Tertarik Jadi Gaming Vlogger? Ini 10 Tipsnya!

Gaming vlogger merupakan profesi impian anak muda pecinta game. Cool-nya lagi, pekerjaan ini bisa dijalani sama siapa aja, termasuk kamu yang masih sekolah.

Yup, mungkin kamu pernah mendengar soal vlogger profesional di bidang kecantikan, hiburan, dan lainnya. Nah, ada juga gaming vlogger alias vlogger/youtuber profesional yang mengangkat konten game. Salah satu vlogger game profesional yang bisa kamu jadikan referensi adalah PokoWow. PokoWow alias Muhammad Rasyid adalah vlogger game asal Indonesia. Saat ini channel Youtubenya sudah memiliki lebih dari 342,000 subscribers (yang terus nambah) serta hampir mencapai 50 juta total views. Gokil!

pokowow

Tertarik mengikuti jejak PokoWow menjadi gaming vlogger? Simak dulu tipsnya.

1. Pertama dan paling penting, kamu harus punya passion sama game. Kalau kamunya nggak hobi main game dan lebih suka nonton olahraga, ya jangan maksa jadi gaming vlogger. Mendingan kamu nge-vlog soal sepakbola atau olahraga lain yang kamu minati.

Kenapa harus minat? Kalau kamu nggak suka main game, kamu nggak akan enjoy dan bakalan cepat jenuh sama kegiatan vlogging ini. Dan kedua, pengetahuan dan konten yang kamu bikin cenderung nggak se-oke pecinta game. So, passion terhadap game = wajib!

2. Banyak-banyak main berbagai macam game. Biar pengetahuan dan khazanah per-gaming-an kamu makin luas. Jangan terlalu fanatik sama satu game.  

3. Miliki perangkat yang mendukung kamu bermain game. Perangkatnya nggak perlu yang ribet atau beraneka macam kayak di toko gadget. Cukup laptop yang memang sesuai dengan kebutuhan gaming, sehingga kamu bisa bermain dengan maksimal, tanpa khawatir nge-hang, error, atau nggak nyaman dengan gambarnya.

“Syarat” laptop buat main game adalah memiliki tampilan grafis super keren, audio dan visual berkualitas tinggi, dan memori besar. Nah, salah satu laptop yang direkomendasikan untuk para gamers adalah Acer Aspire VX 15. Laptop degan layar 15 inci ini dilengkapi prosesor Intel Core i7-7700HQ (Kaby Lake), memiliki kecepatan 2,80 GHz, serta dilengkapi SDRAM DDR4. Kapasitas laptop dengan kartu grafis NVIDIA GeForce GTX 1050 Ti 4 GB ini adalah 16 GB dan bisa ditingkatkan menjadi 32GB.  Super!

acer laptop game

4. Perbanyak melihat referensi dari gaming blogger dan vlogger, juga dari akun game developer.

5. Walaupun punya referensi, jangan sampai kamu meniru mereka. Kamu tetap harus punya ciri dan kreativitas sendiri. Inilah yang bakal membedakan kamu dari para vlogger dan content creator lainnya.

6. Pastikan konten vlog kamu kreatif dan variatif. Kamu bisa membuat video review berbagai jenis game, tips nge-game, ulasan gadget dan perangkat game, wawancara gamers, challenge, live streaming dan lainnya. Pokoknya, all about game! Bikin planning dulu mengenai vlog-vlog yang ingin kamu buat.

7. Perkaya skill dan pengetahuan yang berkaitan erat dengan gaming, seperti  teknologi, desain, dan ilustrasi. Kalau kamu punya pengetahuan yang jempolan dalam bidang tersebut, apalagi jika memiliki skill kompter, membuat ilustrasi atau desain, tentunya bakal bikin vlog kamu makin menarik dan berisi.

Bayangin aja, kalau kamu punya basic ilmu teknis yang kuat ketika ngomongin soal teknologi game dan gadget terbaru. Atau kamu bisa membahas dengan detail tentang desain dan ilsutrasi game. Seru, ‘kan?

8. Kamu maniak game, punya wawasan luas tentang game, dan segudang ide konten. Selanjutnya eksekusi idemu, jangan hanya sebatas gagasan. Kamu harus konsisten dalam posting vlog. Nggak bisa cuma pas mood aja, trus berbulan-bulan absen.

Coba cek channel-nya PokoWow. Do’i termasuk yang rajin vlogging. Dalam seminggu bisa 3-7 video yang di-posting. Kamu bisa lah setidaknya seminggu sekali, ‘kan?

pokowow

9. Aktif di social media, seperti twitter, Facebook, dan Instagram. Tujuannya tentu supaya vlog gaming kamu makin dikenal dan makin banyak yang melihat. Tapi, isi medsosnya jangan promo dan link ke channel Youtube melilu, nanti orang bakal bosen.

Post juga video dan foto lain yang seru, misalnya momen behind the scene pembuatan vlog, persiapan main game, dan lainnya.

10. Bangun hubungan yang baik alias networking dengan gaming vlogger dan blogger lain. Misalnya dengan memberikan komen. Tapi komentarnya yang faedah ya, jangan cuma “’Tap, gan!” plus ikon jempol 20 bijik!

Banyak hal seru dan inspirasi yang bisa dihasilkan dari networking tersebut. Sebagai vlogger baru, hubungan dengan vlogger lain bisa sekalian buat mempromosikan diri dan menambah ilmu. Apalagi kalau sampai diajak kolaborasi bareng. Yuk deh, kenalan dulu sama PokoWow!

(sumber gambar: actinginlondon.com, Youtube/PokoWow)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 18 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 28 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1