20 Tips Manajemen Waktu yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Umur 20
- May 11, 2017
- Dian Ismarani
Banyak orang belajar manajemen waktu ketika mereka merasa butuh. Kalau udah kewalahan sama aktifitas, baru, deh mereka sadar bahwa manajemen waktu adalah soft skill yang sangat penting buat dipelajari.
Di usia 20-an (biasanya menjelang semester akhir perkuliahan), aktifitas kamu bakal makin numpuk. Itu sebabnya, belajar manajemen waktu sedini mungkin dinilai perlu.
Diolah dari berbagai sumber, berikut tips manajemen waktu yang bisa kamu pelajari dan kelak bakal membantu kamu lebih produktif!
1. Manajemen waktu adalah manajemen prioritas. Nggak ada istilah "gw sibuk banget". Buatlah prioritas sehingga kamu nggak punya alasan atau merasa bersalah ketika nggak bisa mengerjakan suatu pekerjaan. Kalau memang itu bukan prioritas kamu, maka nggak perlu dipaksakan untuk dikerjakan.
2. Buat rencana "waktu kerja" untuk mengerjakan tugas 4-5 jam sehari.
3. Fokuslah mengerjakan tugas ketika kamu memang sedang berada dalam "waktu kerja" yang kamu buat.
4. Hormati "waktu kerja" yang kamu buat. Berhentilah bekerja ketika "waktu kerja" sudah habis.
5. Berhentilah multitasking. Youthmanual pernah bahas bahwa hal ini nggak baik dan merusak fungsi otak.
6. Tubuh kamu bakal terbiasa dengan "waktu kerja" yang kamu buat. Misalnya, kamu biasa memulai mengerjakan tugas di saat subuh, maka kamu akan teratur bangun subuh ketika disiplin melakukan hal tersebut.
7. Mulailah dengan mengerjakan hal yang termudah, lanjut ke hal yang lebih sulit.
8. Kerjakan dulu, revisi kemudian. Bagaimanapun juga, memulai jauh lebih baik daripada menunda atau terus membuat rencana supaya sebuah hal sempurna.
9. Waktu yang banyak nggak serta merta bikin kamu bisa leluasa mengerjakan tugas. Jangan tunggu sampai kamu punya waktu banyak. Misalnya, mentang-mentang besok libur, kamu memutuskan untuk mengerjakan tugas besok. Padahal, hari ini kamu nggak ngapa-ngapain dan punya waktu luang untuk mengerjakan tugas. Coba contek cara efektif supaya kamu nggak menunda-nunda lagi.
10. Mulailah diskusi di pagi hari atau di awal minggu dengan tim. Supaya sisa waktu di hari atau minggu itu bisa kamu gunakan buat benar-benar mengerjakan tugas.
11. Gunakan komunikasi yang lebih efektif seperti chat atau email untuk menghemat waktu. Kalau kepepet banget, kamu bisa conference call atau video call.
12. Kerjakan satu tugas sampai selesai. Pindah ke tugas lain kalau emang udah buntu banget. Kalu cuma merasa bosan, kamu bisa pakai tips ini.
13. Kalau kamu bisa mendelegasikan suatu tugas, maka lakukanlah. Ajarkan apa yang kamu bisa kepada orang lain sambil terus membimbingnya.
14. Jangan membahas atau memikirkan kesalahan terlalu lama. Fokus sama hari esok dan hal-hal yang bisa kamu perbaiki.
15. Buat deadline alias tenggat waktu untuk semua hal.
16. Selalu catat hal-hal penting. Mencatat bikin kamu tetap di jalur yang seharusnya.
17. Ketahui metode-metode manajemen waktu kayak Eat that Frog atau Teknik Pomodoro.
18. Bikin to do list yang jitu. Bukan cuma asal daftar tugas yang harus dilakukan. Contek caranya di sini.
19. Kamu selalu punya waktu buat buka smartphone atau media sosial. lakukan itu nanti, jangan di "waktu kerja" kamu.
20. Istirahatlah ketika kamu merasa lelah.
(Sumber gambar: thesocialmediamonthly.com)
gimana? udh wisuda?
Ciri-Ciri Proposal Skripsi yang Baik dan Berkualitas (dan Nggak Bakal Bikin Kamu Dibantai Dosen Penguji)ka mau tanya kalo dari smk keehatan apa bisa ngambil kedokteran hewan?
Mengenal Lebih Dekat Dengan Program Studi Kedokteran HewanKak, ada ga univ yang punya jurusan khusus baking and pastry aja?
5 Program Studi yang Cocok Buat Kamu yang Suka Makanansemangat terusss https://sosiologi.fish.unesa.ac.id/
5 Jurusan yang Diremehkan, Tetapi, Memiliki Prospek Kerja yang Bagussemoga selalu bermanfaat kontennya https://sosiologi.fish.unesa.ac.id/
5 Jurusan yang Diremehkan, Tetapi, Memiliki Prospek Kerja yang Bagus