Tips Irit Saat Nongkrong atau Kencan Buat Pelajar dan Mahasiswa

Sebagai anak muda, nongkrong atau kencan udah jadi bagian dari aktivitas sehari-sehari. Nah, kegiatan ini juga menjadi salah satu hal yang menguras kantong. Tapi tentu aja, kita juga nggak mau kehilangan momen nongkrong atau jalan bedua bareng pacar. Apalagi, anak-anak zaman sekarang FOMO alias Fear Of Missing Out-nya tinggi banget. Kalau nggak eksis, bisa-bisa kita dilupakan!

Tapi gaes, kegiatan nongkrong dan kencan tetaplah harus bijak. Bukan cuma bijak untuk nggak melakukan hal berbahaya dan merugikan, ya. Tapi juga bijak dalam memakai uang. Yuk, simak tips irit saat nongkrong atau kencan buat pelajar dan mahasiswa, biar kamu tetap bisa nabung!

1. Utamakan kualitas, bukan kuantitas

Buat apa setiap hari makan di café atau resto fancy kalau isi kegiatannya itu-itu aja? Misalnya, nggak perlu, dong, setiap hari makan enak di tempat mahal kalau cuma buat bergosip atau ngumpul bareng geng? Mendingan, jadikan tempat khusus untuk merayakan momen khusus juga. Seperti perpisahan kelas atau merayakan tugas dan presentasi yang dapet nilai tinggi dari dosen.

2. Makan dulu di rumah sebelum nongkrong atau kencan

Supaya kamu nggak perlu memesan makanan berat ketika nongkrong atau kencan, usahakan makan di rumah terlebih dahulu sebelum melakukan kegiatan ini. Nggak perlu malu kalau nantinya kamu cuma memesan snacks atau minum. Yang paling penting adalah kamu bisa tetap ketemuan sama orang-orang tersayang, 'kan?

3. Jangan nge-mall melulu

Menurut saya, kampus, rumah teman, taman, perpustakaan atau museum adalah tempat-tempat seru untuk dieksplorasi. Kalian bisa berdiskusi tentang banyak hal, nggak boros dan tetap seru. Dibanding cuma makan dan nonton bioskop di mall melulu. Foto Instagram yang dipajang juga jadi bervariasi. Nggak cuma jepretan makanan dan tiket nonton doang!

4. Bawa tumblr air mineral sendiri

Duh, pelit banget sih! Masa air mineral aja nggak mau beli? Catat ya, gaes, kalau dalam sehari kamu berkegiatan di luar selama lebih dari delapan jam, maka kamu harus minum air paling nggak empat-lima botol sehari. Sayang banget kalau harus beli terus. Mending bawa tumblr sendiri dari rumah. Isi ulang setiap ada kesempatan. Sehingga, kamu bisa menyisihkan uang air mineral kamu buat yang lainnya.

5. Manfaatkan segala sesuatu yang gratis, termasuk diskon pelajar dan mahasiswa

Manfaatkan segala sesuatu yang gratis. Bukan berarti harus selalu nyari gratisan, ya, tapi kenapa harus nyari wifi ke cafe kalau ternyata wifi perpustakaan juga ada? Contoh lainnya, kamu bisa nebeng pergi bareng teman atau keluarga yang kebetulan searah. Banyak pula tempat yang ngasih diskon khusus untuk pelajar dan mahasiswa. Belum lagi promo LINE dan promo medsos lainnya. Manfaatkan hal-hal kayak gini ya, gaes!

***

Selain cara-cara di atas, coba mulai atur keuangan kamu dengan aplikasi Money Lover atau praktekkan metoda mengatur keuangan Budget Jar. Eksis bukan berarti memaksakan diri dan ujung-ujungnya nyusahin orang tua gara--gara keuangan yang berantakan. Sebagai anak muda keren, udah waktunya kita mengatur segala sesuatu dengan lebih baik!

(Sumber gambar: daleeli.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 16 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 26 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1