6 Cara Nambah Uang Jajan Buat Kamu yang Masih Sekolah Atau Kuliah

Sebagian besar dari kamu mungkin masih mendapatkan uang jajan dari orang tua buat kebutuhan sehari-hari. Itu sah-sah aja kok, gaes. Tapi kamu juga mau, dong, mendapatkan uang jajan tambahan? Sehingga kamu nggak perlu selalu merepotkan orang tua kalau ada kebutuhan mendadak, atau kalau mau beli barang kece idaman.

Meskipun belum bisa dapat pekerjaan yang terlalu formal di usia kamu yang sekarang, banyak, kok, cara mendapatkan uang jajan ketika masih sekolah atau kuliah. Bahkan menurut penelitian yang dilakukan di Illinois University, lebih dari 60% anak muda Amerika berusaha mendapatkan uang jajan tambahan dengan kerja part time.

Ini dia cara gampang nambah uang jajan buat kamu yang masih sekolah atau kuliah.

1. Mengerjakan pekerjaan khusus dari salah satu anggota keluarga

Kamu bisa, lho,  melakukan pekerjaan rumah tertentu, trus minta upah ke salah satu anggota keluarga kamu. Misalnya, ketika kakak kamu lagi ada urusan lain dan dia nggak bisa membersihkan rumah sesuai dengan pembagian tugas, kamu boleh membantu dan meminta upah. Tentunya pekerjaan ini harus kamu kerjakan dengan sepenuh hati dan sebaik mungkin, layaknya seorang profesional.

2. Menjadi pekerja paruh waktu atau ikut program magang

Kalau kamu belum punya ijazah (masih sekolah atau kuliah), pekerjaan yang bisa kamu dapatkan biasanya adalah jenis “pekerjaan kasar”. Tapi jangan salah, gaes. Magang jadi pekerja kasar itu banyak manfaatnya, lho. Bukan cuma pengalaman, uang jajan pun bisa nambah.

3. Menjadi asisten dosen

Untuk jadi asisten dosen, kamu harus punya modal nilai yang cukup dan kemampuan membagi waktu. Simak tips agar sukses diangkat jadi asisten dosen di sini!

4. Mengoptimalkan hobi menjadi jasa atau produk yang bisa dijual

Saya yakin, setiap orang pasti punya seenggaknya satu hobi produktif. Coba geluti hobi kamu, trus optimalkan menjadi jasa atau produk yang bisa dijual. Misalnya, kalau kamu suka sama Bahasa Inggris, kamu bisa jadi guru les atau pelatih ekstrakurikuler. Kalau hobi kamu memasak, coba buat kue dan jual ke anggota keluarga atau teman terdekat.

"Kalau hobi saya tidur gimana dong, kak?" Coba aja menulis tentang tips tidur nyenyak setelah putus sama pacar dan kirim tulisan kamu ke media yang sesuai. Pokoknya, jadikan hobi kamu menjadi sesuatu yang produktif!

Ingat, kesuksesan bukan hanya milik mereka yang punya skills, tapi juga milik mereka yang mengubah tantangan jadi kesempatan, dan nggak gampang nyerah!

5. Mengikuti kompetisi

Setiap kompetisi pasti memberikan hadiah menarik. Meskipun kadang hadiahnya bukan uang tunai, seringkali hadiahnya berupa voucher atau merchandise tertentu. Nah, sekarang ini 'kan banyak kompetisi di media sosial yang gampang untuk diikuti. Manfaatkan deh, sob. Asalkan niat, kesempatan kamu untuk menang bisa besar, kok!

6. Garage sale barang pre-loved kamu

Garage sale adalah cara paling cepat mendapat uang jajan tambahan. Cekidot, deh, tips sukses garage sale yang perlu kamu tahu. Nggak perlu takut meskipun kamu belum pernah punya pengalaman garage sale!

(sumber gambar: money8matters.files.wordpress.com, rockingmama.id, household-tips.thefuntimesguide.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 20 jam yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1