5 Keuntungan yang Didapat oleh Kamu si Mahasiswa Kupu-Kupu

Kalau kemarin kita membahas tentang kelebihan yang dimiliki oleh para mahasiswa kura-kura, sekarang kita bahas, yuk, kelebihan yang dimiliki oleh mahasiswa kupu-kupu. Wah, apaan, nih? Mahasiswa kupu-kupu? Mahasiswanya bisa terbang? Wah, nggak, gaes. Mahasiswa kupu-kupu merupakan kependekan dari mahasiswa yang kuliah-pulang kuliah-pulang. Nah, terus mahasiswa kura-kura tadi, apa, dong? Mahasiswa kura-kura itu kependekan dari mahasiswa kuliah-rapat kuliah-rapat. 

Lalu, kalau mahasiswa kuliah-rapat kuliah-rapat punya banyak kelebihan, apakah mahasiswa kupu-kupu juga punya kelebihan? Secara, mahasiswa kupu-kupu, kan, cuma kuliah lalu pulang dan begitu seterusnya. Bagaimana caranya mahasiswa tersebut berkembang? Kan, mahasiswa tersebut nggak ikut organisasi. Lalu, bagaimana ia bisa mengatur waktu yang penuh? Kan, mahasiswa tersebut punya waktu luang yang banyak, nggak kayak mahasiswa yang kura-kura yang setiap pulang kuliah langsung rapat. Selain itu, bagaimana mahasiswa kupu-kupu dapat meningkatkan kemampuan komunikasinya kalau para mahasiswa tersebut nggak pernah ikutan rapat organisasi dan sebagainya?

Hmm... Kamu yang beranggapan seperti ini, kamu perlu banget tahu bahwa mahasiswa kupu-kupu pun memiliki berbagai kelebihan, lho, meskipun kelebihan yang dimiliki tersebut berbeda-beda. Hmm... Apa, ya, kelebihan dari mahasiswa kupu-kupu?

1. Lebih fokus kepada kuliahan

fokus kuliah

Biasanya mahasiswa yang kupu-kupu alias kuliah-pulang kuliah-pulang cenderung lebih fokus kepada hal-hal kuliah seperti mengerjakan tugas-tugas presentasi, mengerjakan makalah ilmiah, mengerjakan jurnal dan sebagainya. Kenapa, sih, kok, mahasiswa kupu-kupu bisa lebih fokus pada tugas kuliah? Jelas dong, gaes, mahasiswa kupu-kupu, biasanya, memiliki aktivitas di luar kuliah yang nggak terlalu padat, sehingga mereka punya banyak waktu untuk menyelesaikan tugas-tugasnya.

Selain itu, para mahasiswa kupu-kupu, biasanya nggak akan cabut alias bolos dari suatu mata pelajaran karena nggak ada aktivitas lainnya yang berbentrokan dengan jadwal perkuliahan. Pokoknya, selain fokus kepada tugas-tugas kuliah, kamu pun akan fokus pada pelajaran di kelas, juga, gaes!

2. Bisa lulus lebih cepat

Nah, kalau kamu belajar dengan benar, mengerjakan tugas-tugas kuliah dengan baik, nggak pernah bolos kuliah dan sebagainya, otomatis kamu akan bisa lulus lebih cepat. Kalau dibandingkan dengan temanmu yang sibuk berorganisasi, ketika temanmu yang sibuk berorganisasi, maka, mereka akan memiliki waktu yang lebih sedikit. Sedangkan kamu, memiliki waktu yang cenderung lebih banyak. Kalau kamu punya waktu yang lebih banyak, seharusnya, kamu pun harus memiliki waktu belajar yang lebih banyak pula.

Ketika kamu memiliki waktu yang lebih banyak, kamu bisa memfokuskan diri kepada hal-hal yang akan dipelajari diesok hari sehingga kamu bisa menanyakan suatu hal atau berpendapat di dalam kelas. Selain itu, kamu juga bisa, lho, mengerjakan tugasmu dengan baik dan benar karena kamu nggak akan kejar-kejaran waktu dengan deadline kuliah. Nah, masih bilang mahasiswa kupu-kupu selalu negatif?

3. Bisa mengembangkan diri dari hobi

Karena waktu luang yang relatif banyak, para mahasiswa kupu-kupu bisa mengembangkan dirinya, lho, dengan cara mengikuti atau menekuni hobinya masing-masing. Misalnya, kamu seorang mahasiswa yang hobi dengan masak-memasak. Well, untuk menggunakan waktumu dengan baik dan untuk mengembangkan diri, kamu bisa menggunakan waktu luang tersebut dengan cara melatih kemampuan masakmu seperti mengikuti suatu resep, berimprovisasi sendiri pada suatu makanan dan sebagainya.

