Tips Agar Bisa Move On Setelah Libur Panjang

Welcome back, gaes! How was your long weekend?

Dijamin, deh, pasti sebagian besar dari kamu masih nggak terima kalau long weekend sudah berakhir, sehingga kamu susah move on dari nikmatnya hidup tanpa sekolah ataupun kuliah. Bawaannya masih kepengen jalan-jalan cantik sambil borong suvenir, plus selfie sana-sini.

Karena kebanyakan ngayal balik liburan, akhirnya kamu jadi mager dan nggak produktif!

Say goodbye ke long weekend memang nggak mudah, karena ketika harus back to reality, kemageran pasti datang. Jadi, supaya post-holiday blues kamu nggak berlarut-larut, ada baiknya kamu simak beberapa tips berikut ini.

1. Tidur lebih cepat, lalu mulai hari kamu lebih awal dari biasanya

tidur lebih cepat

Kalau kamu menghabiskan libur panjang di luar kota (atau luar negeri), ada baiknya kamu pulang lebih cepat untuk menghindari macet atau hambatan tak terduga lainnya. Misalnya, daripada pulang Minggu malam, lebih baik pulang Minggu pagi, atau Sabtu malam. Dengan waktu luang yang kamu punya, kamu bisa beristirahat dulu, sehingga kamu nggak merasa kecapekan ketika Senin datang.

Lalu, di hari pertama kamu back to school atau back to campus, ada baiknya kamu bangun lebih awal dari biasanya. Jangan dibablasin, gaes! Soalnya, kalau kamu sengaja tidur lebih lama, hawa mager bakal terus nempel.

Lagian, kalau kamu bangun lebih awal, kamu pun bisa menyiapkan kebutuhan sekolah atau kuliahmu dengan nggak terburu-buru.

2. Cek berita di televisi, bukan media sosial

Setelah menikmati liburan, usahakan jauh-jauh dari medsos, ya! Soalnya, kalau kamu ngecek medsos, bisa dipastikan hampir 100% posts yang ada di feed kamu berisi seputar orang liburan semua. Apalagi kalau kamu suka iseng mantengin akun sendiri, yang isinya foto-foto liburan long weekend kemarin juga. Makin susah move on, deh...

Instead, nyalakan TV dan setel channel dengan siaran berita paling aktual. Kamu pun akan terhindar dari balada kudet karena bisa terus keep up dengan apa yang kamu lewatkan selama liburan.

3. Berbagi cerita dengan teman-teman

berbagi cerita

Ketika sampai di sekolah atau kampus, jangan lupa “say hi” sama teman-teman kamu, ya. Biarpun cuma nggak ketemu beberapa hari, pasti ada rasa kangen dan gatel pengen ngegosip konek kembali dengan mereka, deh.

Trus, pas ketemuan, daripada ngeluh gara-gara long weekend udah kelar, lebih baik kalian saling menceritakan apa aja yang kalian lakukan selama liburan. Nggak peduli liburan kamu ke seru-seruan Maldives atau cuma main DotA 4 hari 4 malem. Just tell them! Dijamin kamu—dan teman-teman kamu—jadi semangat lagi, serasa baru mau mulai liburan!

4. Lakukan pekerjaan yang paling mudah terlebih dahulu

Kalau setelah liburan kamu disambut oleh seabrek tugas, coba lakukan tugas-tugas yang paling mudah duluan. Kalau kamu langsung disambut oleh kuliah, seminar, atau ujian “penyegar” setelah liburan, ya... terima nasib aje, ye, sob. Hihihi.

Dengan melakukan tugas yang mudah-mudah dulu, kamu jadi nggak merasa “kaget” dan terbebani, sampai kamu harus jambak rambut dan teriak lebay bak adegan sinetron. Kecuali kalau memang ada tugas berat yang urgent dan harus segera kamu tangani, ya.

5. Dengarkan musik favoritmu

musik favorit

Para ilmuwan sepakat kalau musik bisa menstimulasi panca indra kamu menjadi lebih awas dan bikin kamu makin semangat. Soalnya, musik mengirimkan gelombang tertentu ke otak yang penting untuk kesehatan kognitif dan emosional kamu.

And the music is up to your personal taste, sob! Silahkan putar musik apapun yang bakal bikin kamu tambah semangat. Kalau kamu memang suka lagu pop rock atau bahkan instrumen klasik yang ngoyo sekali pun, you do you *brb pasang headset, puter Skrillex sealbum*

6. Pikirkan apa yang akan kamu lakukan setelah jam pulang

Now comes the fun part: rencanakan apa yang akan kamu lakukan, setelah pulang sekolah atau kuliah nanti. Terserah, deh, mau ngapain. Entah ke salon buat creambath, sekadar goler-goleran di kasur sore sambil baca buku favorit, atau langsung tancap gas bikin next holiday plan. Shedap!

Biarpun jam pulang kamu masih enam atau tujuh jam lagi dari sekarang, nggak apa-apa banget, lho, bikin-bikin rencana begitu, karena hal tersebut bakal memotivasi kamu untuk tetap bersemangat seharian. Pokoknya, asal jangan sampai ngayal bego, ya, hihihi.

(sumber gambar: tumblr.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Agustin Lutfianty | 2 bulan yang lalu

Kunjungi website kami di https://walisongo.ac.id

World Suicide Prevention Day: Seberapa Pentingnya Kesehatan Mental Bagi Mahasiswa?
Tiara Windi | 3 bulan yang lalu

Karena merasa gk nyaman aja gitu tmn2 yg lain kok pada enak2 aja aku kok gk enak gitu Krn bidang kerjaan mereka cuma duduk aku berdiri teruss

11 Etika Saat Berhenti dari Tempat Kerja/Magang
Tiara Windi | 3 bulan yang lalu

Kak saya ingin pindah magang

11 Etika Saat Berhenti dari Tempat Kerja/Magang
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1