Menu

9 Profesi Untuk Kamu yang Memiiki Hobi Fotografi

For your information, tanggal 19 Agustus kemaren adalah hari fotografi sedunia. Ini berarti menandakan bahwa profesi sebagai Fotografer nggak boleh dianggap remeh. Soalnya, sekarang sudah ada jurusan kuliah Fotografi dan banyak pula peluang untuk kamu yang sedang kuliah atau sekedar memiliki hobi fotografi.

Tinggal bagaimana kamu mampu nggak memanfaatkan peluang yang ada. Sebab, kalau kamu mampu memanfaatkannya bukan nggak mungkin sebuah hobi akan dapat mendatangkan peluang dan penghasilan di dalamnya.

Eitss… jangan kamu anggap dunia fotografi hanya sebatas hobi mengabadikan gambar aja, ya. Kalu kamu masih beranggapan demikian, kamu wajib eksplore lebih dalam tentang profesi di dunia fotografi. Yuk, cari tahu disini berbagi macam profesi di bidang fotografi. 

1. Fotografer makanan

Dengan semakin menjamurnya restoran, tempat makan atau kafe-kafe kekinian, profesi pertama yang bisa kamu tekuni adalah fotografer makanan. Hasil dari jepretanmu itu nantinya akan dimanfaatkan untuk media promosi makanan—baik itu melalui media sosial, website, dan majalah kuliner.

Menjadi seorang fotografer makanan nggak hanya sekedar motret asal-asalan, gaes. Butuh teknik seperti lighting, komposisi, angle untuk menghasilkan jepretan makanan yang menarik dan menggiurkan bagi konsumen.

Psstt… selain pengetahuanmu tentang kuliner bertambah, kamu memiliki kesempatan untuk bisa mencicipi makanan yang kamu foto tadi secara gratis. Jadi, profesi ini bisa jadi cocok banget untuk kamu yang hobi motret sekaligus makan.

2. Fotografer fashion

Seiring dengan tren fashion yang nggak ada habisnya, profesi fotografi fashion terus berkembang hingga sekarang. Dalam dunia fashion, fotografer memiliki peranan penting dalam membuat sebuah foto. Dia harus membuat visual yang indah dan mencuri perhatian dengan ciri khas yang berbeda dari fotografer-fotografe lainnya.

Profesi yang telah ada sejak tahun 1980-an ini memang berkonsentrasi untuk memotret model-model yang sedang bergaya di atas catwalk dan menampilan gaya pakaian dan barang-barang fashion terbaru secara lebih detail dengan tetap memperhatikan porsi estetika di dalamnya. Selain itu, seorang fotografer fashion dituntut harus selalu tahu tren fashion setiap saat, baik dari dalam dan luar negeri.

3. Fotografer komersial

Sesuai dengan namanya, fotografi komersial adalah foto yang memiliki nilai jual sesuai dengan tujuan komersial misalnya untuk iklan dari sebuah produk, poster dan lainnya agar orang yang membeli produk tersebut tertarik untuk mencoba, bahkan membeli.

Di Indonesia sendiri fotografer yang memiliki spesialis ini sangat langka. Kalau kamu tertarik dengan profesi yang satu ini, nggak ada salahnya mempelajari beberapa teknik fotografi komersial. Toh, peluang dalam pasar ini masih jarang dan menjanjikan untuk ditekuni.

4. Fotografer engagement, pra wedding, dan wedding

Bagi kebanyakan orang engagement, pra wedding, dan wedding adalah suatu moment yang sangat sakral dan sekali seumur hidup. Semua orang pasti ingin ketiga momen di atas bisa dikenang hingga hari tua, ‘kan? That’s why, kebutuhan akan jasa foto di bidang ini terus meningkat dan nggak pernah sepi, lho, gaes.

Buat kamu yang memiliki ketertarikan dalam dunia fotografi, profesi ini bisa menjadi kesempatan untuk menambah pundi-pundi pendapatanmu. Soalnya, meskipun kebanyakan orang sudah memiliki kamera, tapi kebutuhan jasa profesional untuk mengabadikan momen berharga sekali seumur hidup ini selalu dilirik.

