8 Cara Jitu Biar Hidupmu Nggak Banyak Drama di Tahun Ini

Tahun 2019 sudah berakhir dan hari ini kita sudah memasuki hari kedua di tahun 2020. Mari berterima kasih pada diri sendiri karena berhasil tetap teguh berdiri meski sepanjang tahun kemarin ada banyak sekali hal yang membuat sedih dan terpuruk. Tentunya, kamu ingin tahun ini akan jauh lebih membuat bahagia, bukan?

Biasanya yang bikin hidup terasa sulit itu karena adanya drama-drama nggak penting yang justru secara sadar kita ladeni dan pelihara, sehingga malah membuat hidup kita jadi kerepotan. Padahal, kita bisa saja, lho, menjauh dari drama itu dan tetap fokus menjalani hidup. 

Nah, kalau kamu ingin di tahun ini nggak banyak drama lagi, maka 8 hal ini juga harus jadi resolusimu. Psstt... lakukanlah dengan konsisten dan komitmen yang kuat, ya, biar hidupmu terasa lebih ringan!

1. Ketahui apa yang bikin kamu merasa nggak bahagia di tahun 2019

Kalau tahun ini kamu merasa hidupmu nggak cukup bahagia. Coba, deh, ingat lagi hal-hal apa yang menyebabkanmu seperti itu. Kalau sudah ketemu penyebabnya, maka sebaiknya di tahun ini, kamu menjauhi hal-hal serupa supaya emosi yang akhirnya cuma bikin kamu lelah lahir dan batin nggak terulang lagi.

2. Menghindari teman yang suka bergibah

As you know, gaes, hidupmu jauh lebih minim drama kalau kamu bisa menghindari teman yang sukanya cuma gibah, doang. Coba pikirin lagi, kalau di depanmu saja dia menggosipkan orang lain, nggak menutup kemungkinan kalau di belakangmu, dia bisa juga menggibahkan dirimu dengan orang lain. 

Lagipula menggibhkan sesuatu itu banyak ruginya—apalagi menggibahkan sesuatu yang belum tentu benar itu bisa berujung fitnah! Tentu, kamu nggak mau, 'kan, kalau kamu dapet julukan tukang fitnah? Hihihi.

3. Fokus pada hidupmu sendiri

"Eh... si A ini sudah pinter, cantik, tajir. Tapi denger-denger dari orang, sih, orang tuanya sudah bercerai."

"Si B ini, ya, hidupnya jalan-jalan mulu, duitnya darimana coba."

Sering mendengar atau mengalami kejadian yang seperti itu? Pasti pernah lah, ya.

Well, nggak perlu kepo dengan urusan orang lain, lebih baik kamu urusi saja hidupmu sendiri dan masa depanmu. Lagipula selalu penasaran dengan kehidupan orang lain bisa menimbulkan rasa iri dalam hatimu. Daripada kamu iri dengan kehidupan orang lain, lebih baik, 'kan, kamu banyak bersyukur, sehingga hidupmu di tahun ini nggak penuh dengan drama dan lebih bahagia.

4. Berani berkata ''iya dan ''nggak'' agar hidupmu nyaman

Yap, bener banget! Antara "iya" dan "nggak" memanglah harus seimbang, gaes. I mean, kamu nggak perlu takut buat bilang "iya" kalau hal itu memang sesuai dengan prinsip hidupmu. Begitu juga sebaliknya, kalau sesuatu hal nggak sesuai dengan prinsipmu, kamu pun jangan pernah takut buat bilang "nggak". 

Jangan mau jadi people pleaser—yang selalu berkata "iya" dan nggak pernah berkata "nggak", meskipun hal tersebut bertolak belakang dengan prinsip hidupnya  (baca selengkapnya apa itu people pleaser di sini)! Kalau dibiarkan terus menerus, hal ini bakal ngerugiin kamu banget dan buat hidupmu jadi drama.

Jalani saja hidup dengan caramu sendiri dan nggak perlu takut dengan anggapan orang lain. Dengan demikian, kamu akan menjalani hidup sesuai dengan keinginanmu.

5. Nggak perlu diambil hati pendapat negatif seseorang terhadap dirimu

Kamu pasti sudah tahu, 'kan. Dalam hidup ini, kita pasti akan bertemu dengan banyak orang yang suka maupun nggak suka sama kita. Tapi, kamu nggak perlu khawatir dan menghadapinya secara berlebihan. Biarkan saja itu jadi urusan mereka bila nggak suka dan berpendapat negatif tentang diri kita. 

Anggap saja angin lalu dan nggak perlu dimasukkan ke dalam hati ucapan negatif mereka padamu. Dengan begitu, kamu akan bisa jauh lebih tenang dan menjalani hidup dengan minim drama di tahun ini.

