Supaya Liburanmu Lebih Menyenangkan daripada Postingan Medsos, Ini yang Perlu Dilakukan!

Liburan semestinya jadi periode yang menyenangkan dan menyegarkan. Sayang, seringkali orang merasa masa liburan lewat begitu aja, bahkan ngeluh capek dan nggak semangat ketika masuk kembali. Bukan karena libur memberi efek negatif, lho. Penyebabnya adalah  aktivitas yang dilakukan sepanjang liburan.

Itu tandanya, ada prinsip “penting” dalam liburan yang kamu lewati, dan hal nggak berfaedah yang justru dikerjakan. Nah, biar liburan kamu kali ini sukses, Youthmanual bakalan breakdown nih, apa saja yang perlu dilakukan versus ditinggalkan sepanjang periode “summer” kamu.

1. Beberes

Waktu: Begitu urusan kamu di sekolah/kampus kelar dan mulai liburan, sebaiknya segera beberes. Biasanya, akan kelar dalam waktu 1-2 hari.

Apa yang dilakukan: Keluarkan barang-barang dari semester sebelumnya yang nggak terpakai di semester depan. Sekalian juga sumbangkan baju last season (termasuk baju kamu 5 KILO yang lalu), yang udah jarang banget kamu pakai. Jangan Cuma dikeluarin, tapi sekalian beres-beres dan bersihkan kamarmu. Kalau memang ribet dan nggak ada yang bantuin, bisa pakai jasa pembersih/Go-Clean. Lebih oke lagi kalau sekalian menata ulang kamarmu.  Untuk melihat tips beberes kamar, cek di sini dan di sini

Kewajiban kamu selesai dan kamar pun jadi bersih plus lebih lega!

2. Istirahat

Waktu: Selesai beres-beres, istirahatkan tubuh dan pikiran kamu selama 1-2 hari.

Apa yang dilakukan: Selama tahun ajaran kemarin, kamu sudah bekerja keras. Nah, saatnya menghadiahi diri sendiri dengan istirahat yang berkualitas serta kuantitas yang cukup. Sebagai tambahan, kamu bisa memanggil jasa pijat ke rumah atau beredam di bath tub. Hoaaaaah, enaknya!

3. Be productive!

Waktu: Ketika tenaga kamu sudah pulih dan prima. Kegiatan ini akan mendominasi jadwal liburanmu.

Apa yang dilakukan: Orang yang nggak puas dengan liburan biasanya karena ia melalui liburannya begitu aja. Nggak ada yang dikerjakan.

Apa yang dilakukan: Produktif di sini bisa macam-macam, tergantung apa yang kamu inginkan atau butuhkan, selama itu membawa manfaat. Bisa ikutan semester pendek, magang, volunteering, jadi peserta workshop/short course hingga bisnis kecil-kecilan. Atau pilih kegiatan sederhana yang nggak terlalu effort, seperti membaca buku (yang mungkin nggak sempat-sempat pas sibuk kemarin), bikin blog, atau melakukan hobi.

Oya, kamu juga bisa melakukan lebih dari satu kegiatan, selama jadwalnya nggak bentrok. Misalnya, ikut semester pendek, dan setelah SP selesai baru deh, ikutan workshop. Yup, walau libur kamu tetap harus melakukan sesuatu, dong. Apalagi kalau libur semesteran yang hampir 3 bulan.

4. Jalan-jalan

Waktu: Sempatkan di tengah liburan. Sesuaikan tanggalnya dengan jadwalmu (dan jadwal tiket murah, hihihi)

Apa yang dilakukan: Pesan saya, sempetin deh jalan-jalan, walaupun kalau kepepet, cuma melipir ke pinggir kota. Because travelling is the soul of holiday. Caelah! Perjalanan bakal memberikan pengalaman baru dan membuka wawasan. Ini juga sekalian refreshing pikiran dan “charging” semangat kamu. Worth it kok, menabung uang jajan dan menunda belanja demi modal liburan.

liburan

5. Luangkan waktu dengan "orang-orang penting"

Waktu: sepanjang liburan dan disesuaikan dengan jadwal mereka.

