JFK pun dikenal punya sekelompok fotografer yang mengintil beliau kemana-mana.

Kenapa, sih, presiden penting punya fotografer? Karena foto-foto presiden—saat beliau sedang bersantai ataupun sedang bekerja—bisa berdampak besar sekali terhadap hubungan antara presiden dengan rakyatnya. Kata Michael Martinez, seorang asisten dosen di University of Tennessee-Knoxville, foto-foto tersebut bisa mempengaruhi pandangan dan memori masyarakat terhadap sosok sang presiden.

Wah, presiden Indonesia harus punya fotografer resmi juga, nih. Presiden Jokowi jangan hanya muncul di random vlog, dong. Beliau pantas mempunyai seorang fotografer yang lebih “dewasa”, skillful, dan bisa konsisten mengikuti beliau kemana-mana. Jangan juga hanya diprotret oleh anggota keluarga sendiri (ehem, lirik Ibu Ani SBY), agar sudut pandangnya bisa lebih objektif.

Kalau kamu tertarik dengan fotografi, mungkin fotografer kepresidenan bisa jadi salah satu cita-cita kamu?

Anyway, menjelang pergantian presiden Amerika Serikat sebentar lagi, yuk, kita tengok keseharian Presien Barack Obama lewat lensa kamera Pete Souze.

Setelah duduk di Oval Office selama delapan tahun, tahun ini Presiden Obama harus lengser sebagai presiden Amerika Serikat. Kira-kira kiprah beliau selanjutnya apa, ya?

Sementara Presiden Obama dan Ibu Negara Michelle Obama bermesraan, staf kepresidenan pada pura-pura nggak lihat, hihihi. Perhatikan bagaimana Presiden Obama memberikan jaketnya untuk istrinya yang kedinginan. Awww...

Presiden Obama sedang mengajak anjing keluarganya, Bo, olahraga lari sejenak keliling White House

Presiden Obama menyuruh seorang anak memegang rambutnya, ketika si anak bertanya "Rambut Pak Presiden sama nggak dengan rambut saya?"

Presiden Obama "ngisengin" seorang trip director Marvin Nicholson, yang sedang menimbang badannya

Foto yang sangat terkenal ini berjudul "The Situation Room". Dalam foto ini, tampak Presiden Obama, bersama tim keamanan negara, tegang menyaksikan siaran langsung penangkapan dan pembunuhan pemimpin Al-Qaeda, Osama bin Laden.

Suatu hari ketika Malia Obama mampir ke kantor ayahnya

Ada banyak foto presiden Amerika Serikat bersama rakyatnya yang masih anak-anak. Tapi foto ini menjadi istimewa karena tangan presiden tersebut adalah tangan berkulit hitam, bukan berkulit putih. Bagaimanapun kinerja Obama, beliau memang mencetak sejarah sebagai presiden Amerika Serikat pertama dari golongan minoritas.

Presiden Obama dan Michelle Obama bertemu dengan Virginia McLaurin yang berumur 106 tahun, sebelum acara resepsi memperingati Black History. Ibu Virginia senang sekali, lho, akhirnya bisa bertemu presiden kulit hitam pertama di Amerika!

Bermain dengan seorang anak umur tiga tahun yang berkostum Spiderman. Pura-puranya, Presiden Obama ketangkap jaring laba-labanya, gitu!

Presiden Obama saat menyampaikan pidato kampanyenya, tahun 2012. Hujan? Siapa takut?

Bersantai sejenak dengan main basket bersama timnya

Mengucapkan selamat tinggal sebelum meninggalkan Jamaika, dalam rangka kunjungan kerja

Tanpa pandang bulu, Presiden Obama spontan nge-fist bump ("tos") seorang janitor saat berpapasan dengannya di White House

Selamat jalan, Presiden Barack Husein Obama!

(sumber gambar: democraticunderground.com, mpolitico.com, nbcnews.com, theguardian.com, medium.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 12 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 22 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1