6. Nggak perlu mengomentari atau mengeluhkan semua hal yang terjadi dalam hidupmu

Kamu pernah nggak sih. Saat sedang belanja ke sebuah minimarket, lalu kamu mau melakukan pembayaran. Tapi, di dompet cuma ada uang 50 ribu dan kamu takut nggak cukup duitnya. Akhirnya, kamu ke ATM buat ambil uang. Sayangnya, saat proses pengambilan uang itu antri banget dan ternyata pada saat giliranmu mesinnya eror. Alhasil, kamu nggak jadi ambil uang dan berbelanja sesuai dengan uangmu yang ada.

Nah, mendapati masalah seperti ini. Kamu nggak perlu mengomentari atau bertanya-tanya, kenapa banyak orang yang antri saat kamu ambil uang lah, kenapa mesinnya eror lah, dan lain sebagaianya.

Hal itu bukankah nggak penting buat diketahui bukan? Yang penting adalah kamu bisa membayar belanjaanmu. Kalau kamu saat itu memutuskan untuk mengomeli orang yang antri atau mengeluh mesin ATM eror ke petugas kasir, padahal dia juga nggak tahu apa-apa. Malah akan bikin orang lain repot dan kamu juga bisa jadi malu sendiri. Kamu tentunya nggak mau, 'kan, kalau seperti itu?

Jadi, mulai detik ini, belajar untuk menahan diri biar nggak mengomentari dan mengeluhkan setiap hal yang terjadi di hadapanmu. To be honest, ya, gaes, kalau kamu kebanyakan mengomentari dan mengeluhkan semua hal itu justru menambah keadaan semakin rumit dan drama, padahal sebenarnya masalah tersebut bisa selesai dengan cepat.

7. Kurangi bikin standar tentang orang lain dan berharap pada mereka

Eniwei, salah satu hal besar yang bikin kamu nggak bahagia dalam hidup ini adalah karena kamu selalu berharap pada orang lain. Kamu mungkin selalu berharap ada orang yang memahami kondisimu, menemanimu ke mana saja, dan lain sebagainya. 

Tapi, ketika mereka melakukan hal yang berada di luar ekspektasimu. Kamu jadi marah, sedih, dan kecewa. Padahal kalau dipikir-pikir, mereka nggak salah sama sekali karena mereka pun sedang menjalani hidupnya sendiri.

Begitu juga dalam urusan percintaan, gaes. Sebagai seorang manusia, apalagi remaja seperti kita, pastinya butuh dicintai dan mencintai bukan (cielah). Tapi, yang perlu diingat nih. Kamu harus tetap menjalani segala hal dengan wajar dan nggak terlalu berharap pada cinta. Saat kamu mencintai seperlunya dan berharap seperlunya, kamu pun nggak akan terlalu kecewa kalau kisahmu nantinya nggak berjalan sesuai dengan apa yang kamu inginkan.

8. Miliki mindset "oh, ya udah, sih" 

Last but not least, saya mau nanya, nih. Ngomong-ngomong, sudah berapa kali kamu kecewa di tahun 2019? Mungkin nggak terhitung kali, ya. Hihihi. 

Nah, biar tahun depan nggak banyak merasa kecewa lagi. Mulai sekarang coba, deh, tanamkan pola pikir "oh, ya udah, deh" saat menghadapi keadaan yang nggak sesuai dengan ekspektasi. 

Misalnya, kamu sudah janjian sama teman untuk backpacker-an sembari mengisi libur kuliah, nih. Tapi, pas hari H menjelang berangkat, temanmu tiba-tiba membatalkan karena adiknya sakit di rumah dan perlu ditemani. Mengetahui kondisi seperti ini, apa kamu mau terus-terusan marah sama temanmu? Bukankah melarang temanmu untuk nggak menemani adeknya dan memaksanya tetap pergi itu terkesan sangat jahat?

Jadi, ya sudah, lah. Temanmu itu punya hal yang jauh lebih penting untuk dilakukan. Lagipula, kamu bisa merencanakan backpacker-an lagi setelah adeknya sembuh bukan? Toh, liburan kuliah itu biasanya sangat panjang. Jadi, masih ada kesempatan di lain waktu. 

***

Intinya, sih, gaes. Drama yang terjadi di kehidupan ini sebenarnya bisa kamu kendalikan, kok. Semuanya bisa dikelola kalau pola pikirmu juga bisa lebih sederhana. Kalau kamu nggak mau terlalu sedih dan terlarut dalam drama, sebaiknya segera ubah pola pikirmu agar terbiasa untuk legawa dan nggak gampang baper.

Well, gimana? Sudah siap untuk bahagia di tahun ini?

 

Baca juga: 

 

(Sumber gambar: irishmirror.ie, seasonforlove.com, pinterest.com, gustiaryayunedi.blogspot.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
vegas4D | 15 hari yang lalu

Raih Kemenangan Besar di Vegas4D. daftar vegas4d vegas 4d https://vegas4d.xyz/ https://vegas4d.store/

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
syakila putri | 2 bulan yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 2 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 3 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 4 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1