Ngekos atau Asrama? Cek Kelebihan dan Kekurangannya

Buat para mahasiswa rantau atau yang baru mau merantau, pasti pernah deh merasakan kebingungan harus memilih akomodasi apa selama kalian menimba ilmu di perantauan. Beruntung kalau kebetulan punya kerabat yang bermukim dekat kampus. Tapi gimana dengan mereka yang sama sekali nggak punya saudara yang tinggal di sekitar kampus?

Nah, ada dua opsi, nih, yang bisa kamu pertimbangkan: tinggal di asrama atau kos. Apa sih, beda antara keduanya?

Asrama Mahasiswa

Akomodasi yang satu ini merupakan fasilitas milik universitas yang khusus disediakan untuk para mahasiswa. Kalau kamu mengambil pendidikan tinggi di sekolah kedinasan, tinggal di asrama adalah sebuah kewajiban. Ada juga perguruan tinggi non-kedinasan yang memiliki asrama, meskipun mahasiswanya nggak wajib tinggal di situ.

Trus, apa sih kelebihan tinggal di asrama jika dibandingkan dengan akomodasi lainnya seperti kos-kosan?

1. Harga sewa yang murah. Karena statusnya adalah milik kampus, maka nggak heran kalau harga sewa per bulan di asrama jauh lebih murah daripada kosan. Range-nya berkisar dari Rp250,000 – Rp1,000,000 per bulan, tergantung kampus dan fasilitasnya.

2. Ngomongin fasilitas, asrama mahasiswa memiliki  nggak kalah lho dengan kosan maupun apartemen. Dapur, kamar mandi, kantin, ruang belajar, ruang tamu, ruang rekreasi, hingga tempat ibadah merupakan sebagian dari fasilitas yang umum ada di tiap asrama. Bahkan ada beberapa asrama yang juga menyediakan jasa laundry, minimarket, ATM, ruang olahraga, tempat fotokopi dan internet sampai minimarket. Lengkap banget ‘kan?

3. Jaraknya dekat dengan kampus. Nggak perlu naik ojek atau angkot; kalau kamu tinggal di asrama, kamu cuma perlu jalan kaki untuk ngampus setiap harinya. Lumayan ‘kan, ongkos transport-mu jadi bisa ditabung deh buat hal-hal berfaedah lainnya kayak beli buku atau travelling.

4. Tinggal di asrama bisa membantu kamu untuk lebih mudah beradaptasi dan dapet banyak teman baru dari berbagai daerah lho, sob! Apalagi ada kamar-kamar yang diisi 2 sampai 4 orang. Kamu pasti bakal banyak dapet cerita dan pengalaman seru dari orang-orang dengan background yang berbeda denganmu.

Nah, meski tinggal di asrama punya banyak kelebihan tapi ternyata ada juga lho kekurangan-kekurangannya, seperti...

1. Tinggal di asrama berarti harus siap mematuhi peraturan-peraturan ketat yang udah ditetapkan oleh pengurus asrama. Jangan harap kamu bisa sering-sering pulang malam atau boros dalam menggunakan listrik, salah-salah kamu malah bisa kena penalti lho.

2. Asrama memang memiliki fasilitas yang cukup lengkap, tapi kebanyakan fasilitas tersebut merupakan fasilitas umum. Dapur atau kamar mandi misalnya, dua fasilitas itu biasanya dipakai bareng-bareng dengan penghuni lainnya. Kebayang ‘kan gimana ngeselinnya kalau kamu dapet temen yang jorok dan nggak peduli kebersihan? Belum lagi soal sistem kamar yang diisi lebih dari 1 orang, mau nggak mau privasi pasti jadi hal yang harus kamu korbankan.

3. Ada beberapa asrama yang hanya memperbolehkan mahasiswanya tinggal untuk 1 tahun pertama kuliah. Setelah itu, mereka mau nggak mau harus ‘hengkang’ dan mencari tempat kosan sendiri. Hal ini dikarenakan kamar yang digunakan akan diprioritaskan untuk mahasiswa baru angkatan berikutnya.