Apa yang bisa dilakukan: hangout, ngumpul di rumah, jalan-jalan, dan lainnya. Orang-orang penting ini adalah keluarga dan teman-teman, terutama yang dekat tapi jarang ketemu

6. Persiapan kembali beraktivitas

Waktu: Mulai dua hari atau sehari sebelum masuk kembali.

Apa yang dilakukan: Bersantai, mengembalikan stamina, kontemplasi dengan evaluasi diri dan merancang goal semester depan, hingga mempersiapkan keperluan masuk sekolah.

Periode istirahat ini penting lho, supaya kamu semangat di tahun ajaran baru. Banyak yang nggak mood pas masuk tahun ajaran baru karena masih jetlag sepulang liburan dan nggak sempat istirahat.

7. Olahraga

Waktu: Diselip-selipin lah, selama liburan. Idealnya sih, tetap rutin 2-3 kali seminggu, ya.

Apa yang dilakukan: olahraga sesuai minatmu, atau yang praktis dilakukan.

Tinggalkan Ini!

Sebaliknya, buang jauh-jauh kebiasaan atau kelakuan kayak begini sepanjang liburan.

1. Ketergantungan tinggi sama gadget. Kalau biasanya gadget kamu nempel mulu dan butuh connected 24/7 (ya kali, ya, sibuk bener), kurang-kurangin deh, pas liburan. Sekalian “detox” medsos dan gadget, biar kamu bisa benar-benar menikmati momen liburanmu. Jangan tiap 5 menit “di-pause” untuk posting status, update foto ina-inu, snapchat, igstory, dan lain lain.  

2. Malas-malasan. Rumusnya: rileks boleh, males-malesan jangan. Soalnya, bermalas-malesan bikin kamu nggak semangat. Dan inilah yang biasanya bikin liburan berlalu begitu aja, tanpa kesan.

3. Perfeksionis sama planning. Sebaliknya, nggak usah juga terlalu kaku sama planning liburan. Kalau ada yang meleset sama schedule yang sudah kamu susun, dibawa santai aja, bos! Tempat A macet, ya ke tempat B. Woles aja yekan? Daripada kamu jadi bête seharian, or worse, bad mood sepanjang libur. Ingat, ini li-bu-ran bukan u-ji-an.

4. Kebiasaan multitasking. Kalau aktivitas kamu saat sekolah/kuliah benar-benar hectic, hingga kamu perlu melakukan 2-3 hal sekaligus, pas libur saatnya kamu “tone down” segala keribetan duniawi itu. Jieh!

Nggak perlu ribet sendiri, nggak usah diburu waktu. Karena, hey, kamu lagi liburan! Dengan nggak multitasking, kamu bisa lebih merasakan dan menikmati segala sesuatu yang kamu lakukan sepanjang libur.

5. Mengerjakan tugas/ belajar formal. Kecuali kamu sedang semester pendek atau ikut kursus, segera masukkan segala bahan pelajaran tersebut.

6. Begadang di malam terakhir libur. Biasanya, sebelum masuk kita suka jor-joran. Dengan berprinsip "mumpung masih libur", langsung hajar maraton serial Korea atau main game sampe Subuh. Trus, langsung jalan ke sekolah. Zombie mode on.

7. Absen mandi. Oke, wajar lah ya, kalau sesekali kamu malas mandi berhubung liburan. “Diskon” mandi jadi 1 kali sehari, masih berlaku. Asal jangan sampe cuma sekali seminggu. Kenapa? Soalnya, mandi dan merapikan diri bikin kamu semangat. Sebaliknya, saat nggak mandi biasanya kamu jadi makin males-malesan, ‘kan?

Semoga liburan kamu menyenangkan ya, sob!

(sumber gambar: onvacation.com, arbornetwork.com, creativeboom.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Deca Caa | 19 hari yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 19 hari yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 20 hari yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
arif gunawan | 29 hari yang lalu

Kalkulator dan kamus elekteonik termasuk AI, karena kalkulator dilrogram dengan algoritma penghitunganangka.. banyak belajar menganalisa san kumpulkan sata bro.. jgn cm ikut2an, trs copas lalu dituang kedlm sebuah artilel..

Artificial Intelligence dan 8 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang AI
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1