Menu

20 Tips Manajemen Waktu yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Umur 20

Banyak orang belajar manajemen waktu ketika mereka merasa butuh. Kalau udah kewalahan sama aktifitas, baru, deh mereka sadar bahwa manajemen waktu adalah soft skill yang sangat penting buat dipelajari.

Di usia 20-an (biasanya menjelang semester akhir perkuliahan), aktifitas kamu bakal makin numpuk. Itu sebabnya, belajar manajemen waktu sedini mungkin dinilai perlu.

Diolah dari berbagai sumber, berikut tips manajemen waktu yang bisa kamu pelajari dan kelak bakal membantu kamu lebih produktif!

1. Manajemen waktu adalah manajemen prioritas. Nggak ada istilah "gw sibuk banget". Buatlah prioritas sehingga kamu nggak punya alasan atau merasa bersalah ketika nggak bisa mengerjakan suatu pekerjaan. Kalau memang itu bukan prioritas kamu, maka nggak perlu dipaksakan untuk dikerjakan.

2. Buat rencana "waktu kerja" untuk mengerjakan tugas 4-5 jam sehari.

3. Fokuslah mengerjakan tugas ketika kamu memang sedang berada dalam "waktu kerja" yang kamu buat.

4. Hormati "waktu kerja" yang kamu buat. Berhentilah bekerja ketika "waktu kerja" sudah habis.

5. Berhentilah multitasking. Youthmanual pernah bahas bahwa hal ini nggak baik dan merusak fungsi otak.

6. Tubuh kamu bakal terbiasa dengan "waktu kerja" yang kamu buat. Misalnya, kamu biasa memulai mengerjakan tugas di saat subuh, maka kamu akan teratur bangun subuh ketika disiplin melakukan hal tersebut.

7. Mulailah dengan mengerjakan hal yang termudah, lanjut ke hal yang lebih sulit.

8. Kerjakan dulu, revisi kemudian. Bagaimanapun juga, memulai jauh lebih baik daripada menunda atau terus membuat rencana supaya sebuah hal sempurna.

9. Waktu yang banyak nggak serta merta bikin kamu bisa leluasa mengerjakan tugas. Jangan tunggu sampai kamu punya waktu banyak. Misalnya, mentang-mentang besok libur, kamu memutuskan untuk mengerjakan tugas besok. Padahal, hari ini kamu nggak ngapa-ngapain dan punya waktu luang untuk mengerjakan tugas. Coba contek cara efektif supaya kamu nggak menunda-nunda lagi.

10. Mulailah diskusi di pagi hari atau di awal minggu dengan tim. Supaya sisa waktu di hari atau minggu itu bisa kamu gunakan buat benar-benar mengerjakan tugas. 

11. Gunakan komunikasi yang lebih efektif seperti chat atau email untuk menghemat waktu. Kalau kepepet banget, kamu bisa conference call atau video call. 

12. Kerjakan satu tugas sampai selesai. Pindah ke tugas lain kalau emang udah buntu banget. Kalu cuma merasa bosan, kamu bisa pakai tips ini.

13. Kalau kamu bisa mendelegasikan suatu tugas, maka lakukanlah. Ajarkan apa yang kamu bisa kepada orang lain sambil terus membimbingnya.

14. Jangan membahas atau memikirkan kesalahan terlalu lama. Fokus sama hari esok dan hal-hal yang bisa kamu perbaiki.

15. Buat deadline alias tenggat waktu untuk semua hal. 

16. Selalu catat hal-hal penting. Mencatat bikin kamu tetap di jalur yang seharusnya. 

17. Ketahui metode-metode manajemen waktu kayak Eat that Frog atau Teknik Pomodoro.

18. Bikin to do list yang jitu. Bukan cuma asal daftar tugas yang harus dilakukan. Contek caranya di sini.

19. Kamu selalu punya waktu buat buka smartphone atau media sosial. lakukan itu nanti, jangan di "waktu kerja" kamu.

20. Istirahatlah ketika kamu merasa lelah.

 

(Sumber gambar: thesocialmediamonthly.com)

LATEST COMMENT
noer yahya | 1 hari yang lalu

Kalo statistik di psikologi itu langsung terapan ya kak. Biasanya langsung yang buat nguji alat tes dan hasil penelitian. Kalo ditanya gampang jawabannya ya SUSAH. Tapi nanti ada alat bantunya kok

Q & A Bedah Jurusan Kuliah Psikologi
Fatimah Ibtisam | 1 hari yang lalu

Ada isu yang beredar. Tapi sejauh ini tidak ada pemberitahuan bahwa tidak boleh lintas jurusan di SBMPTN. Sedangkan pada SNMPTN, tiap kampus memiliki aturan tersendiri mengenai boleh atau tidaknya lintas jurusan. Namun pihak penyelenggara tidak menyarankan hal tersebut (lintas jurusan di SNMPTN).

10 Perubahan Penting SNMPTN dan SBMPTN 2019
fauzyiahputri | 3 hari yang lalu

Kak mau tanya. Apakah benar tahun 2020 tidak boleh pindah jurusan?

10 Perubahan Penting SNMPTN dan SBMPTN 2019
Tisam Ali | 4 hari yang lalu

Setahu kami, mata pelajaran yang umum.

Serba-Serbi SNMPTN 2019 yang Penting Kamu Ketahui
Tisam Ali | 4 hari yang lalu

Pendaftaran SNMPTN gratis. Namun setelah masuk kamu perlu membayar biaya kuliah sesuai kebijakan kampus. Untuk keringanan/beasiswa, bisa mengikuti program Bidikmisi.

Serba-Serbi SNMPTN 2019 yang Penting Kamu Ketahui
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©