6 Cara Nambah Uang Jajan Buat Kamu yang Masih Sekolah Atau Kuliah

Sebagian besar dari kamu mungkin masih mendapatkan uang jajan dari orang tua buat kebutuhan sehari-hari. Itu sah-sah aja kok, gaes. Tapi kamu juga mau, dong, mendapatkan uang jajan tambahan? Sehingga kamu nggak perlu selalu merepotkan orang tua kalau ada kebutuhan mendadak, atau kalau mau beli barang kece idaman.

Meskipun belum bisa dapat pekerjaan yang terlalu formal di usia kamu yang sekarang, banyak, kok, cara mendapatkan uang jajan ketika masih sekolah atau kuliah. Bahkan menurut penelitian yang dilakukan di Illinois University, lebih dari 60% anak muda Amerika berusaha mendapatkan uang jajan tambahan dengan kerja part time.

Ini dia cara gampang nambah uang jajan buat kamu yang masih sekolah atau kuliah.

1. Mengerjakan pekerjaan khusus dari salah satu anggota keluarga

Kamu bisa, lho,  melakukan pekerjaan rumah tertentu, trus minta upah ke salah satu anggota keluarga kamu. Misalnya, ketika kakak kamu lagi ada urusan lain dan dia nggak bisa membersihkan rumah sesuai dengan pembagian tugas, kamu boleh membantu dan meminta upah. Tentunya pekerjaan ini harus kamu kerjakan dengan sepenuh hati dan sebaik mungkin, layaknya seorang profesional.

2. Menjadi pekerja paruh waktu atau ikut program magang

Kalau kamu belum punya ijazah (masih sekolah atau kuliah), pekerjaan yang bisa kamu dapatkan biasanya adalah jenis “pekerjaan kasar”. Tapi jangan salah, gaes. Magang jadi pekerja kasar itu banyak manfaatnya, lho. Bukan cuma pengalaman, uang jajan pun bisa nambah.

3. Menjadi asisten dosen

Untuk jadi asisten dosen, kamu harus punya modal nilai yang cukup dan kemampuan membagi waktu. Simak tips agar sukses diangkat jadi asisten dosen di sini!

4. Mengoptimalkan hobi menjadi jasa atau produk yang bisa dijual

Saya yakin, setiap orang pasti punya seenggaknya satu hobi produktif. Coba geluti hobi kamu, trus optimalkan menjadi jasa atau produk yang bisa dijual. Misalnya, kalau kamu suka sama Bahasa Inggris, kamu bisa jadi guru les atau pelatih ekstrakurikuler. Kalau hobi kamu memasak, coba buat kue dan jual ke anggota keluarga atau teman terdekat.

"Kalau hobi saya tidur gimana dong, kak?" Coba aja menulis tentang tips tidur nyenyak setelah putus sama pacar dan kirim tulisan kamu ke media yang sesuai. Pokoknya, jadikan hobi kamu menjadi sesuatu yang produktif!

Ingat, kesuksesan bukan hanya milik mereka yang punya skills, tapi juga milik mereka yang mengubah tantangan jadi kesempatan, dan nggak gampang nyerah!

5. Mengikuti kompetisi

Setiap kompetisi pasti memberikan hadiah menarik. Meskipun kadang hadiahnya bukan uang tunai, seringkali hadiahnya berupa voucher atau merchandise tertentu. Nah, sekarang ini 'kan banyak kompetisi di media sosial yang gampang untuk diikuti. Manfaatkan deh, sob. Asalkan niat, kesempatan kamu untuk menang bisa besar, kok!

6. Garage sale barang pre-loved kamu

Garage sale adalah cara paling cepat mendapat uang jajan tambahan. Cekidot, deh, tips sukses garage sale yang perlu kamu tahu. Nggak perlu takut meskipun kamu belum pernah punya pengalaman garage sale!

(sumber gambar: money8matters.files.wordpress.com, rockingmama.id, household-tips.thefuntimesguide.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Rio priyatna Rio | 2 hari yang lalu

Wajib diperbaiki dan konfirmasi ke dosen pengampu bersangkutan

Serba-Serbi IP, IPK, dan Sistem Nilai di Perguruan Tinggi
vegas4D | 1 bulan yang lalu

Raih Kemenangan Besar di Vegas4D. daftar vegas4d vegas 4d https://vegas4d.xyz/ https://vegas4d.store/

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
syakila putri | 2 bulan yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 3 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1