Hal-Hal Kecil yang Harus Kamu Lakukan Agar Membuat Hidupmu Lebih Damai

Siapa di sini yang nggak menginginkan kehidupan yang damai? Well, saya pikir, semua orang di dunia ini pasti mengingkannya.

Namun, kebanyakan dari mereka kadang merasa kesulitan untuk mendapatkan kedamaian. Padahal, kedamaian itu bisa didapat dengan cara yang sangat sederhana—yang mungkin jarang terpikirkan oleh kita, bahwa hal tersebut ternyata bisa memberikan kedamaian dalam hidup kita.

Anyway, buat kamu yang pengin tahu gimana caranya mendapatkan kedamaian dalam hidup. Mulai sekarang nggak usah bingung lagi, gaes. Cukup terapkan hal-hal seperti yang ada di bawah berikut ini, maka dijamin hidupmu akan jauh lebih damai dari sebelumnya. Penasaran hal-hal apa saja? Check this out!

1. Selalu bersyukur dengan apa yang sudah kamu miliki

Kamu pasti tahu, ‘kan, nggak semua orang bisa beruntung seperti kamu. Misalnya saja, saat ini kamu bisa kuliah di kampus favoritmu tanpa harus memikiran biaya-nya. Sementara ada temanmu lainnya yang harus mengambil gap year terlebih dulu untuk mengumpulkan uang kuliah. Atau ada temanmu yang lain yang bisa kuliah, tapi dia harus bekerja untuk meringankan beban orang tua-nya bayar uang kuliah.

Dengan kata lain, masih banyak orang di luar sana yang mengalami kekurangan, baik itu secara finansial maupun fisik yang nggak sempurna. Jadi, jangan terus memandang kehidupan orang lain, gaes. Soalnya, belum tentu mereka yang hidup dalam kemewahan atau serba kekurangan bisa merasakan kebahagiaan seperti yang kamu rasakan saat ini. Teruslah bersyukur, maka kamu akan mendapatkan kebahagiaan yang hakiki, yaitu kedamaian hidup.

2. Memaafkan kesalahan orang lain dan tidak menyimpan dendam

Mungkin akan terasa sangat sulit buat kamu untuk memaafkan kesalahan seseorang yang telah menyakiti hatimu. Apalagi kalau yang menyaitimu itu orang-orang terdekat atau orang-orang yan kamu percaya.

Tapi, alangkah lebih baik kalau kamu bisa memaafkan kesalahan orang tersebut. Soalnya, nggak memaafkan cuma akan membuat hatimu menjadi lebih sakit dan lelah. Justru sebaliknya, dengan memaafkan dan nggak menyimpan dendam, hatimu akan lebih tenang dan hidupmu pun akan lebih damai.

3. Berhenti bersikap perfeksionis

Kamu pernah nggak melihat buku-buku milik teman kosmu yang berantakan, trus kamu merasa kepengen buru-buru merapikan buku tersebut? Atau pernah nggak, bolak-balik ngecek pintu rumah karena khawatir belum dikunci, padahal sebenarnya sudah terkunci? Atau mungkin kamu pernah berkali-kali membaca e-mail singkat buat dosenmu atau chat yang kamu tulis ke tmanmu, untuk memastikan kamu nggak typo?  

Kalau kamu pernah atau bahkan sering melakukan hal-hal di atas, bisa jadi kamu punya sifat perfeksionis. Wah, bagus dong? Katanya, ‘kan, perfeksionis sifat yang bagus, karena dengan perfeksionisme, kamu jadi selalu mengerjakan sesuatu dengan sesempurna mungkin.

Tapi tahu, nggak? Dengan selalu berusaha untuk tampil sempurna dalam hal apapun alias perfeksionis, hanya akan membuat hati dan pikiranmu menjadi terbebani, gaes. Ingat! Nggak ada orang yang sempurna di dunia ini.