4. Satu lagi nih poin yang jadi kekurangan tinggal di asrama, yaitu terbatasnya kesempatan untuk berkunjung. Umumnya asrama punya kebijakan yang membatasi jumlah kunjungan untuk penghuninya. Jadi, kalau orangtua kamu kebetulan lagi mampir dan ingin melepas kangen, kamu nggak bakal bisa lama-lama bertemu mereka di asrama.

Kos

Sama seperti asrama, indekos atau kosan juga merupakan akomodasi untuk mahasiswa dengan sistem sewa kamar per bulan. Perbedaan mendasar antara keduanya adalah dari status kepemilikan. Asrama merupakan milik pihak universitas, maka kosan merupakan milik perorangan yang disewakan nggak hanya kepada mahasiswa tapi juga masyarakat umum.

Trus, apa aja sih kelebihan tinggal di kos-kosan jika dibanding dengan asrama?

1. Tinggal di kosan nggak mengharuskan kamu untuk berbagi kamar dengan orang lain. Ini artinya, privasi kamu nggak bakalan terganggu sob. Kamu juga nggak perlu berbagi fasilitas seperti kamar mandi dengan orang lain yang belum tentu punya tingkat kebersihan yang sama denganmu.

2. Biasanya, peraturan yang ada di kosan lebih longgar daripada asrama. Paling banter kamu cuma harus mematuhi aturan soal jam malam dan pengunjung (biasanya tamu lawan jenis dilarang masuk ke area kamar). Meski begitu, ada banyak kosan yang nggak punya aturan longgar, jadi kamu nggak perlu khawatir deh bakal dikunciin kalau suatu hari kamu pulang malam habis ngampus.

3. Ngekos nggak ada batas waktunya, sob! Kamu bisa aja tinggal di kosan bahkan sampai kamu lulus kuliah dan bekerja. Syaratnya cuma satu: nggak nunggak sewa per bulan. Hehehe.

4. Nah karena kosan biasanya nggak cuma dihuni oleh mahasiswa, networking kamu pun bisa jadi lebih luas. Kamu bisa banget nih kenalan dan sharing pengalaman dengan kakak-kakak satu kosan yang udah kerja. Siapa tau kamu bisa dapet lowongan magang dari tempat kerjanya.

Ada kelebihan, pasti ada kekurangannya, dong. Apa aja, ya, kira-kira kekurangannya kalau kamu ngekos?

1. Harganya pasti lebih mahal dari asrama. Kalau range harga asrama paling murah adalah Rp250,000 per bulan, maka range harga kosan bisa dimulai dari Rp350,000 bahkan Rp500,000 untuk jenis yang paling murah. Semakin lengkap fasilitasnya dan semakin strategis tempatnya, harganya pun akan semakin mahal. Di kota-kota besar seperti Jakarta, harga kosan dengan fasilitas yang lengkap bisa mencapai Rp1,500,000 - Rp2,000,000 per bulan.

2. Nggak semua kosan berada dekat dengan area kampus. Terkadang meski udah ngekos, kamu tetap harus mengeluarkan uang lagi untuk ongkos transport sehari-hari. Kalau nggak pinter-pinter mengaturnya, ini bisa bikin pengeluaranmu jadi bengkak lho!

3. Kalau dibandingkan dengan asrama, kosan juga cenderung memiliki keamanan yang lebih rendah nih, sob. Nggak semua kosan memiliki sistem keamanan yang baik. Jadi, sebisa mungkin kamu harus pintar-pintar menjaga semua barang milikmu ya!

***

Itu dia kelebihan dan kelemahan dari asrama dan kos-kosan. Kalau kamu pilih yang mana?

(Sumber gambar: culver.org, http://kosmadiun.blogspot.co.id/, http://www.akbidprimahusada.ac.id)

Baca juga:

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 17 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 27 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1