Bagaimana, Sih, Cara Orang Cerdas Menyelesaikan Konflik dengan Orang Lain?

Dalam menjalani masa muda, pastinya ada banyak hal menyebalkan yang “mampir” di hidup kita. Salah satunya adalah berantem dengan orang lain. Kadang, terlibat konflik penuh drama memang sulit dihindari, dan konflik penuh drama biasanya bermula dari perbedaan pendapat.

Menurut para psikolog dan entrepreneurs di Inc.co, ada dua cara menyelesaikan masalah yang kita alami dalam hidup.

Pertama, adalah to react alias memberikan reaksi. Kalau kamu memutuskan untuk bereaksi terhadap masalah yang kamu alami, berarti kamu memilih untuk “berperang” dengan orang yang terlibat konflik dengan kamu.

Misalnya, kamu berselisih pendapat dengan si A. Eh, kemudian kamu jadi ngambek dan nggak bertegur sapa selama berhari-hari dengan si A, ngomongin masalah ini di belakang si A, serta menghasut teman-teman lain untuk memusuhi A.

Nah, cara ini menunjukkan kalau kamu kurang cerdas dalam menyelesaikan konflik dengan orang lain. Kalau kamu beraksi begini, konflik malah jadi akan lebih besar, dan orang yang terlibat juga jadi lebih banyak.

Menghadapi Masalah 2 - Youthmanual

Cara kedua adalah cara yang banyak dipilih oleh orang cerdas yaitu to respond atau memberi respon. Kalau kamu memutuskan untuk memberi respon terhadap suatu masalah yang kamu alami, kamu akan mengkomunikasikan masalah kamu langsung dengan orang yang terlibat konflik.

Sebelum berkomunikasi, sebaiknya kamu:

a. Bersabar

Bersabar artinya memberikan ruang di kepala kamu terhadap masalah yang sedang kamu hadapi. Kalau sedang terlibat masalah, jangan langsung berbicara dengan orang yang terlibat konflik dengan kamu, sob. Tujuannya supaya kamu nggak bicara dalam keadaan emosi dan meledak-ledak.

c. Merendahkan hati

Merendahkan hati artinya memberikan ruang di hati kamu untuk mendengar penjelasan orang yang terlibat konflik sama kamu. Nggak perlu, lah, ngotot mencari tahu siapa yang benar atau salah, tapi carilah solusi dari permasalahan kalian.

d. Kesadaran diri

Lihatlah permasalahan yang sedang kamu hadapi secara keseluruhan. Jangan benci orang yang terlibat konflik denganmu, tapi bencilah masalahnya. Bayangin aja kalau kamu bertukar posisi dengan orang yang terlibat konflik dengan kamu. Atau bayangkan kalau kamu memilih untuk beraksi, yang rugi nanti siapa aja?

Tentunya kalau konflik kamu menjadi besar, yang paling rugi adalah kamu sendiri, karena waktu dan tenaga kamu terbuang-buang percuma.

"Kalau kamu nggak bisa menunjukkan kecerdasan emosional, nggak bisa menahan emosi, dan nggak bisa mengelola sisi negatif, maka kamu nggak akan pernah punya hubungan yang efektif dengan siapapun.

Kalau kamu nggak mampu berempati dengan orang lain, nggak peduli seberapa pintar atau tinggi status sosial yang kamu sandang, kamu akan selalu dianggap bodoh.” - Daniel Goleman, ahli kecerdasan emotional

#JLEB

Remember smart people is respond, not react.

(Sumber gambar: parentsavvy.com, sagetherapycenter.com, tumblr.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 17 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 27 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1