8 Sebutan Lucu untuk Para Mahasiswa

Ketika berkuliah, kamu akan memiliki cap atau labelmu sendiri tergantung dari aktivitasmu. Kalau kamu merupakan mahasiswa yang aktif di kampus seperti mengikuti organisasi, menghadiri rapat-rapat organisasi dan sebagainya, maka kamu akan disebut dengan mahasiswa kura-kura atau kuliah-rapat kuliah-rapat.

Lalu, apakah karena kamu disebut kura-kura, jadinya kamu memiliki waktu yang cukup lama untuk lulus dari kuliah? Well, jawabannya enggak, gaes! Meskipun kamu kura-kura, kamu bisa saja lulus dengan cepat. Namun, kamu harus memperhatikan beberapa hal, nih, gaes untuk menunjang kamu supaya lulus lebih cepat dengan semua kepadatan aktivitas organisasimu.

Selain kura-kura alias kuliah-rapat kuliah-rapat, ada juga, nih, mahasiswa yang disebut sebagai kupu-kupu. Wah, duh, apaan lagi, nih, kupu-kupu? Kupu-kupu alias kuliah-pulang kuliah-pulang merupakan sebutan yang disematkan kepada para mahasiswa  yang memiliki aktivitas hanya berkuliah, lalu, pulang.

Hmm... Apakah para mahasiswa kupu-kupu ini bisa lulus dengan cepat? Well, jawabannya bisaniya bisa nggak, nih. Cepat atau lambatnya seseorang untuk lulus dari dunia perkuliahan tergantung dari mahasiswanya masing-masing. Kalau kamu kupu-kupu namun malas kuliah, malas mengerjakan tugas-tugasmu dan sebagainya, ya, bisa saja, kamu nggak segera lulus.

Tahu, kah, kamu gaes? Ternyata, sebutan mahasiswa ini nggak hanya sebatas kupu-kupu dan kura-kura, lho. Mau tau ada sebutan apa saja untuk mahasiswa? Cek dulu, yuk, artikel berikut!

1. Kusem-kusem

seminar

Ini maksudnya mahasiswanya jarang cuci muka gitu, makanya jadi kusem-kusem? Hahaha, nggak dong, gaes! Kusem-kusem disini bukan berarti suatu tampilan dari mahasiswa melainkan sebutan bagi para mahasiswa yang aktivitas yaitu kuliah-seminar kuliah-seminar. Widih, pasti banyak ilmunya, dong?

Sudah pasti, dong! Namanya juga kuliah-seminar kuliah-seminar, pasti ilmu yang didapat akan cenderung lebih banyak dan beragam. Tetapi, jangan sampai kamu kuliah-seminar kuliah-seminar cuma gara-gara disuruh absen sama dosen, ya! Apalagi kalau cuma ngejar nasi kotaknya, duh.

2. Kunang-kunang

Kunang-kunang disini bukan berarti binatang yang punya sinarnya sendiri, ya, gaes. Kunang-kunang disini merupakan sebutan buat para mahasiswa yang kerjaannya ialah kuliah-nagkring kuliah-nangkring. Hmm... Sebenernya, bagus nggak, sih, jadi kunang-kunang?

Tergantung, nih, gaes. Mahasiswa kunang-kunang bisa jadi bagus atau nggaknya tergantung dari dimana dia nangkring, hahaha. Kalau nangkring di perpustakaan, membaca buku dan membuat catatan, bisa aja kamu menjadi mahasiswa yang berprestasi. Kalau kamu nangkringnya di cafe-cafe cuma untuk ghibah-ghibah alias ngegosip, ya, kamu hanya mendapatakan kabar yang up to date saja.

Selain kuliah-nangkring kuliah-nangkring, kunang-kunang disini bisa berarti kuliah-nangis kuliah-nangis, lho, hahaha. Nangis kenapa, ya? Apa yang ditangiskan? Apakah karena tugas yang banyak? Well, kalau tugasmu banyak, coba dicicil sebelum mendekati deadline-nya, yuk! Semangat!

3. Kuda-kuda

Wadidaw, apalagi, nih kuda-kuda? Kuda-kuda adalah sebutan untuk para mahasiswa yang kerjaannya kuliah-danus kuliah-danus. Buat kamu para mahasiswa aktif oganisasi, pasti, kamu sudah tahu apa itu, danus. Buat kamu yang belum tahu danus, danus adalah singkatan dari dana usaha. Setiap organisasi, jika ada acara, mereka akan melakukan cara-cara seperti berdagang, menyanyi, memainkan musik dan sebagainya untuk mendapatkan dana.

Selain kuliah-danus kuliah-danus, ada juga, nih, kuda-kuda yang memiliki pengertian lain, yaitu kuliah-dagang kuliah-dagang. Berdagang disini bisa untuk dana usaha organisasi atau untuk keperluan pribadi. Hayo... Siapa disini yang suka berdagang? Semangat terus, ya! Gapapa berdagang sedari dini supaya bisa jadi pengusaha yang handal, hehe.

4. Berang-berang

kuliah pulang kuliah pulang

Wah, kalau berang-berang jadinya jago renang, dong? Wadu... Itu, sih, binatang ya, gaes. Berang-berang disini memiliki artian yaitu berangkat-pulang berangkat-pulang. Hmm... Ini berangkatnya kemana, ya? Apa ke kuliah? Ke kantin? Atau malah nangkring di tempat lainnya? Yah, semoga mahasiswa yang berang-berang beneran berangkat ke kuliah, belajar dengan benar dan pulang ke rumah masing-masing, ya.