5. Fotografi arsitektur

Yang kuliah di jurusan Arsitek, pasti pernah lihat majalah properti, ‘kan? Yaps! Fotografi arsitektur merupakan spesialisasi di bidang pemotretan bangunan—baik eksterior, interior maupun detailnya.

Anyway, Kebutuhan akan fotografer di bidang ini meningkat seiring dengan maraknya bisnis properti sekarang ini. Sayangnya, fotografi arsitektur belum menjadi sebuah spesialisasi dalam fotografi yang banyak peminatnya di Indonesia.

Kenapa demikian? Soalnya, pengetahuan yang harus dimiliki fotografer arsitektur bukan sekedar pengetahuan fotografi aja, gaes, tapi pengetahuan mengenai arsitektur juga dibutuhkan.

6. Fotografer perjalanan

Kamu suka jalan-jalan sekaligus hobi motret? Menjadi fotografer perjalanan adalah pekerjaan yang patut kamu coba selanjutnya.

Kamu bisa bekerja dalam perusahaan pemerintah seperti dinas pariwisata yang memungkinkan kamu ditugaskan sebagai promotor wisata di daerahmu. Selain itu kamu juga bisa bekerja di dalam perusahaan majalah traveller, pemandu wisata, dan lain-lain.

 Oyaa, seorang fotografer perjalanan nggak cuma foto pemandangan aja, gaes. Dia juga bisa mendokumentasikan orang, budaya, adat istiadat, dan sejarah suatu daerah.

7. Bisnis studio foto

Kalau kamu memiliki finansial yang berkecukupan, membuka bisnis studio foto juga nggak ada salahnya untuk kamu coba, lho. Walaupun membutuhkan modal yang cukup besar, kamu bisa membuka bisnis ini di rumahmu sendiri dan keuntungan yang akan kamu dapatkan sebanding dengan modal yang kamu keluarkan.

Biasanya target dalam bisnis ini adalah mereka yang membutuhkan jasa foto dan cetak foto untuk wisuda atau event lainnya. Nggak cuma malayani dalam hal fotografi, kamu juga bisa membuat studi fotomu untuk menjajakan dalam hal perlengkapan dan aksesoris fotografi, lensa, album, lampu, sewa kamera bahkan les fotografi.

8. Fotografer jurnalis

Fotografer jurnalis merupakan spesialisasi khusus untuk mencari dan menampilkan foto-foto yang bernilai berita. Menjadi seorang jurnalis sendiri itu nggak mudah karena seorang jurnalis dituntut untuk meliput kejadian, menulis berita, wawancara sesuai dengan fakta yang ada

Seorang fotografer jurnalis bisa bekerja dalam perusahaan pembuatan berita, baik berita online maupun berita cetak. Selain itu, menjadi fotografer jurnalis dituntut untuk menghasilkan jepretan yang akurat, sebab foto adalah bagian terpenting dalam pembuatan berita.

Masih di bidang yag sama, ada lagi profesi bernama photografer preelence—dimana dia mendapat penghasilan dengan menjual karya photo nya ke media massa (yang biasanya kita sebut paparazzi gitu, deh).

9. Fotografer new born

Kamu nggak tahan lihat kegemasan, keimutan, dan lucunya bayi mungil? Kenapa nggak sekalian menggeluti profesi  fotografer new born aja? Fotografer new born itu adalah fotografi yang fokus pada pemotretan bayi-bayi yang baru lahir.

Profesi ini masih terbilang sangat baru di Indonesia. Meskipun baru, profesi ini juga semakin dilirik dan diminati oleh masyarakat, gaes.

***

Itu dia 9 pilihan profesi untuk kamu yang memiliki hobi dalam dunia fotografi. Apa kamu tertarik untuk mencoba salah satunya, gaes? 

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: techradar.com, adorama.com, rockmywedding.co.uk, wanderlust.co.uk)

LATEST COMMENT
Khusnul Khotimah Hamzah | 3 hari yang lalu

Temen²ku juga kayak gitu. Malahan mereka udah janjian dari awal, nanti pas presentasi gak usah ada yang berpendapat macam². Padahal kan kita mau diskusi itu berjalan supaya semuanya paham :(

6 Sifat yang Harus Kamu Hindari Agar Kamu Dapat Meraih Kesuksesan
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©