Jadi, kata siapa mahasiswa kupu-kupu nggak bisa mengembangkan diri? Mahasiswa kupu-kupu juga bisa mengembangkan diri, kok. Bedanya, kalau mahasiswa kura-kura alias mahasiswa kuliah-rapat kuliah-rapat dapat mengembangkan diri pada aktivitas rapat dan organisasi, kalau mahasiswa kupu-kupu dapat mengembangkan diri pada ranah hobi yang ditekuni baik itu otodidak atau mengikuti berbagai kursus. Jadi, mau itu mahasiswa kupu-kupu atau mahasiswa kura-kura, keduanya tetap memiliki kesempatan untuk berkembang, kok.

4. Bisa meningkatkan IPK

Nah, yang paling penting, para mahasiswa kupu-kupu memiliki lebih banyak kesempatan untuk meningkatkan IPK, nih. Kok bisa? Bisa dong, karena mahasiswa kupu-kupu cenderung memiliki waktu yang lebih banyak untuk belajar dan meningkatkan IPK. ketika kamu memiliki waktu lebih, kamu bisa membaca handouts yang diberikan oleh dosen atau bahkan kamu bisa membuat handouts-mu sendiri berdasarkan bacaan yang telah kamu baca dan pahami.

Ketika kamu sudah memiliki bahan bacaanmu sendiri, biasanya, hal tersebut dapat membantumu dalam mengingat dan memahami kembali materi-materi yang sudah dipelajari. Sehingga dampaknya ialah kamu akan lebih mudah belajar saat menghadapi masa ujian. Kalau kamu mendapatkan nilai yang bagus pada ujian, otomatis IPK-mu pun akan naik, gaes.

5. Punya waktu untuk merintis bisnis

Nah, kalau kamu sudah merasa jenuh drngan belajar. kamu bisa, nih, mencoba hal yang satu ini. Yap, kamu bisa merintis bisnis dari saat kamu kuliah. Ketika kamu merintis bisnis dari kuliah, kamu akan menemukan beberapa manfaat, lho, diantaranya adalah kamu jadi paham dalam mengatur pengeluaran dan modal. Selain itu, kamu juga akan mengerti tentang bagaimana cara membuat bisnis yang baik sehingga bisnis tersebut dapat menghasilkan omset dan juga bertahan. Yang lebih menyenangkan, ketika kamu merintis bisnis pada masa kuliah dan bisnismu lancar, kamu jadi punya uang tambahan deh buat jajan-jajan, hehe.

6. Banyak waktu luang

banyak waktu luang

Kata siapa kebanyakan waktu luang itu nggak baik? Punya banyak waktu luang menurut saya merupakan suatu hal yang baik, lho. Kenapa? Ya... Seperti yang sudah disebutkan di atas, kamu punya banyak waktu untuk melakukan aktivitas apapun.

Waktu luang tersebut mau digunakan untuk belajar? Boleh. Mau digunakan untuk travelling? Boleh juga. Atau waktu luang tersebut mau digunakan untuk mengejar cita-cita seperti misalnya belajar fotografi buat kamu yang bercita-cita untuk menjadi fotografer, belajar make up dari tutorial di youtube untuk kamu yang ingin menjadi profesional Makeup Artist, belajar tentang parenting karena kamu ingin menjadi seorang konselor keluarga dan anak dan sebagainya. Memiliki banyak waktu luang itu nggak buruk, kok, selama kamu menggunakan waktu tersebut dengan baik.

***

Nah, buat kamu yang menganggap bahwa para mahasiswa kupu-kupu nggak punya kelebihan, sepertinya kamu harus mulai merubah pikiranmu karena pada dasarnya mahasiswa kupu-kupu pun memiliki ruangnya tersendiri untuk mengembangkan diri. Menjadi mahasiswa kupu-kupu bukan berarti bahwa mahasiswa tersebut nggak punya kegiatan lainnya selain di kampus dan di rumah, ya, gaes. Siapa tahu, mereka harus segera ke rumah karena mereka memiliki kegiatannya tersendiri. Buat kamu yang kupu-kupu, nggak usah minder, ya, gaes. Menjadi mahasiswa kupu-kupu nggak salah, kok. Tetap semangat!

Baca juga:

(Sumber gambar:sparknotes.com, lifeoptimizer.com, hipwee.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 13 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 23 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1