Menu

Nggak Mudik? Coba Lakukan Kegiatan-Kegiatan Ini!

Oleh Ananda Vickry Pratama

Setiap Lebaran, kebanyakan masyarakat Indonesia melakukan tradisi pulang ke kampung halaman, alias mudik. Tapi nggak semua orang bisa mudik, karena berbagai alasan. Mulai dari nggak punya kampung halaman, sampai karena masih harus masuk kerja.

Kalau kamu termasuk yang nggak mudik sehingga merasa galau mau mengisi libur Lebaran dengan kegiatan apa, coba, deh, lakukan kegiatan-kegiatan berikut ini!

1. Berwisata

Ingin mengunjungi suatu tempat wisata, tapi belum kesampaian sampai sekarang? Nah, waktu Lebaran inilah kesempatan kamu! Syukur-syukur kalau bisa jalan-jalan yang jauh, tapi kalau nggak bisa, berwisata ke tempat-tempat wisata di kota kamu juga seru, kok. Apalagi kalau bareng keluarga, teman, pacar, atau gebetan yang juga nggak mudik. Lebih seru!

2. Melakukan hobi sepuasnya

Kalau kamu nggak mudik, kamu malah bakal punya waktu lebih banyak untuk menyalurkan hobimu yang selama ini kurang diasah, karena kesibukan sehari-harimu yang padat *ciyee, anak sibuk*. Nah, mumpung lagi ada waktu luang liburan ini, lakukanlah hobi kamu sepuasnya, lalu rasakan manfaatnya! *a la iklan*

Hobi main drone? Nah, Lebaran ini puas-puasin, deh!

3. Nge-mall

Sebelum Lebaran—terutama dari H-7—banyak orang pergi ke mall untuk belanja pernak-pernik Lebaran atau sekedar nonton film di bioskop. Alhasil, biasanya mall penuh warbiyasak. Kalau menjelang Lebaran kemarin kamu mager ke mall karena keadaannya yang penuh, hari-H Lebaran dan hari-hari setelahnya adalah waktu yang pas untuk nongkrong di pusat perbelanjaan, karena keadaannya nggak akan seramai sebelum Lebaran.  

4. Jalan-jalan di ibukota Jakarta

Kalau kamu tinggal di Jabodetabek, Lebaran ini coba main ke Jakarta, deh. Jakarta memang terkenal dengan kemacetannya yang... ah, semua orang juga pasti tahu. Namun di saat Lebaran, jalanan Jakarta kosong, lho, berhubung kebanyakan warganya mudik atau liburan ke luar kota. Alhasil, kamu bisa jalan-jalan dan menikmati berbagai places of interest di Jakarta tanpa kena macet!

5. Silaturahmi ke tetangga

Di hari biasa, hubungan kamu dengan tetanggamu pasti hanya sebatas bertegur sapa basa-basi. Mumpung ada momen Lebaran seperti ini, kamu boleh, deh, cipika-cipiki dan ngobrol dengan mereka lebih lama. Selain untuk mempererat tali silaturahmi, kamu juga jadi akan lebih mengenal tetanggamu. Siapa tahu jodoh kamu ada di tetangga! #jomlolife

Apalagi kalau tetangga kamu kayak Dwi Sasono atau Chelsea Islan. Silaturahminya bisa betah seharian, deh.

6. Berkumpul bersama keluarga di rumah

Pada hari biasa, family time kadang sulit terwujud karena kesibukan masing-masing anggota keluarga. Nah, kalau kamu sekeluarga nggak mudik, gunakan periode libur ini untuk quality time bareng keluarga di rumah. Entah dengan main games, ngobrol, atau bersih-bersih rumah bareng.

Kalau kamu juga nggak mudik, liburan ini ngapain aja, gaes?

(sumber foto: wisdomx.deviantart.com, napavalleyregister.com, twitter.com)

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©