5 Langkah Efektif Menghadapi Haters

Haters itu siapa, sih?

Menurut para ahli psikologi di beberapa universitas di Indonesia, haters adalah orang yang membenci seseorang karena sisi buruk maupun sisi baik orang tersebut. Dengan kata lain, mau kita baik atau jahat, kita bakalan selalu salah di matanya. Alamak!

Tapi percayalah, haters sebetulnya pengen cari perhatian aja, kok. Mungkin sebenernya mereka pengen temenan sama kita, tapi gengsinya setinggi bintang di angkasa. Trus salah siapa? Salah Dian Sastro? Salah teman-temannya? Ya, bukan salah siapa-siapa, dong. We cannot please everyone. Kita nggak bisa membuat semua orang senang.

Sebagai manusia yang lebih waras bijak, kita harus pintar-pintar menghadapi kelakuan para haters. Jangan sampai kelakuan mereka bikin kita jadi takut ngapa-ngapain dan terperangkap dalam negativity. Apalagi sebuah riset berjudul Bad is Stronger than Good mengatakan bahwa kita akan cenderung lebih mengingat momen negatif dibanding positif. Kita butuh lima momen positif untuk melupakan satu momen negatif. Males banget nggak, sih?

Makanya kali ini, Youthmanual mau ngasih beberapa langkah efektif untuk menghadapi haters.

1. First and foremost, don't be a hater too. Jangan ikut-ikutan jadi orang yang selalu benci sama kesuksesan orang lain. Dukung orang-orang di sekeliling untuk mencapai mimpi mereka. Jangan pelit ngasih pujian kalau ada teman yang dapat nilai bagus atau menang sebuah kompetisi. Kita akan menuai apa yang kita perbuat pada orang lain, jadi mending tanam kebaikan, deh!

2. Kepoin profile-nya. Haters adalah orang-orang yang sebenarnya sangat memperhatikan kita. Kenapa kita nggak memperhatikan mereka balik? Cek profil sosial medianya atau ulik tentang mereka lewat teman. Cari tahu, dia sebenarnya orang yang kayak gimana, sih? ‘Mengenal’ haters bisa membuat kita lebih mudah menerima kritik dari mereka. Siapa tahu kritiknya memang bagus, cuma cara menyampaikannya aja yang nyebelin. Lalu, kalau ternyata si hater adalah orang yang berprestasi, jadikan itu motivasi agar kamu lebih berprestasi lagi. Jangan mau kalah!

3. Biarkan prestasi berbicara. Haters bakalan seneng banget kalau kita nanggepin mereka dengan ocehan yang sama pedesnya. Jadi mending peluk erat-erat prinsip ‘diam itu emas’ dan jawab para haters dengan prestasi kita yang semakin gemilang.

4. Don't apologize. Selama apa yang kita lakukan nggak merugikan orang lain, kenapa harus merasa takut dan bersalah sama haters? Jangan pernah mundur dalam berkarya dan melakukan apa yang kita anggap benar. Bagaimanapun juga, kita adalah kapten dari kapal kita sendiri.

5. Lawan kalau mereka sudah keterlaluan. Jangan diam aja kalau haters sudah keterlaluan. Misalnya, kalau mereka sudah bukan lagi berkomentar negatif, tapi juga memfitnah. Atau lebih parahnya lagi, kalau mereka sudah main fisik dan bikin kamu jadi semakin nggak nyaman.

Youthmanual yakin haters akan selalu ada. Anggap aja itu warna dalam kehidupan kita. Ya, nggak?

Haters

(sumber gambar : Speek, Smosh)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 17 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 27 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1