Tips dan Trik Untuk Membuat Foto Kamu Lebih Cetar Dengan Aplikasi VSCO

Di jaman yang serba online ini, penggunaan sosial media merupakan salah satu keharusan. Benar nggak, sih? Benar banget! *nanya sendiri, jawab sendiri*, salah satunya, Instagram.

Ngomong-ngomong soal Instagram, pasti kamu udah nggak asing lagi, dong, sama aplikasi VSCO?

VSCO adalah sebuah aplikasi photo editing yang oke banget untuk menyulap foto kamu jadi jadi “cetar” dan keren. Makanya, aplikasi ini sekarang menjadi salah satu aplikasi wajib untuk para pengguna Instagram, karena dia mampu memberikan sentuhan-sentuhan ajaib pada foto, lewat presets maupun editing tools-nya.

Nggak heran ‘kan, kalau sekarang ada banyak akun Instagram yang tampilan feed-nya sangat curated dan punya tone monokrom yang cantik? Mungkin sebagian besar foto-foto di feed itu menggunakan VSCO.

Kalau kamu juga kepengen membuat feed Instagram kamu kece, saya mau ngasih tips dan trik, nih, untuk mengedit foto-foto kamu dengan aplikasi VSCO ini.

1. Kenali dulu foto kamu

Hal paling basic yang harus kamu ketahui sebelum mengedit fotomu dengan aplikasi VSCO adalah mengenal dulu foto yang akan kamu edit. Kamu harus tanyakan ke diri kamu sendiri, “Apakah foto ini bisa di-edit?”

Teorinya, sih, semua foto bisa diedit. Tapi pada kenyataannya, ada beberapa foto yang nggak bisa dipercantik, karena cara pengambilannya memang jelek. Foto seperti ini nggak akan bisa jadi bagus, walaupun sudah diedit ataupun di-retouch dengan aplikasi apapun, dengan effort sebesar apapun.

Makanya, setiap mengambil foto, selalu usahakan memotret dengan sebaik mungkin, ya. Kalau hasil foto kamu jelek, nggak akan bisa ditolong dengan editing, sob!

Kalau kamu merasa foto kamu masih “aman” alias bisa diperbagus dengan editing, cari tahu, deh, apanya yang bisa diperbagus? Apakah brightness-nya? Saturation-nya? Contrast-nya? Kalau sudah dapet feel-nya, baru deh, edit sesuai kebutuhan foto tersebut.

2. Gunakan basic formula

Kalau mau tahu gampangnya, berikut basic formula mengedit foto dengan VSCO, sesuai pengalaman saya sendiri. Camkan baik-baik dua mantra ini, ya!

a. Atur gelap-terang foto dengan brightness, sesuai feeling kamu sendiri. Nggak ada hitung-hitungan yang saklek untuk penyesuaian brightness, karena penyesuaian brightness tergantung dari hasil bidikan kamu. Mungkin menurut kamu fotonya perlu dijadikan lebih terang, atau justru perlu dijadikan lebih gelap. Nah, sesuaikanlah dengan selera dan feeling kamu.

b. Naikkan contrast, turunkan saturation. Walaupun setiap foto berbeda-beda, fomula ini tergolong aman untuk “mempercantik” semua jenis foto.

Dua langkah editing ini memang basic banget, tapi meskipun sederhana, dua langkah ini  paling berpengaruh terhadap look dari foto kamu.

3. Nggak semua tool harus kamu pakai

Salah satu alasan VSCO menjadi aplikasi photo-editing andalan banyak orang adalah karena tools-nya yang super lengkap. Eits, tapi, meskipun begitu, bukan berarti kamu harus memakai semua toolsnya, ya! Kenapa? Karena kalau kamu terlalu heboh mengedit foto kamu dengan semua tools VSCO, foto kamu akan menjadi overedited dan malah jadi  “rusak”

Sepengalaman saya, tools yang paling berguna di VSCO hanyalah:

  • Brightness, untuk mengatur pencahayaan dalam foto
  • Contrast, untuk menajamkan detail foto dengan cara mengkontraskan cahaya dan bayangan
  • Saturation, untuk mengatur rona warna, membuat warna-warna dalam foto kamu menjadi “pucat” (mengarah ke hitam-putih) atau justru jadi cerah
  • Temperature, untuk mengatur keseluruhan warna foto menjadi ke arah kuning/oranye (sehingga bernuansa “warm”) atau biru (sehingga bernuansa “cool”)

Sisanya, hampir nggak pernah saya pakai sama sekali, tuh!

Penting untuk kamu catat bahwa saat mengedit foto kamu dengan tools VSCO, go with your own instinct, ya! Nggak ada aturan yang saklek dalam mengedit foto, karena sangat tergantung dengan selera kamu. Makanya, mengedit foto pun perlu insting yang kuat. Pede aja, ya. Dalam benak kamu, kamu pasti tahu, kok, tampilan foto seperti apa yang ingin kamu ciptakan.

4. Tambahkan presets (kalau perlu).

Nah, kalau kamu sudah selesai ngedit dengan tools, tapi masih merasa foto kamu kurang “cetar”, it’s time for you to choose the presets!

Presets, tuh, apa sih? Presets adalah filter-filter yang ada dalam VSCO, untuk membuat foto kamu jadi one-toned alias punya warna yang selaras. Presets dalam VSCO, tuh, super banyak dan super lengkap, dan memang inilah salah satu keunggulan aplikasi ini.

Selayaknya mengedit dengan tools, memilih presets juga harus pakai feeling kamu sendiri. Dari berpuluh-puluh presets yang disediakan VSCO, coba pilih yang paling pas untuk nuansa foto yang kamu edit.

Untuk foto ini, misalnya, saya menggunakan preset SE3.

Level preset juga bisa diatur, agar hasilnya menjadi tajam atau biasa aja. Lagi-lagi, mengatur “level” ini juga pakai feeling, ya. Kalau dirasa udah pas, voila! Your photo is done.

Satu lagi, nih. Kalau kamu mengedit foto dengan VSCO, lebih baik, sih, edit dengan tools dulu. Kalau fotonya dirasa belum cukup “cetar”, baru tambahkan presets.

***

Menurut saya, VSCO membantu banget untuk memberikan “sentuhan ajaib” pada foto. Apalagi, aplikasinya juga easy to use. Lihat, dong, perbandingan hasil bidikan asli saya dengan hasil editing VSCO. Jadi jauh lebih bagus dan estetis nggak, sih?

Now it’s your turn to try!

(sumber foto: thesweetsetup.com, techcrunch.com, dok.pribadi)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Crypton | 17 hari yang lalu

Setelah 2018 ingin masuk oseanografi di postingan ini dan sekarang sudah semester 9, sangat bersyukur bisa ada di oseanografi.. Next S2 Ocean Instrumentation!!

Serba-Serbi Jurusan Oseanografi—Untuk Kamu yang Ingin “Kenalan” Lebih Jauh dengan Laut dan Seisinya
Olinnn | 20 hari yang lalu

Open pp/endorse cek ig : pragunawati_

Serba-Serbi dan Cara Seputar Meng-Endorse dan di-Endorse di Media Sosial
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1