Berbicara mengenai sifat perfeksionis. Kalau nggak dikendalikan, sifat perfeksionis malah bisa jadi berbahaya, lho! Kalau kamu nggak percaya, kamu bisa baca selengkapnya di: 7 Efek Negatif dan Berbahaya dari Sifat Perfeksionis.

Hal ini juga didukung dengan Journal Review of General Psychology yang dipublikasikan pada tahun 2004. Jurnal tersebut mengungkapkan bahwa seseorang yang bersikap terlalu perfeksionis dapat membuat dia lebih rentan mengalami stres, depresi, dan memiliki rasa takut yang berlebihan.

4. Introspeksi diri

Introspeksi dan selalu berusaha untuk memperbaiki diri agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi adalah cara termudah selanjutnya untuk membuat hidupmu lebih damai. Sebab, selama kamu hidup, suatu saat pasti kamu pernah melakukan kesalahan atau mengalami kegagalan.

Dan saat itu terjadi nggak ada gunanya selalu menyalahkan diri sendiri. Justru, segala kesalahan yang telah kamu perbuat itu bisa dijadikan pembelajaran di masa mendatang biar kamu nggak mengulangi kesalahan yang sama.

5. Berbagi kebaikan dengan sesama

Fyi, dengan berbagi kepada sesama, seperti bersedekah/beramal, menjadi relawan di suatu komunitas, dan lain sebagainya—akan membuat hidupmu menjadi lebih lega, tenang dan bahagia, lho, gaes.

Bahkan sebuah penelitian yang dilakukan di University of Zurich pada tahun 2016, menemukan fakta bahwa berbuat baik dan memiliki rasa empati pada seseorang ternyata mampu meningkatkan suatu sinyal pada otak—yang diikuti dengan meningkatnya tingkat kebahagiaan.  

6. Menerima apa pun yang terjadi dengan lapang dada

Selama kamu hidup, kamu pasti pernah menemukan atau sering mendapatkan hambatan yang harus kamu lalui bukan? Biasanya, hambatan yang dimaksud adalah berupa kegagalan dalam meraih mimpi atau tujuan.

Dengan kata lain, hambatan-hambatan itu muncul agar kamu bisa menjadi manusia yang lebih kuat lagi daripada sebelumnya. Dan kegagalan merupakan hal yang sangat lumrah terjadi kalau kamu memutuskan untuk berjuang mewujudkan impianmu.

Itulah kenapa, mulai dari sekarang kamu harus belajar membiasakan diri untuk bersikap lapang dada agar hambatan dan kegagalan itu nggak membuatmu kehilangan harapan serta bisa membuatmu hidupmu jauh lebih damai.

7. Berhenti mengomentari kehidupan orang lain

Semua orang pasti nggak akan terlepas dari perasaan iri terhadap kehidupan orang lain. Apalagi kalau melihat teman-temanmu yang bisa jalan-jalan ke sana ke mari atau belanja ini itu, tapi uangnya nggak habis-habis. Secara otomatis, muncul lah rasa ingin selalu mengomentari alias julid dengan apapun yang mereka lakukan.

As you know saja, nih, gaes. Sebenarnya teman-temanmu itu nggak rugi kalau kamu selalu ngejulidin mereka, lho. Justru yang rugi adalah dirimu sendiri karena di dalam hatimu akan selalu diselimuti perasaan iri yang membuat kehidupanmu jadi ngak tenang.

Maka dari itu, cobalah untuk sedikit demi sedikit menghilangkan hal buruk seperti itu karena nggak ada gunanya sama sekali. Lebih baik gunakanlah waktumu untuk memperbaiki diri dan konsisten terhadap tujuan hidupmu.

***

Nah, itulah 7 hal sederhana yang bisa membuat hidupmu menjadi lebih damai, gaes. Jadi, gimana, sudah siap untuk mencobanya belum?

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: wikihow, youtube.com, steffiblackcoaching.blogspot.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 19 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 30 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1