5. Kubu-kubu

Kubu-kubu alias kuliah-burjo kuliah-burjo merupakan aktivitas yang biasanya banyak dilakukan oleh para mahasiswa laki-laki, nih. Maksud dari kuliah-burjo kuliah-burjo ialah mahasiswa tersebut pergi kuliah, sepulangnya mereka akan pergi ke warung bubur hijau. Hmm.... Menarik.

Lalu, apa yang dilakukan oleh para mahasiswa tersebut, ya? Well, ada yang cuma makan lalu pulang, ada yang berdiskusi, ada yang ngegosip dan sebagainya. Jadi, kalau ditanya apakah kegiatan kuliah-burjo kuliah-burjo bermanfaat atau nggak, tergantung lagi dari pembicaraan apa yang dilakukan di warung burjo tersebut.

6. Kuker-kuker

Kuker-kuker merupakan sebutan untuk mahasiswa tangguh, nih, gaes! Aktivitas yang dilakukan nggak hanya sekedar kuliah saja, namun, juga bekerja, lho. Coba bayangkan setelah kuliah langsung bekerja atau sebaliknya, pastinya capek banget kan, gaes?

Belum pekerjaan di kantor yang menumpuk, eh, di kampus pun memiliki tugas yang segudang. Nah, kalau kamu mahasiswa kuker-kuker alias kuliah-kerja kuliah-kerja, kamu harus jago-jagi mengatur waktu, gaes, sehingga kamu bisa mengerjakan semua tugasmu baik itu tugas kuliah maupun tugas kantor. Capek? Sudah pasti, jenuh? Banget! Tetapi, karena adanya tujuan yang pasti para mahasiswa kuker-kuker pasti akan semangat menjalani hari-harinya.

7. Kuman-kuman

Nah ini, kuman-kuman alias kuliah-main kuliah-main merupakan suatu hal yang sering dilakukan oleh banyak mahasiswa, nih. Kalau lagi nggak ada tugas, setelah kuliah, pasti langsung main. Well, nggak papa, sih, setelah kuliah lalu pergi main, tapi, jangan keseringan, ya. Lho? Memangnya kenapa nggak boleh keseringan? Karena kalaunkamu keseringan main, maka, kapan kamu bisa menabung dan juga belajar? Jadi, diatur, ya, gaes, porsinya main-mainnya.

Nah, tapi, ada juga, gaes, yang bilang kuman-kuman ialah kuliah-makan kuliah-makan. Nah, hayoo... Siapa disini yang sering makan-makan setelah pulang kuliah? Memang, sih, setelah kegiatan belajar kamu akan merasa lapar karena tenagamu banyak digunakan untuk berpikir. Jangan lupa untuk terus makan makanan dan minuman yang bergizi, ya, gaes, supaya terhindar dari berbagai penyakit dan tetap sehat!

8. Kumon-kumon

Apaan, nih, kumon-kumon? Kumon-kumon disini merupakan sebutan bagi para mahasiswa yang aktivitasnya ialah kuliah-mondok kuliah-mondok. Wedew, keren ya, gaes? Buat kamu yang nggak tahu apa itu mondok, mondok berasal dari kata "pondok". Bagi orang muslim, "pondok" atau biasa disebut "mondok" merupakan tempat dimana kamu bisa belajar agama Islam.

Kerennya mereka yang mondok, nih, mereka memiliki waktu yang lebih banyak digunakan untuk belajar. Saat kuliah, mahasiswa-mahasiswa ini belajar hal-hal yang bersifat akademik, ketika balik ke pondok, mereka mulai mempelajari agama Islam lebih mendalam.

***

Hahaha.... Ternyata banyak juga, ya, sebutan untuk mahasiswa dari aktivitasnya. Well, apapun aktivitasmu, semoga apa yang kamu lakukan selalu bermanfaat untuk dirimu dan orang, lainya! Dan apapun sebutanmu, semoga kamu bisa lulus tepat waktu, memiliki nilai yang bagus dan sebagainya. Jadi, semangat terus, ya!

Baca juga:

(Sumber gambar: hnrca.tufts.edu, ruangmahasiswa.com, hipwee.com)

LATEST COMMENT
Dasri Dsr | 9 jam yang lalu

Nah klo tipe pelajar bunglon bagaimana biar efektif belajarnya sedangkan mood itu susah bgt diaturnya

Tipe Pelajar Macam Apakah Kamu? Cari Tahu Di Sini, Supaya Cara Belajar Kamu Nggak Sia-Sia!
Zainu Satria | 2 hari yang lalu

Mohon di cek kan kak. Saya kuliah di Universitas Asahan Prodi Bahasa Indonesia Nama:Winda Mentari NPM:14053010

Cuti Kuliah: Ketentuan dan Serba-Serbinya
Zainu Satria | 2 hari yang lalu

Assalamu'alaikum. Kak saya mau tanyak, saya kan pernah kulia dari tahun 2014.udh selesai semua, saya juga udh susun proposal.pas saya mau sempro kendala di uang kulia. Karena pada saat saya kulia ada ambil dispen. Disitu saya sama sekali tdk ad uang. Tu terus saya mau kerja. Dan ingin ambil cuti.…

Cuti Kuliah: Ketentuan dan Serba-Serbinya
maulaaa ya | 3 hari yang lalu

Emangnya gabisa yaa kalau anak ipa masuk ke psikologi soshum ?

5 PTN dengan Prodi Psikologi Saintek, Anak IPA Wajib Cek!
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1